Tips perawatan burung mozambik agar cepat gacor

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Bukan hanya burung saja yang mesti diajari beradaptasi melalui pola perawatan yang diterapkan. Sang pemilik atau perawat pun harus mampu memahami kebiasaan burung dalam perawatannya tersebut. Dengan demikian, sifat dan karakter alaminya akan muncul, sehingga burung pun menjadi lebih rajin berkicau. Hal ini pula yang menjadi faktor utama dalam perawatan burung mozambik agar cepat gacor.

Memahami kebiasaan burung dan menerapkannya dalam rawatan harian bisa membuatnya cepat gacor
Tips perawatan burung mozambik agar cepat gacor.

Burung mozambik atau green singing finch / yellow fronted canary (Serinus mozambicus) merupakan salah satu spesies yang berkerabat dekat dengan kenari. Burung ini banyak digemari kicaumania di Indonesia, kendati wilayah persebarannya di kawasan Sub-Sahara Afrika, terutama pada daerah semi-kering.

Mozambik termasuk jenis burung yang aktif dan bisa menjadi sangat agresif, terutama terhadap jenis burung finch lainnya jika ditempatkan bersama dalam kandang koloni / aviary yang terlalu sempit. Burung jantan memiliki suara kicauan yang sangat baik, ngerol, dan penuh variasi, dengan irama yang sangat merdu.

Mengingat habitat aslinya di daerah beriklim panas, maka kita harus bisa mengadaptasikan hal ini dalam perawatan hariannya. Misalnya dengan memberikan lampu full spektrum jika burung tersebut sering disimpan dalam ruangan atau secara rutin melakukan penjemuran.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Perlu diketahui, mozambik sangat menyukai sayuran hijau daripada jenis finch lainnya. Karena itu, dalam perawatan hariannya jangan lupakan sayuran atau daun-daun hijau, terutama saat dijemur dan beraktivitas.

Di habitat aslinya, mengkonsumsi pakan hijau itu merupakan salah satu cara burung mozambik dalam mendapatkan air, terutama untuk menyeimbangkan panas dalam tubuhnya.

Meski termasuk burung pemakan biji-bijian, mozambik merupakan burung pemilih. Mereka kerap mengacak-acak cepuk pakannya untuk mencari biji-bijian favoritnya seperti milet dan niger seed. Karena itu, kalau mozambik Anda kerap mengacak-acak makanannya, berikan saja pakan campuran milet dan niger seed daripada memberikan pakan kenari (canary seed).

Alternatif lainnya adalah mencampurkan biji niger dan pakan kenari,  dengan perbandingan 1 bagian niger seed dan 2 bagian canary seed.

Berikut ini beberapa tips perawatan burung mozambik agar cepat gacor:

  1. Keluarkan burung pada pagi hari untuk dijemur sampai siang harinya. Durasi penjemuran bervariasi, mulai dari 2,5 jam hingga 3 jam, tergantung kondisi cuaca saat itu.
  2. Setelah dijemur, burung bisa dimandikan. Namun tidak semua mozambik mau mandi. Karena itu, pemberian mandi biasanya dilakukan beberapa hari sekali.
  3. Berikan pakan bijian favoritnya, terutama milet dan niger seed.
  4. Berikan pakan hijau berupa sayuran atau daun-daunan, terutama daun dandelion (randa tapak), krokot, serta buah-buahan seperti potongan apel dan jeruk.
  5. Siapkan tulang sotong yang bisa berfungsi sebagai sumber kalsium.
  6. Untuk menjaga kondisinya terutama di musim dingin atau penghujan, burung bisa diberi multivitamin seperti BirdVit.
  7. Telur rebus sebaiknya diberikan beberapa kali sehari untuk mencegah burung jadi gemuk dan malas berbunyi.
  8. Sore harinya, sangkar sebaiknya dikerodong, dan burung dibiarkan beristirahat sampai esok harinya.

Dengan memahami kebiasaan burung dan menerapkannya dalam perawatan harian, maka tidak sulit membuatnya lebih rajin berbunyi. Jika Anda tertarik dengan suara mozambik untuk masteran atau memancing bunyi, silakan cek kembali artikel berikut ini:

Aneka suara kicauan burung mozambik untuk masteran

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.