Mengatasi induk kenari betina yang susah birahi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Beberapa peternak/breeder kenari pemula kerap mengeluhkan induk kenari betina belum juga mau birahi, meski umurnya sudah lebih dari 1 tahun. Umumnya, kenari betina mencapai umur dewasa kelamin pada umur 8-10 bulan, sehingga mestinya sudah birahi alias siap dikawinkan. Tetapi kondisi burung tentu berbeda-beda, sehingga ada juga kenari yang berumur dua tahun terkadang belum birahi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Breeding kenari JrC BF Jakarta - Induk betina trah juara sedang diistirahatkan.
Induk kenari betina trah juara koleksi JrC Bird Farm.

Sedikitnya ada dua penyebab mengapa kenari betina yang sudah dewasa kelamin belum kunung birahi. Pertama, bawaan sejak menetas di mana burung kekurangan estrogen dan progesteron, yaitu dua jenis hormon yang terkait dengan fungsi reproduksi burung betina, termasuk rangsangan birahi.

Kedua, ada yang keliru dalam perawatan kenari sejak menetas hingga dewasa, terutama nutrisi / gizi dalam pakannya yang dibutuhkan kelenjar endokrin untuk mensekresikan kedua hormon tersebut.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Ketika induk kenari sudah berumur dua tahun, misalnya, namun belum kunjung birahi, maka dia tak mau dikawini pejantannya. Yang terjadi dalam kandang ternak, kedua burung akan berkelahi. Sebab yang jantan memaksa kawin, sementara betina menolaknya.

Bagaimana mengatasinya? Ada dua cara. Pertama, menaikkan birahi kenari betina melalui perbaikan pakan. Cara ini memang membutuhkan waktu, karena pakan harus diproses dulu dalam organ-organ pencernaan burung, kemudian disalurkan ke seluruh jaringan tubuh.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kenari YS betina
Induk kenari betina mestinya sudah birahi pada umur 8-10 bulan.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Kedua, menggunakan cara lebih instan, di mana burung langsung memperoleh asupan gizi yang kaya sumber estrogen dan progesteron. Begitu masuk ke saluran pencernaan, maka asupan gizi ini segera dikirim ke seluruh jaringan tubuh, terutama yang berkaitan dengan sekresi kedua hormon tersebut.

Asupan gizi yang dimaksud adalah EstroBird. Ini suplemen khusus burung betina yang susah birahi. Fungsinya memang untuk merangsang produksi estrogen dan progesteron pada burung betina yang mau dijadikan indukan.

EstroBird sebaiknya diberikan saat burung betina masih terpisah dari calon induk jantan, alias belum menjalani proses penjodohan. Pada tahap awal, berikan selama 3 hari berturut-turut. Setelah itu 1-2 kali seminggu.

Cara pemakaiannya cukup oleskan 3-4 tetes EstroBird pada extra fooding (sayuran atau buah). Tidak disarankan dicampur dengan air, karena burung cenderung sedikit minum air, sehingga banyak yang terbuang ketika dosis belum mencukupi.

Cara pertama, mendongkrak birahi kenari betina melalui perbaikan pakan, sudah pernah dicoba Om Hartono, peternak kenari yang tinggal di Perum Griya Indah F4  Jombang, Jawa Timur. Mau tahu apa yang dilakukannya? Klik saja tautan di bawah ini:

Mendongkrak birahi kenari betina ala Om Hartono

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.