Duet Rudi / Ayong (Jambi) kini sukses menangkar murai batu

Selama ini, nama Rudi Wijaya dan Ayong dikenal sebagai duet pemain yang sukses di Jambi. Duet anak dan ayah ini moncer melalui prestasi murai batu Dewa dan lovebird The One. Kini keduanya juga sukses menangkar murai batu, dengan mengibarkan bendera Ayong 888 Bird Farm (BF) Jambi. Yuk, kita lihat video dan gambar-gambar penangkaraan murai batunya.

Rudi Wijaya dan Ayong
Rudi Wijaya (kiri) dan ayahnya, Ayong, di kandang ternak murai batu miliknya.

Tidak banyak kicaumania Jambi yang tahu alasan Ayong “nekat” membeli murai batu Dewa dengan harga tinggi. Burung ini pernah diturunkan dalam even BnR yang digelar Pesona BC di Muara Bulian, bahkan sukses meraih double winner.

Rupanya Rudi dan Ayong punya rencana jangka panjang, yaitu ingin menjadikan murai batu Dewa sebagai salah satu materi induk di kandang ternak.

Duet ini ingin beternak murai batu, setelah sebelumnya juga berhasil menangkar lovebird. The One, gaco lovebird yang sering menjuarai lomba di Provinsi Jambi dan sekitarnya, merupakan hasil ternak Rudi / Ayong.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sayangnya, kata Rudi, lovebird The One sekarang sudah tidak bisa dilombakan lagi. Pasalnya, jeruji besi di kandangnya terlepas tanpa diketahui pemiliknya. Akibatnya, The One lepas dari sangkarnya dan tak ditemukan lagi sampai sekarang.

Kekecewaan Rudi / Ayong sedikit terobati melihat hasil ternak murai batunya sudah menuai hasil. Keduanya optimistis, murai batu Dewa bakal menghasilkan anakan-anakan yang kelak punya prospek bagus di arena lomba.

Berikut ini video indukan murai batu di kandang Ayong 888 BF:

“Sekarang hampir semua murai batu yang pernah saya lombakan dan juara diistirahatkan dulu dari lapangan, karena sudah masuk ke kandang ternak. Hanya murai batu Hokky saja yang masih aktif dilombakan, karena prestasinya masih panjang,” tambah Rudi Wijaya.

Ayong menambahkan, breeding murai batu sudah dijalaninya hampir setahun ini. Dia tidak membangun kandang murai batu di kediamannya, Jalan Sultan Agung Kota Jambi, melainkan di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Hal ini dilakukannya agar burung bisa memperoleh ketenangan seperti di habitatnya.

Breeding murai batu Ayong 888 BF
Kandang ternak murai batu dibangun di Batanghari.

Ada12 petak kandang yang dibangunnya. Enam di antaranya sudah diisi pasangan induk trah juara, dan enam lainnya masih kosong.

Breeding murai batu Ayong 888 BF
Ayong 888 BF memiliki 12 petak kandang, namun baru terisi separonya.
Murai batu Dewa
Murai batu Dewa dan pasangannya di kandang breeding.

“Masih harus cari materi indukan lagi untuk mengisi kandang yang kosong. Tetapi indukan yang dicari tetap harus punya prestasi, sering juara di lapangan, karena tujuannya memang ingin menghasilkan anakan murai batu trah juara,” kata Ayong.

Saat ini Ayong 888 BF sudah menghasilkan puluhan anakan. Stok saat ini tinggal 17 ekor dengan umur mulai 1 minggu hingga 3 bulan. “Bagi yang berminat, mampir saja ke rumah,” kata dia.

Anakan murai batu umur 1 hari
Anakan murai batu umur 1 hari.
Anakan murai batu umur 10 hari
Anakan murai batu umur 10 hari.
Anakan murai batu umur 18 hari
Anakan murai batu umur 18 hari.
Anakan murai batu umur 1 bulan
Anakan murai batu umur 1 bulan.
Anakan murai batu umur 2,5 bulan
Anakan murai batu umur 2,5 bulan.
Anakan murai batu umur 3 bulan
Anakan murai batu umur 3 bulan.

Sejak dini, anakan murai batu sudah menjalani program pemasteran. Ada empat burung master yang diperdengarkan secara bergiliran kepada trotolan murai batu, yaitu cililin, lovebird, cucak jenggot, dan kapas tembak.

pemasteran anakan murai batu
Anakan murai batu sedang dimaster cililin dan cucak jenggot.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.