Sempur-hujan rimba: Penampilannya garang, suaranya sangar untuk masteran

Burung sempur-hujan rimba / banded broadbill (Eurylaimus javanicus) termasuk salah satu anggota keluarga / famili Eurylaimidae. Burung ini mudah dikenali dari bentuk kepala dan paruhnya yang besar.

Burung sempur-hujan rimba yang berpenampilan sangar
Burung sempur-hujan rimba memiliki penampilan garang.

Sempur-hujan rimba memiliki postur tubuh sedang, dengan panjang sekitar 21 cm. Bulunya berwarna keunguan, dengan paruh besar dan tebal berwarna kebiruan. Punggung dan sayapnya hitam dengan bulubulu kuning panjang/

Adapun kepala dan tenggorokan berwarna merah jambu keabu-abuan. Tubuh bawah ungu. Burung jantan memiliki garis berwarna abu-abu gelap di bagian dadanya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM
Sempur-hujan rimba jantan dengan garis abu-abu gelap pada bagian dada (kiri) dan burung betina dengan dada yang lebih polos
Sempur-hujan rimba jantan (kiri) memiliki garis abu-abu gelap di bagian dada. Adapun burung betina (kanan) memiliki dada yang lebih polos.

Di seluruh dunia terdapat empat spesies burung sempur-hujan. Tiga di antaranya memiliki wilayah persebaran di Indonesia, termasuk burung sempur-hujan rimba. Dua kerabat lainnya yang juga bisa dijumpai di negeri ini adalah:

Sempur-hujan rimba terlihat garang, dengan paruh tebal dan besar, serta suaranya yang terdengar sangar. Sepintas lalu, penampilannya mirip dengan tengkek buto atau tiong-lampu biasa (Eurystomus Orientalis).

Spesies ini terdiri atas lima ras / subspesies, dengan wilayah persebaran tak hanya di Indonesia, melainkan juga ditemukan di Myanmar, Thailand, Indochina, Singapura, dan Semenanjung Malaysia.

Berikut ini kelima ras burung sempur-hujan rimba beserta wilayah persebarannya:

  1. Eurylaimus javanicus friedmanni: Dijumpai di wilayah tenggara Myanmar, Thailand (selatan Isthmus-Kra) dan Indochina.
  2. Eurylaimus javanicus pallidus: Dijumpai di wilayah selatan Thailand, Semenanjung Malaysia, dan Singapura (langka).
  3. Eurylaimus javanicus harterti: Dijumpai di Indonesia, yaitu Sumatera, Kepulauan Riau (Bintan), serta Kepulauan Bangka dan Belitung.
  4. Eurylaimus javanicus brookeiDijumpai di Indonesia, tepatnya di Kalimantan dan wilayah utara Pulau Natuna.
  5. Eurylaimus javanicus javanicus: Hanya dijumpai di Pulau Jawa.

Sempur-hujan rimba menghuni hutan-hutan tropis dan subtropis yang berada dalam wilayah persebarannya. Selain itu, mereka juga sering terlihat di lahan terbuka dan kawasan perkebunan ketika sedang mencari pakan (jangkrik besar, laba-laba, belalang, dan sejenisnya).

Di Sumatera dan Kalimantan, spesies ini bisa ditemukan hingga ketinggian 1000 meter dari permukaan laut (dpl). Adapun Jawa pada ketinggian 1.500 meter dpl.

Burung ini sangat aktif dan sering berpindah tempat dari dataran rendah ke dataran yang lebih tinggi. Meaki begitu, sempur-hujan rimba mudah dikenali dari suara kicauannya yang terdengar sangar: lantang, membahana, terdengar dalam radius cukup luas di hutan.

Berikut suara kicauan burung sempur-hujan rimba untuk masteran:

  • Suara burung sempur-hujan rimba – variasi 1
  • Suara burung sempur-hujan rimba – variasi 2

Unduh semua audionya di sini

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.