Lima macam perawatan yang bisa membuat pleci bersuara lebih kencang

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burung pleci yang paling banyak dicari adalah jika ia mempunyai suara ngalas, ngerol, namun dibawakan dengan suara cukup keras. Pleci dengan karakter vokal seperti itulah yang umumnya mendominasi arena lomba. Jika karakter suaranya dirasa tidak terlalu keras, maka ada lima macam perawatan bisa membuat pleci bersuara lebih kencang.

Pleci dengan suara yang kencang yang banyak dicari plecimania untuk lomba
Pleci dengan suara kencang banyak dicari untuk lomba.

Burung pleci yang rajin bersuara ngalas dan ngerol, namun suaranya tidak cukup keras, tentu tidak akan memuaskan para pemiliknya, terutama kalau ingin ditampilkan dalam lomba yang sebagian besar diikuti burung-burung bersuara kencang.

Dalam posting sebelumnya pernah disebutkan tiga hal umum yang bisa menjadikan burung pleci bersuara lebih lantang (silakan baca: Tips dan trik membuat burung pleci bersuara lebih lantang).

Untuk melengkapi tulisan terdahulu, berikut ini lima macam perawatan agar pleci bisa bersuara kencang.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

1. Penjemuran rutin

Penjemuran bagi pleci adalah satu hal yang tidak bisa dianggap remeh. Sebab aktivitas ini bisa membantu pleci menjadi lebih fit, langsing, cepat gacor, dan mempunyai suara kencang. Lakukan penjemuran secukupnya saja, atau dalam durasi 30 – 60 menit, yang dimulai pada pagi hari.

Menjemur pleci bisa dilakukan dengan cara digantung atau ditaruh di bawah dengan posisi sangkar berjejer / saling berdekatan jika Anda memelihara lebih dari 2 – 3 ekor pleci.

2. Melatih stamina

Seperti halnya jenis burung kicauan lainnya, pleci pun sesekali perlu diumbar dalam sangkar yang lebih luas daripada sangkar harian yang biasa digunakannya. Untuk memancing agar pleci banyak bergerak dalam sangkar tersebut, pasanglah beberapa tenggeran dalam posisi saling berjauhan.

Fungsi umbaran untuk pleci adalah melatih stamina serta otot-otot dada dan sayapnya, sehingga burung akan mampu ngalas / ngerol panjang, dan suara yang dibawakannya menjadi lebih kencang.

3. Memperhatikan pakan

Pleci merupakan burung kecil yang sangat aktif. Karena itu, dalam perawatan hariannya harus mendapat asupan pakan yang kaya nutrisi.

Selain pakan voer, sebisa mungkin pleci juga mendapat protein hewani yang bersumber dari extra fooding seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto.

Untuk lebih menjamin kebutuhannya itulah, banyak plecimania yangg meracik sendiri pakan untuk plecinya dengan menggunakan bahan-bahan yang kaya gizi.

Om Kicau pernah mengupas menu-menu istimewa untuk burung pleci Anda dalam link-link di bawah ini:

4. Melatih bunyi

Pleci termasuk jenis burung yang gemar berkelompok / berkoloni. Karena sifatnya itu, pleci cenderug sahut-menyahut ketika mendengar suara panggilan atau kicauan burung sejenis.

Untuk merangsang agar pleci lebih banyak mengeluarkan suara ngalas atau ngerol dengan volume lebih kencang, Anda bisa memanfaatkan suara panggilan pleci betina.

Namun jika tidak mempunyai burung pleci betina, Anda bisa memanfaatkan audionya dalam bentuk mp3 berikut ini.

5. Pengobatan

Gangguan pernafasan bisa menyebabkan suara burung pleci menjadi pelan, serak, atau bahkan tidak bersuara sama sekali. Untuk mengatasinya, burung harus diobati secara tepat.

Dalam kasus ini, BirdTwitter bisa menjadi solusi pengobatan yang baik untuk pleci Anda. Selain mengobati suara serak, BirdTwitter juga ampuh untuk menyembuhkan sesak nafas, mecet bunyi, serta gangguan pernafasan lainnya.

Itulah lima macam perawatan yang bisa membuat pleci bersuara lebih kencang.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

    • Pleci bukan pemakan biji-bijian om, tapi kalaupun mau berikan milet ke pleci sebaikna milet dikupas dulu isinya lalu ditumbuk hingga halus.

  1. malam om Duto. Punya dua ekor pleci, dakun dan auri kondisi ngeriwik keras isian saja gak ada peningkatan padahal jemur dan ef hampir melengkapi setiap harinya. Jadi gimana om agar ada peningkatan menuju gacornya. Terimakasih..

Komentar ditutup.