Latihan Sakti Bird Jambi makin ramai: Kelas lovebird 43 gantangan

Antusias kicaumania Jambi dalam mengikuti latihan rutin, latihan spesial, dan lomba burung berkicau memang layak diacungi jempol. Meski banyak ajang latihan di kota ini, toh selalu ramai. Hal ini terlihat pula dalam Latihan Sakti Bird di Jalan H Abdul Laman RT 14 Kelurahan Paal V, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Kamis (15/1) sore tadi.

Lokasi lomba yang bersebelahan dengan lapangan Bakso Selekta, dan di depan Asrama Haji, membuat suasana makin marak. Latihan Sakti Bird yang dikemas Indiarto atau akrab disapa Om Iin Sakti digelar rutin setiap Kamis sore.

Latihan Sakti Bird Jambi
Suasana Latihan Sakti Bird di Paal V Kota Baru, Jambi, Kamis (15/1) sore,

Latihan Sakti Bird dari hari ke hari menunjukkan kemajuan. Panitia membuka dua kategori kelas, yaitu Bintang dan Sejati. Burung yang dilombakan adalah murai batu, kacer, lovebird, kenari, dan kapas tembak. Semuanya dibuka dua kelas, kecuali kapas tembak hanya satu sesi saja.

Tiketnya pun sengaja dibuat merakyat, yaitu Kelas Sejati hanya Rp 10.000 dan Kelas Bintang Rp 20.000. Juara pertama masing-masing mendapat hadiah Rp 200.000 dan Rp 100.000. Tak heran jika Latihan Sakti Bird selalu ramai peserta.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Alhamdulilah sejak awal tahun 2014 sampai sekarang, Sakti Bird selalu mendapat dukungan rekan-rekan kicaumania. Panitia pun setiap pekan selalu menimba pengalaman, dengan selalu mendengar keluhan para peserta,” kata Om Iin Sakti.

Om Iin Sakti
Om Iin Sakti, punggawa Sakti Bird.

Hal terpenting yang selalu diperhatikan para personel Sakti Bird adalah bagaimana memberi pelayanan terbaik, khususnya penjurian / penilaian. Om Iin dkk selalu menjaga netralitas dan menegakkan aturan fairplay.

Dukungan juri-juri Ronggolawe

Bahkan dalam latihan sore tadi, Sakti Bird mendapat support dari Ronggolawe Cabang Jambi berupa juri-juri dari Ronggolawe Team. Seperti diketahui, Ronggolawe Team pimpinan Haji Ebod saat ini melakukan ekspansi besar-besaran dalam menggelar lomba burung berkicau di berbagai daerah, tidak terkecuali di Jambi, termasuk menerjunkan juri-juri terbaik di masing-masing daerah.

Ronggolawe Cabang Jambi yang baru terbentuk dan dinahkodai Om Aheng, sebelumnya juga menerjunkan juri-jurinya dalam Launching Stady Cup (11/1), Ambassador Bird (14/1), serta Sakti Bird (15/1). Ini merupakan gebrakan spartan yang diharapkan makin memajukan dunia kicauan di Kota dan Provinsi Jambi.

Dalam latihan sore tadi, peserta kacer cukup ramai. Kelas Bintang yang berisi 33 gantangan dijuarai kacer Markus kepunyaan Dedi. Burung ini mengungguli Krakatau milik Malik dan Salju milik Abu.

Latihan Sakti Bird Jambi
Juara 1-3 Kelas Kacer Bintang.

Kelas Sejati dimenangi Glodok koleksi FNK. Kacer Krakatau lagi-lagi harus puas di urutan kedua, namun hal ini menunjukkan kestabilan prestasinya pada dua kelas yang dilombakan.

Murai batu lumayan ramai. Kelas Bintang yang berisi gantangan dimenangi murai TL milik Mr Oey, diikuti Bandit milik Aan dan Budak Kecil kepunyaan Deni.

Latihan Sakti Bird Jambi
Om Sugeng mengawal murai batu TK milik Mr Oey.

Adapun Kelas Sejati dimenangi Solar, murai batu orbitan Puad yang pada sesi satunya berada di urutan keempat. Juara 2 dan 3 masing-masing diraih Kulub milik Atong dan Messi jagoan Iwan.

Yang paling ramai adalah lovebird, khususnya Kelas Bintang yang diikuti 43 peserta. Kelas ini dijuarai Jaika Mili milik Uda Dogan, disusul murai batu Arau milik Dani dan Kiki milik Raka.

Latihan Sakti Bird Jambi
Juara 1 lovebird Kelas Bintang (kiri) dan juara 3 di kelas yang sama (kanan).

Gaco andalan Deri, lovebird Angel, menjuarai Kelas Sejati. Angel unggul atas Yasmin milik Sandi yang harus puas menjadi runner-up.

Kenari juga terdiri atas dua kelas. Rejo milik Candra menjuarai Kelas Bintang. Juara 2 dan 3 ditempati kenari Bintang milik Aus dan gaco andalan Sandi bernama Robin.

Latihan Sakti Bird Jambi
Candra (tengah): Kenari Rejo juara 1 Kelas Bintang.

Sandi juga menurunkan kenari Berbi, dan menjadi juara 4 pada kelas yang sama. Adapun Kelas Sejati dijuarai kenari Geser orbitan Rudi. Berbi kembali bermain apik, tampil sebagai juara kedua.

Kapas tembak hanya dibuka satu kelas. Surya tampil perkasa dan menjadi juara 1. Gaco milik Nanda ini mengungguli Gladiator milik Aan, sementara kapas tembak GR di urutan ketiga.

“Semoga even latihan, latihan spesial, maupun lomba yang diadakan Sakti Bird makin bagus kualitasnya, baik dari aspek penjurian maupun pelayanan lainnya. Yang terpenting, kita dapat bersilaturahmi antarkicaumania. Terimakasih kepada para peserta atas dukungannya,” tandas Om Iin Sakti. (Kelana Lana)

Latihan Sakti Bird Jambi
Panitia Sakti Bird dan tim juri dari Ronggolawe.

Hasil Latihan Sakti Bird Jambi (Kamis, 15 Januari 2015)

MURAI BATU BINTANG
1   TLMr Oey
2   BanditAan
3   Budak KecikDeni
4   SolarPuad
5   Gantangan 23
MURAI BATU SEJATI
1   SolarPuad
2   KulubAtong
3   MessiIwan
4   UnguHeri
5   BanditAan
KACER BINTANG
1   MarkusDedi
2   KrakatauMalik
3   SaljuAbu
4   BlorokSigit
5   Bacan DokoFauzi
KACER SEJATI
1   GlodokFNK
2   KrakatauMalik
3   NN
4   Bacan DokoFauzi
5   SetiaDeri
LOVEBIRD BINTANG
1   Jaika MiliUda Dogan
2   ArauDani
3   KikiRaka
4   LetnanAan
5   NNDeri
LOVEBIRD SEJATI
1   AngelDeri
2   YasminSandi
3   Gantangan 23
4   SandiDeri
5   Gantangan 43
6   AnjelErik
KAPAS TEMBAK BINTANG
1   SuryaNanda
2   GladiatorAan
3   GRSF
KENARI BINTANG
1   RejoCandra
2   BintangAus
3   RobinSandi
4   BerbiSandi
KENARI SEJATI
1   GeserRudi
2   BerbiSandi

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.