Membuat kandang aviary indoor model transparan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Kandang aviary indoor model  transparan kini tengah digandrungi para  penggemar burung di Indonesia. Selain memberi kesan mewah pada ruangan, kandang yang mirip akuarium itu juga mampu menyejukkan mata siapapun yang melihatnya. Mau tahu cara pembuatannya? Yuk, kita intip bagaimana cara membuat kandang aviary indoor model transparan

Kandang aviary indoor dengan menggunakan flexi glass atau akrilik membuat penampilan kandang menjadi lebih elegan | Foto Jamieleigh
Kandang aviary indoor berbahan flexi glass / akrilik | Foto Jamieleigh

Umumnya kandang aviary indoor model transparan diisi dengan burung-burung kecil seperti kenari atau finch. Tapi Anda juga boleh mengisinya dengan jenis burung lain, yang penting sudah jinak alias tidak giras / liar.

Bentuk kandang aviary ini mirip akuarium, sehingga orang tidak menyangka kalau kandang berisi burung. Selama ini, orang Indonesia terbiasa memelihara burung dalam kandang berlapis kawat.

Yang bisa memberi kesan mewah adalah latar belakang kandang ini, yang bisa menggunakan gambar pemandangan hijau sehingga mirip dengan habitatnya. Selain itu, pemasangan lampu ultraviolet (UV) bisa mempercantik kandang, serta membuat sejuk siapapun yang melihatnya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Dalam pembuatan kandang aviary indoor ini, kita tidak menggunakan bahan kaca yang permukaannya keras, melainkan akrilik atau flexi glass yang lebih lentur dan tidak mudah pecah.

Selain itu,  meski bening, permukaan flexi glass masih bisa terlihat burung di dalamnya sehingga mereka tidak akan menabraknya karena menganggapnya sebagai ruang terbuka.

Cara pembuatan kandang aviary indoor sebenarnya tidak jauh berbeda dari pembuatan kandang aviary biasa yang menggunakan rangka kayu. Hanya saja, kandang ini tidak menggunakan kawat ram, melainkan menggunakan kaca akrilik yang ditempelkan pada bagian depan, serta sisi kiri dan sisi kanan kandang.

Contoh rangka untuk membuat kandang aviary
Contoh rangka untuk kandang aviary

Rangka kandang dibuat sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Setelah rangka selesai dibuat, tahap selanjutnya memasang akrilik pada bagian depan kandang, dengan menggunakan baut.

Untuk memudahkan pemasangan permukaan akrilik, Anda terlebih dahulu perlu melubanginya dengan bantuan alat bor.

Pasang semua bagian satu persatu secara teliti agar kandang tidak mudah goyah, baik ketika digunakan atau ketika diangkat untuk dipindahkan.

Menempelkan kaca akrilik (Flexi glass) ke rangka dengan menggunakan baud
Menempel kaca akrilik (flexi glass) pada rangka, dengan menggunakan baut

Untuk pintu kandang, Anda bisa membuat lubang di permukaan akrilik dengan bantuan gergaji triplek seperti pada gambar di atas. Bisa juga membuat lubang pintu pada papan triplek/plywood yang dipasang di bagian atas kandang. Soal bahan dan desain pintu,  ini tergantung selera masing-masing.

Nah, di bawah ini ada beberapa gambar kandang aviary model transparan yang bisa memberi inspirasi bagi Anda:

Kandang aviary transparan dengan menggunakan fleixiglass membuat burung seperti berada di habitatnya
Burung seperti berada di habitat aslinya
Kandang aviary dengan beberapa burugn finch di dalamnya
Kandang aviary indoor berisi beberapa burung finch
Ide mengkombinasikan kandangaviary flexiglass yang dimasukkan dalam akuarium yang berisi ikan
Kombinasi kandang aviary dan akuarium ikan | Home Designing.com

Berikut ini video kandang aviary indoor dengan penampilan mewah:

[youtube-http://www.youtube.com/watch?v=TR6lXNjX_Jw&rel=0]

Yang perlu diperhatikan, meski menggunakan kaca akrilik atau flexi glass, bukan berarti burung 100 persen aman di dalamnya. Untuk itu, beberapa tips berikut ini bisa membantu mencegah hal-hal yang tidak diinginkan:

  • Buatlah kandang senyaman mungkin. Misalnya membuat beberapa lubang udara / ventilasi agar suhu tidak terlalu panas.
  • Meski dianggap aman, burung bisa saja terluka setelah menabrak kaca akrilik yang disebabkan oleh ketakutan karena dikejar burung lain, kaget, atau tidak fokus. Untuk itu, Anda bisa menempelkan stiker / gambar tempel untuk mencegah burung menabrak kaca akrilik.
  • Burung yang menggunakan kandang ini sebaiknya burung pemakan bijian yang cenderung tidak begitu agresif daripada burung pemakan serangga.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.