Solusi alternatif mengatasi kebotakan pada burung kenari

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Para pecinta kenari mungkin pernah mengalami kejadian di mana burung piaraannya itu mengalami kebotakan pada sebagian tubuhnya. Pada artikel sebelumnya (silakan cek di sini) disebutkan, kebotakan umumnya terjadi lantaran kenari mengalami kekurangan iodium, sehingga cara mengatasinya dapat dilakukan dengan menambahkan mineral tersebut ke dalam pakannya. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Solusi alternatif untuk atasi kebotakan pada burung kenari
Solusi alternatif mengatasi kebotakan pada burung kenari

Bagaimana jika kebotakan bukan disebabkan karena kekurangan iodium? Tentu cara di atas tidak bisa diterapkan, karena akar penyebabnya memang berbeda.

Dalam kasus seperti ini, Anda bisa menggunakan solusi alternatif mengatasi kebotakan pada kenari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain melalui terapi minyak kemiri dan terapi daun lidah buaya. Kita kupas satu persatu, yuk!

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Mengatasi kebotakan dengan minyak kemiri

Selama ini, minyak kemiri dihasilkan dengan cara menumbuk biji kemiri yang telah dibakar atau disangrai. Minyak kemari merupakan ramuan tradisional yang sering digunakan nenek-moyang kita sejak dulu untuk menyuburkan dan membuat rambut lebih hitam berkilau. Bahkan minyak ini telah lama digunakan sebagai bahan baku pembuatan shampo.

Minyak kemiri yang penh manfaat
Minyak kemiri bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kebotakan pada kenari.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Dengan alasan itulah, minyak kemiri juga sering digunakan para kicaumania guna mengatasi kebotakan yang terjadi pada burung peliharaannya, terutama jenis kenari.

Seperti diketahui, kenari termasuk jenis burung yang sering mengalami kerontokan pada sebagian bulu tubuhnya, terutama daerah sekitar kepala dan leher.

( lihat juga Mengobati kebotakan pada induk kenari betina )

Berikut ini cara mengatasi kebotakan pada kenari melalui terapi minyak kemiri:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Tangkap dan pegang kenari secara lembut, agar burung merasa nyaman dan tidak mudah stres.
  • Dengan bantuan sikat gigi halus (khusus bayi) yang dicelupkan ke dalam air hangat, sikat daerah sekitar kulit yang mengalami rontok bulu secara hati-hati.
  • Setelah dikeringkan, bagian tersebut diolesi minyak kemiri.
  • Lakukan terapi minyak kemiri selama 6-7 hari berturut-turut.
  • Selama masa terapi, burung sebaiknya perlu diberi BirdMolt Pre untuk mempercepat proses pertumbuhan bulu-bulu baru pada bagian kulit yang botak. BirdMolt/BMT Pre terdiri dari multi vitamin dan multi mineral cair yang dilengkapi dengan suplemen lain yang lengkap dan seimbang disertai bahan aktif yang diracik khusus untuk menumbuhkan bulu baru, mencegah bulu baru pecah-pecah, kusam dan tumbuh tidak rata.

Mengatasi kebotakan dengan daun lidah buaya

Pemanfaatan lidah buaya atau Aloe vera untuk burung kicauan juga sudah lama dilakukan para penangkar burung di mancanegara. Manfaat lidah buaya antara lain sebagai zat antiseptik yang membantu menghentikan pendarahan akibat luka, misalnya setelah memotong kuku dan paruh burung. Manfaat lainnya sebagai antijamur, antibakteri, dan membantu proses regenerasi sel-sel tubuh.

Manfaat lidah buaya untuk atasi kebotakan
Lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi kebotakan pada burung kenari

Lidah buaya memiliki kandungan glycoprotein yang bisa merangsang pertumbuhan bulu dan rambut. Karena itulah, lidah buaya juga bisa menjadi solusi alternatif untuk mengatasi kebotakan pada burung kenari.

Berikut ini cara penggunaan lidah buaya untuk mengatasi kebotakan pada kenari:

  • Potong selembar daun lidah buaya yang masih segar. Selanjutnya diiris-iris untuk diambil dagingnya saja.
  • Daging lidah buaya yang mengandung lendir atau gel dioles-oleskan ke sekitar kulit kenari yang botak.
  • Lakukan terapi ini setiap pagi selama 6-7 hari berturut-turut.
  • Selama masa terapi, burung tetap diberi BirtdMolt Pre untuk merangsang pertumbuhan bulu-bulu baru.

Terapi ini juga dapat diterapkan untuk burung-burung kecil seperti pleci. Adapun untuk burung berukuran sedang dan besar, misalnya murai batu, silakan buka arsipnya pada artikel Mengatasi kebotakan pada burung murai batu.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

Komentar ditutup.