Tips dan trik beternak kenari yorkshire

Selama ini muncul anggapan bahwa beternak kenari yorkshire itu sulit. Selain harga induknya yang mahal dan susah diperoleh, beberapa peternak juga mengaku selalu gagal saat hendak menangkarkannya. Memang, beternak kenari postur besar butuh penanganan khusus, terutama masalah perawatan hariannya. Semoga tips dan trik beternak kenari yorkshire berikut ini bisa membantu Anda.

Menangkarkan kenari jenis yorkshire butuh perhatian dan ketekunan
Beternak kenari yorkshire butuh perhatian dan ketekunan tersendiri.

Kenari yorkshire sering dijuluki sebagai rajanya kenari. Burung ini berasal dari Yorkshire, Inggris, hasil persilangan antara kenari lanchashire, belgia, dan norwich, kemudian dikembangkan untuk mendapatkan strain yang dianggap sempurna.

Meski nilai jualnya tinggi, kenari yorkshire cukup terkenal dan banyak digemari kenarimania di Indonesia maupun di sejumlah negara lainnya. Tak heran kalau banyak orang yang ingin menangkarnya, dengan harapan bisa meraup keuntungan lebih besar daripada beternak kenari lokal.

Popularitas kenari yorkshire di Indonesia mulai terangkat sejak akhir tahun 2012. Saat itu banyak importir yang mendatangkan kenari yorkshire dari berbagai tipe ring, untuk memanjakan para penggemar dan penangkar kenari di negeri ini.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jika yang dibelinya adalah kenari yorkshire impor, tentu butuh adaptasi tersendiri sebelum burung dimasukkan ke kandang ternak. Suhu di negeri kita yang lumayan tinggi tentu berbeda dari negara-negara di Eropa tempat di mana para importir mendatangkan kenari yorkshire.

Ketika burung belum mampu beradaptasi terhadap suhu di lingkungan barunya, maka peluang stres menjasi sangat besar. Bahkan tidak sedikit kenari mahal yang mati lantaran gagal beradaptasi.

Meski demikian, tidak sedikit pula peternak yang sukses menangkar kenari yorkshire. Misalnya Cak Udin (Depok) yang mampu mencetak yorkshire lokal.

( Lihat juga Cara Cak Udin Depok mencetak yorkshire lokal )

Sebelum memulai penangkaran, tentu dibutuhkan calon induk jantan dan betina hasil seleksi ketat. Seleksi indukan menjadi kata kunci untuk setiap usaha budidaya / peternakan / penangkaran, apapun komoditasnya, tak terkecuali kenari yorkshire. Soalnya setiap indukan akan mewariskan sifat-sifat genetiknya kepada keturunannya, baik sifat-sifat yang baik maupun yang buruk.

Beberapa penangkar senior mengatakan, ada katuranggan tersendiri dalam memilih calon induk kenari yorkshire. Misalnya postur tubuhnya langsing, tidak gemuk, berisi, dan berbentuk seperti wortel.

Proses penjodohan kenari yorkshire

Menjodohkan kenari yorkshire bisa dilakukan melalui beberapa cara. Misalnya memisahkan induk jantan dan induk betina. Jumlah induk betina harus lebih dari satu, ditempatkan dalam kandang terpisah, namun dalam posisi saling berdekatan.

Manakala induk jantan didekatkan, maka akan terlihat satu-dua ekor induk betina yang paling aktif, atau istilahnya “sedang ingin bercinta”, he.. he.. he.. Dari situlah induk jantan bisa dimasukkan ke kandang betina paling aktif.

Bagaimana kalau anggaran terbatas, sehingga hanya bisa membeli sepasang yorkshire jantan dan betina saja? Dalam kasus seperti ini, belilah kenari yorkshire betina yang sudah rajin bunyi.

Pada tahap awal penjodohan, sebaiknya kenari jantan dan betina tidak saling melihat, atau hanya mendengar suara saja. Apabila muncul ketertarikan dari salah satu induk, atau kedua induk, tahap selanjutnya adalah mendekatkan sangkarnya, kemudian disatukan dalam kandang ternaknya jika sudah berjodoh.

