Tips agar burung cucak biru rajin berbunyi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung kecembang gadung / asian fairy bluebird (Irena puella), atau sering disebut cucak biru, merupakan satu-satunya spesies yang ada dalam keluarga Irenidae. Cucak biru masih memiliki hubungan kekerabatan dengan burung-burung dari keluarga cica daun (Chloropseidae) seperti cucak hijau, cucak ranting, cucak hijau kepala emas, dan sejenisnya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Cucak biru
Kacembang gadung atau cucak biru ( Asian fairy blue bird) yang mempunyai bulu cantik dan suaranya yang khas

Sama seperti keluarga cica daun, cucak biru juga termasuk burung pemakan buah-buahan dan serangga. Karena itu, dalam  perawatannya, burung ini tidak terlepas dari kedua jenis pakan tersebut untuk membuatnya rajin berbunyi.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Mengenai apa dan bagaimana burung cucak biru, Om Kicau sudah pernah menjelaskannya dalam beberapa artikel berikut ini:

Perawatan harian cucak biru agar rajin berbunyi

Di alam liar, cucak biru sangat menyukai buah ara atau buah tin (Ficus carica). Untuk perawatan harian, buah tersebut bisa diganti dengan apel, pir, pepaya, mangga, jeruk, atau pisang.

Adapun serangga yang bisa diberikan sebagai pakan tambahan / extra fooding (EF) antara lain jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Berikut ini tips penyajian ketiga jenis serangga tersebut:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Ulat hongkong ditaburi dengan BirdVit. Ini diperlukan untuk menjaga stamina dan kondisi tubuh burung, terutama pada saat pergantian musim dan selama musim penghujan.
  • Jangkrik bisa diberikan sebanyak 1-2 ekor pada pagi dan 1-2 ekor lagi pada sore hari. Berikan jangkrik secara rutin untuk merangsang burung lebih aktif dan rajin berkicau.
  • Kroto segar sebanyak 1 sendok teh diberikan setiap pagi, atau bisa juga dua hari sekali. Sebagai variasi, Anda bisa memberikan kroto yang dicampur parutan buah apel / pir. Berikan pakan racikan ini pada pagi dan sore hari, setiap dua hari sekali. Campuran kroto dan buah bisa membantu merangsang cucak biru menjadi lebih rajin berbunyi.

Mandi pada cucak biru sebaiknya dijadikan agenda rutin, yang dilakukan dua kali sehari (pagi dan sore). Begitu juga dengan penjemurannya, yang bisa dilakukan pada pagi hari ketika matahari terbit dan sore hari menelang matahari terbenam.

Apabila cucak biru yang sudah mendapat perawatan seperti di atas masih juga belum / tidak rajin bunyi, Anda bisa memakai terapi Testobird Booster (TBB) seperti yang pernah dilakukan Om Syarif terhadap cucak birunya yang membisu.

Selain itu, bisa juga  memancing burung bunyi dengan memperdengarkan audio berikut ini:

  • Suara kicauan burung cucak biru
  • Suara panggilan burung cucak biru
  • Suara terapi alam burung cucak biru

Download suara burung cucak biru (klik di sini)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.