Burung pun bisa mabuk, tapi mampu jaga keseimbangan

Penelitian unik terhadap burung kicauan dilakukan sejumlah ilmuwan di Health and Science Oregon University. Tim peneliti mengamati perubahan perilaku sekelompok burung pipit zebra (zebra finch). Kelompok pertama diberi jus anggur putih murni, sedangkan kelompok kedua diberi jus anggur yang dicampur etanol. Bagaimana hasilnya?

Burung pipit zebra
Meski dalam kondisi mabuk, burung pipit zebra tetap bija jaga keseimbangan tubuh.

Ternyata ada perbedaan signifikan di antara kedua kelompok burung ini saat berkicau. Burung-burung di kelompok kedua mabuk dan mengeluarkan suara-suara kicauan yang kacau, ngelantur, terdengar tidak jelas, bahkan beberapa ekor burung terdengar bersuara cadel.

Penelitian nyleneh ini memang bertujuan untuk mengungkap efek alkohol terhadap burung kicauan, terutama kicauan burung mabuk. Tim peneliti ingin membandingkannya dengan efek alkohol pada manusia.

Telernya burung-burung pada kelompok kedua memang sangat berpengaruh terhadap mutu kicauan mereka. Perbedaan ini terdeteksi berdasarkan amplitudo kicauan burung pada kedua kelompok tadi. Selain amplitudo, perbedaan juga terlihat pada perubahan energi pada setiap kelompok burung.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Unuknya, burung-burung pipit zebra yang mabuk ini tidak mengalami gejala aneh seperti manusia saat mabuk. Mereka tetap mampu menjaga keseimbangan tubuhnya, tak mengantuk, dan tidak juga mengalami kesulitan bergerak seperti yang terjadi pada manusia ketika mabuk.

Burung pipit zebra
Burung mabuk mengeluarkan kicauan yang kacau dan cadel.

“Kami tidak mendeteksi efek fisik yang terlihat pada burung. Penampilan mereka masih seperti pada kondisi normal. Bahkan burung-burung itu mampu berdiri dan terbang secara normal,” kata peneliti, dikutip dari ConsolidateTimes.
Seperti halnya manusia, burung mabuk akan mengeluarkan kicauan-kicauan yang ngacau, tapi tidak ada reaksi fisik lainnya yang aneh, karena burung tetap bisa beraktivitas seperti biasanya.

Menurut Dr Cristopher Olson, salah seorang peneliti, awalnya dia ragu burung mau minum minuman beralkohol (6%). Ternyata burung malah menyukainya, sehingga memudahkan rencana tim peneliti.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.