Rutin mandi malam, cucak hijau Honda tak kenal umbaran

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Mencari setelan untuk cucak hijau lomba memang tidak mudah. Banyak penggemar yang mengeluh ketiadaan setelan paten untuk cucak hijau. Tetapi justru inilah yang membuat ijomania sejati merasa tertantang, termasuk Om Cinyo yang kini menuai sukses bersama cucak hijau Honda miliknya.

Cucak hijau Honda
Cucak hijau Honda in action

Prestasi terbaru cucak hijau Honda adalah meraih double winner dalam Gebyar Tutup Tahun GMC di Wonogiri, Minggu (21/12). Om Sinyo yang sudah 12 tahun menekuni cucak hijau sering tampil dalam even di Blok Timur dan Blok Tengah, terutama di kawasan Solo Raya.

Dalam even Magetan The Beauty of Java Cup 2 di Telaga Sarangan, 28 Oktober lalu, Honda juga nyeri juara pertama, plus sekali juara 2. Penampilan Honda yang makin stabil ini tidak lepas dari kebiasaan mandi malam yang dijalaninya setiap hari.

“Acara mandi biasanya mulai jam delapan malam. Cukup kita sediakan cepuk berisi air, dimasukkan ke dalam sangkar. Honda biasanya mandi sendiri dalam cepuk tersebut,” kata Om Cinyo, pengusaha muda yang tinggal di Perumahan Pesona Bougenvile, Ponorogo.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Cucak hijau Honda
Cinyo Po: Cucak hijau Honda tampil stabil.

Dia mengaku senang melihat kestabilan prestasi Honda selama ini. Apalagi ia termasuk burung jujur. Dalam kondisi on-fire, Honda akan membongkar semua isiannya seperti belalang raja, cucak jenggot, lovebird, dan burung gereja tarung yang dibawakannya panjang-panjang.

Hebatnya lagi, Honda tak pernah merepotkan majikan maupun perawatnya. “Honda sama sekali tak mengenal kandang umbaran. Sehari-hari ya di sangkar hariannya,” tambahnya.

Aktivitas hariannya dimulai pukul 08.00. Burung dikeluarkan, buka kerodong, kemudian diberi extra fooding (EF) berupa 5 ekor jangkrik. Saat itu pula, sangkar dibersihkan. Ini berlaku sejak Senin hingga Jumat.

Buah untuk Senin biasanya pepaya jawa, yang diyakini bagus untuk menyempurnakan kinerja organ pencernaannya. Tetapi sejak Selasa hingg Jumat, buah diganti pisang.

Cinyo Po dan cucak hijau Honda
Om Cinyo dan keluarga saat mengantar cucak hijau Honda nyeri di Telaga Sarangan, Magetan.

Usai sarapan dan bersih-bersih sangkar, Honda dijemur sampai pukul 10.00. Selanjutnya dikerodong lagi. Sore pukul 16.00, kerodong dibuka dan burung diberi 5 ekor jangkrik.

Jadi, porsi jangkrik setiap hari 5/5. Menu jangkrik ditingkatkan menjadi 7/7 pada H-1 (Sabtu), supaya staminanya prima esok harinya.

Pada Hari H, burung diberi 5 ekor jangkrik, kemudian kemudian ke lapangan. Begitu tiba di lapangan, Honda diberi 7 ekor ulat hongkong, kemudian dikerodong kembali.

Sekitar tiga sesi sebelum main, kerodong dibuka agar burung ngentrok. Setelah itu dikerodong lagi sampai lomba dimulai. Namun, apabila cuaca kurang mendukung seperti saat ini, burung perlu dicas dengan sesama cucak hijau.

Pengecasan ini dilakukan saat kerodong dibuka sekitar tiga sesi sebelum main. Apabila cuaca cerah, Honda sudah on-fire tanpa perlu perlu dicas lagi.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.