Tips memilih dan merawat burung decu belang

Penampilan burung decu belang sepintas mirip kacer, tetapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Burung yang suka menggoyangkan ekornya itu pernah popular di arena lomba. Untuk membangkitkan kembali minat para kicaumania terhadap burung ini, mari kita simak tips memilih dan merawat burung decu belang.

Burung decu belang atau Pied bush-chat yang pernah popular di era 1990an.
Burung decu belang / pied bush-chat yang pernah popular pada era 1990an.

Ada beragam jenis burung decu yang dikenal dan ditemukan di wilayah Indonesia. Namun hanya beberapa jenis saja yang popular di kalangan kicaumania, salah satunya adalah decu belang / pied bush-chat (Saxicola caprata).

Burung berpenampilan cantik ini pernah mengalami masa jayanya pada era sebelum tahun 2000. Saat itu, banyak kicaumania yang tertarik merawatnya untuk tujuan dilombakan. Apalagi burung ini mempunyai kelasnya tersendiri sebagaimana lovebird, kacer, atau murai batu.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Namun dalam beberapa tahun terakhir, popularitas burung decu mulai menurun. Banyak kicaumania yang enggan memeliharanya, karena menganggap burung decu belang rentan stres dan macet bunyi. Padahal jika dirawat secara baik, burung decu memiliki suara yang bagus dan gaya tarung yang sangat elok ketika berkicau.

Dalam perawatannya, tidak jarang burung decu hanya mengeluarkan suara ngeriwik saja dan tidak mau bersuara lantang. Untuk mengatasinya, diperlukan perubahan pola perawatan harian, terutama untuk pakan tambahan / EF yang harus ditambah. Terlebih jika burung tersebut sedang kurang fit atau memasuki masa mabungnya.

Berikut ini tips singkat bagaimana memilih burung decu belang bakalan yang baik dan memiliki kriteria lomba. Jika belum ada EO yang mau membuka kembali kelas decu, Anda bisa menurunkannya di kelas campuran lokal maupun campuran bebas.

Tips memilih burung decu belang bakalan:

  • Pilihlah burung yang bermental bagus
    Mental burung yang baik itu dapat diamati dari penampilannya. Biasanya burung akan tetap mengeluarkan suaranya (ngeriwik), meski didekati dalam jarak cukup dekat.
  • Dengarkan suaranya
    Suara burung decu belang yang dianggap baik antara lain tajam, rapat, bersuara ngerol, sering mengeluarkan suara tembakannya dengan keras.
  • Amati warna dan bentuk tubuh
    Pilihlah burung decu belang yang memiliki warna tegas, cerah, dan mulus. Usahakan bentuk tubuhnya panjang dan ramping, kepala besar dengan bagian atas tampak lebar / ceper, leher lebar, dan bentuk mata yang besar (belo).

Dari kriteria di atas, maka akan bisa diperoleh burung decu belang dengan sifat-sifat sebagai berikut:

  • Rajin berkicau, terutama ketika melihat musuhnya.
  • Memiliki mental yang sangat baik, terutama saat digantuag bersama jenis burung lainnya atau ketika sedang dilombakan.
  • Mempunyai suara kicauan yang rapat, mudah ngerol, dan kristal / lantang.
  • Memiliki kecerdasan dalam meniru suara burung lain, dan pintar mengatur irama lagu-lagu yang dimilikinya (tidak monoton).

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.