Masalah yang kerap muncul dalam proses perjodohan kenari yorkshire adalah induk jantan atau betina tidak birahi, sehingga proses perjodohan bisa berlangsung cukup lama dan menjemukan. Karena itu, sangat dianjurkan memberi pakan bernutrisi tinggi, serta pemberian suplemen khusus burung indukan. Anda bisa menggunakan BirdMature yang sudah banyak digunakan para peternak aneka burung kicauan.

Pemberian pakan bernutrisi tinggi

Pakan bernutrisi tinggi dapat membuat burung-burung yang sedang ternak mengalami peningkatan birahi secara signifikan. Kita sering keliru menganggap nutrisi tinggi hanya identik dengan protein tinggi. Padahal nutrisi memiliki kesamaan arti dengan zat gizi. Jadi, zat gizi lainnya seperti energi metabolis, lemak, karbohidrat, serat kasar, hingga vitamin dan mineral tetaplah penting.

Di pasaran memang beredar aneka pakan kenari dengan beragam merek. Tetapi, terus terang, hanya beberapa saja yang layak untuk pakan kenari yorkshire yang sedang diternak.

Perbedaan lingkungan dan suhu udara di Indonesia juga sering membuat kenari yorkshire belum sepenuhnya dapat beradaptasi, sehingga banyak yang mengalami stres. Untuk mengatasinya, pemberian pakan bernutrisi tinggi serta serasi dan seimbang bisa membantu meredakan stres dan melancarkan metabolisme tubuhnya.

Pakan kenari seperti BirdFood juga bisa digunakan sebagai campuran pakan kaya nutrisi untuk membantu induk kenari yorkshire menjadi jauh lebih segar, fit, aktif, dan produktif.

Kandang ternak kenari yorkshire

Banyak pilihan model kandang ternak untuk membudidayakan kenari yorkshire. Yang terpenting harus berada di lokasi atau lingkungan yang aman dan nyaman. Jauhkan kandang ternak dari gangguan yang bisa muncul sewaktu-waktu seperti hewan liar (kucing, musang, tikus, dan burung liar). Gangguan yang datang terus-menerus tentu saja akan membuat induk kenari yorkshire mudah stres dan berakibat pada kegagalan bertelur.

Selain tempat / lokasi, pemanfaatan lampu penerangan juga dapat mendukung keberhasilan Anda dalam beternak kenari yorkshire. Lampu sebaiknya dimatikan saat sore hari. dan kembali dinyalakan pada pagi hari. Pengaturan ini dapat mensimulasikan datang dan berakhirnya hari. Jika dilakukan secara rutin, maka induk kenari akan lebih cepat memasuki kondisi breeding.

Menjaga kebersihan lokasi dan kandang ternak merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap hari. Kebersihan lingkungan akan membuat induk kenari tidak mudah terserang penyakit yang bersumber dari kotoran.

Mencukur bulu di sekitar kloaka

Kenari yorkshire memiliki bulubulu yang pendek dan tebal. Namun sering juga dijumpai kenari yorkshire dengan bulu-bulu panjang, terutama di sekitar kloakanya.

Untuk memperlancar proses perkawinannya, perlu dilakukan pencukuran bulu (sedikit saja) di sekitar kloakanya. Bagaimana cara mencukur bulu di sekitar kloaka secara benar, silakan baca artikel Cukur bulu di sekitar kloaka kenari.

Mencukur bulu di sekitar kloaka kenari yorkshire
Mencukur bulu di sekitar kloaka kenari yorkshire

Untuk meningkatkan produktivitas, tidak sedikit peternak yang memanfaatkan “baby sitter” sehingga induk kenari yorkshire bisa terus berproduksi. Baby sitter atau babuan bisa menggunakan kenari jenis AF yang berpostur lebih besar daripada kenari lokal. Dia akan mengerami telur dan merawat anak-anak dari kenari yorkshire.

Kenari babuan akan memulai tugas pengeramannya setelah kenari indukan bertelur, lantas mengerami telurnya itu selama satu minggu.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.