Raja Murah: Kenari bongsor trah F2 itu taklukkan Kaltim

Kalau saja kenari Raja Murah milik pemain Kalimantan Timur (Kaltim), tentu Om Kicau tidak menulis judul dengan embel-embel “taklukkan Kaltim”. Tetapi burung ini sengaja diterbangkan dari Jogja ke Balikpapan, untuk mengikuti even BBS Cup 1 (14/9). Hasilnya, burung milik H Albert RJM ini terpilih sebagai kenari terbaik, setelah meraih satu gelar juara 1 dan dua kali juara 2.

Kenari Raja Murah
Kenari Raja Murah: Gaya tarungnya mirip anis merah sedang teler.

Kelas kenari di Kalimantan Timur belakangan ini terus menggeliat. Para pemain setempat memiliki koleksi top-markotop, bahkan sering menjuarai even nasional di Jawa.

Saat ngeluruk ke Balikpapan, kenari Raja Murah dikawal Anton Bonbin dan Damar. Anton selama ini memang dipercaya Om Albert untuk merawat Raja Murah.

“Sempat ketar-ketir juga. Soalnya selama di hotel, baik ketika dikerodong maupun saat dirawat dan diangin-anginkan dengan posisi buka kerodong, Raja Murah sama sekali tidak bunyi. Keluar suara cit-cit-cit saja saja tidak,” tutur Om Damar.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tetapi dia dan Om Anton baru merasa lega setelah pagi hari di lapangan, terjadi perubahan. Begitu kerodong dibuka, Raja Murah sudah mau bunyi.

“Begitu digantang, burung langsung ngeplong, dan beberapa saat kemudian langsung narik, ngerol panjang-panjang. Gayanya itu loh yang membuat banyak kicaumania di Balikpapan terkagum-kagum, karena mirip gaya anis merah kalau sedang teler,” imbuh Om Damar.

Selama menghadapi lawan-lawannya, kenari Raja Murah hanya main di satu pangkringan saja, tidak pindah atau lompat ke pangkringan lain. Lebih banyak diam di satu titik, kemudian tubuhnya goyang kanan-kiri kayak anis merah sedang teler.

“Sekali-dua kali memang bergeser, namun tetap hanya di pangkringan yang sama. Ini yang membuat gayanya makin indah. Keistimewaan lain, kenari Raja Murah kuat dimainkan sampai tiga kalim” ujar Om Damar.

Kru Albert RJM
Kru Albert RJM sepulang dari Balikpapan: (Dari kiri) Dian, Anton Bonbin, H Albert RJM, dan Damar.

Menurut Om Anton Bonbin, Raja Murah merupakan kenari bongsor trah F2, dengan warna kuning. Prestasinya memang terus meroket, baik ketika di tangan pemilik lama (Arief ASBF dan Benny Luwes) maupun setelah di tangan Om Albert.

Ketika masih di tangan Om Arief ASBF, kenari ini bernama Penakluk. Burung kemudian dibeli Om Benny Luwes, kendati perawatan tetap ditangani Om Arief. Penakluk kemudian tampil sebagai runner-up dalam even Harpindo Jaya Cup di Jogja (17/8),  serta juara 2 di Kawula Alit Jogja (24/8).

Arief ASBF
Om Arief ASBF, pemilik lama kenari Raja Murah, yang dulu bernama Penakluk.

Setelah itu, burung dibeli Om Albert melalui bantuan Om Arief juga. Om Albert lantas menurunkannya dalam even kolosal Piala Raja 2014 di pelataran Taman Candi Prambanan, 7 September lalu. Hasilnya, Raja Murah tampil sebagai juara 2 Kelas Sekar Kedaton B.

Perawatan kenari Raja Murah

Berikut tips singkat perawatan kenari Raja Murah yang diterapkan Om Anton Bonbin selama ini:

  • Pagi hari, burung dikeluarkan, buka kerodong, dan langsung dijemur sekitar 30 menit.
  • Selanjutnya, burung dikasih cepuk berisi air untuk mandi.
  • Pakan harian berupa biji-bijian seperti pada umumnya.
  • Kalau mau dilombakan, maka pada H-1 (Sabtu), burung diberi 5 butir kroto, buah apel, dan tak perlu mandi.
  • Hari Minggu, burung diberi sayuran selada.
  • Menjelang main, kerodong dibuka sampai burung mau bunyi dan keluar lagunya yang panjang.

Kenari Raja Murah memiliki kerajinan bunyi yang istimewa. Durasinya panjang, bahkan nyaris tanpa spasi. Didukung lagu dan volumenya yang prima, serta gayanya yang berbeda dari kebanyakan kenari, Om Albert optimistis kenari Raja Murah bakal kembali meraih prestasi dalam even 168 Cup III di Lapangan Yonif 400 / Raiders Jalan Setiabudi – Srondol Semarang, Minggu (28/9) mendatang.

H Albert RJM
H Albert RJM (berdiri, 3 dari kanan) bersama kru saat tampil di Piala Raja 2014.

“Rencana berikutnya, kita turunkan kenari Raja Murah di kandang sendiri, yaitu Launching BnR Jogja di Pasar Seni Taman Gabusan, 19 Oktober mendatang,” tandasnya. (Waca)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.