Racikan milet untuk burung pemakan biji bijian

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung pemakan biji bijian seperti kenari, finch, parkit, dan lovebird sangat menyukai milet. Pakan ini memiliki kandungan nutrisi tinggi. Milet bisa diberikan dalam berbagai penyajian, termasuk dicampur bahan pakan lain agar bisa meresap ke dalam bijinya sebelum dikonsumsi burung. Milet racikan bernutrisi tinggi ini bisa membuat burung lebih sehat, lebih aktif, dan lebih rajin berbunyi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

burung pemakan biji bijian
Burung finch sedang makan milet yang dibentuk berantai.

Pakan milet racikan sebenarnya sudah lama dikenal kalangan penggemar burung di mancanegara, dan sering digunakan untuk menjaga kondisi burung-burung yang sedang ditangkarkan, khususnya burung pemakan biji-bijian

Bagaimana cara membuat milet racikan untuk burung pemakan biji bijian yang kaya protein dan nutrisi lainnya. Yuk kita simak bersama.

Bahan baku milet racikan untuk burung pemakan biji bijian:

  • Milet, dengan takaran tergantung kebutuhan.
  • Beberapa butir telur ayam.
  • Beberapa buah tulang sotong.

Cara membuat milet racikan untuk burung pemakan biji bijian:

Sebelum digunakan, milet sebaiknya dikeringkan dulu agar kulit kerasnya bisa menyerap ke bahan-bahan pakan lainnya dan masuk ke dalam bijian. Pengeringan bisa dilakukan dengan  dijemur di bawah terik matahari selama beberapa jam, atau menggunakan oven listrik dengan suhu sekitar 150 derajat C dan dipanggang selama 3 – 5 menit.

burung pemakan bijian
Milet dikeringkan dengan cara dipanggang di dalam oven.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Setelah kulitnya kering, milet mudah menyerap bahan-bahan pakan yang dicampurkan bersamanya. Karena itu, setelah dikeringkan, milet disimpan dalam mangkuk atau piring, sambil menunggu proses pengolahan bahan pakan lainnya.

burung pemakan biji bijian
Milet yang sudah kering

Sekarang kita cuci telur dengan air bersih. Selanjutnya, pecahkan dan kumpulkan isinya dalam satu wadah atau mangkuk. Aduk hingga semua bagian telur bercampur secara merata.

milet racikan untuk burung pemakan bijian
Adonan telur yang sudah jadi.

Kulit telur / kerabang / cangkang tidak perlu dibuang, tetapi dikumpulkan dan dikeringkan dengan cara dipanggang dalam oven selama beberapa menit.

burung pemakan biji bijian
Cangkang telur dikeringkan dengan cara dipanggang di dalam oven.

Setelah kering, cangkang telur diblender hingga menjadi tepung.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

milet racikan burung pemakan bijian
Cangkang telur yang sudah kering diblender hingga menjadi bubuk.

Siapkan tulang sotong, lalu ambil bagian tengah berwarna putih, kemudian diblender hingga menjadi tepung. Adapun kulit tulang sotong yang keras dibuang saja.

burung pemakan biji bijian
Bagian tengah tulang sotong diblender hingga menjadi bubuk.

Campurkan semua bahan (bubuk cangkang telur dan bubuk tulang sotong) ke dalam adonan telur yang sebelumnya sudah disiapkan, lalu aduk hingga semua bahan tercampur merata.

cara membuat milet racikan
Adonan dimasukkan ke wadah milet agar bercampur dan meresap ke dalam bijiannya.

Semua adonan di campur ke dalam milet, dan aduk hingga semua bahan tercampur merata. Keringkan milet dengan cara diangin-anginkan, sampai semua bahan menyerap ke dalam seluruh biji milet.

Setelah kering, milet racikan yang berprotein tinggi dan memiliki citarasa lezat ini bisa diberikan kepada burung piaraan Anda.

burung pemakan biji bijian
Milet racikan bernutrisi tinggi bisa diberikan sebagai pakan lezat untuk burung Anda.

Mudah bukan? Pakan milet racikan ini juga sangat baik diberikan pada saat musim hujan, serta dapat membantu burung yang sedang mengalami masa pergantian bulu atau mabung.

[spoiler title= ]
Kata kunci untuk artikel ini:
burung pemakan biji bijian, biji, bijian, biji-bijian, Indonesia, tts, jenis, ocehan, kicau, paruh, kecil, mempunyai, memiliki, sayuran, apa saja, contoh, termasuk, ciri ciri, hewan, aneka, bentuk, bagaimana, finch, khas, ciri2, gambar, morfologi, cara, apa, sebutkan, khusus, daftar, nama, fungsi, tembolok, empedal, foto, gelatik, harga, macam, kumpulan, kecil, peliharaan, jelaskan, suara, ternak, piaraan[/spoiler]

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

3 Comments

  1. Om tulang sotong nya yang sering di jual di pasar-pasar burung yaa?? Dan kalo tidak punya oven gimana cara manggang cangkang telor nya om??

Komentar ditutup.