4 Alasan Om Tony Music menyukai branjangan, dan tips perawatan Yupiter

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sampai saat ini Om Tony Music tetap konsisten main di kelas branjangan. Kicaumania senior yang tergabung dalam Royal BC ini kerap menjuarai kelas branjangan, baik dalam even akbar / nasional maupun regional (Jabodetabek).

Dulu, Om Tony Music mengoleksi lima ekor branjangan juara. Yang paling fenomenal adalah Pluto dan Neptune (profilnya bisa dilihat di sini). Sayangnya, karena faktor umur, kedua gaco langganan juara ini mati.

Om Tony Music
Om Tony Music dan beberapa branjangan jawara koleksinya.

Namun Om Tony Music sudah punya penggantinya, yakni branjangan Yupiter. Sebagaimana dua pendahulunya, Yupiter kini menjadi salah satu branjangan terbaik di Jabodetabek, tidak kalah dari gaco-gaco hebat lainnya seperti Raja Kutub milik Om Kris, Fortune kepunyaan Om Martinus, dan Mercy andalan Om Donny Marga.

Minggu (17/4) lalu, branjangan Yupiter sukses menjuarai even di Pasar Segar Ronggolawe, Jl Tole Iskandar, Depok. Sebelumnya, Yupiter juga menjuarai Piala Dan Yonif Para Raider 328 / DGH di Depok (27/3).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bahkan, branjangan Yupiter juga pernah masuk tiga besar dalam even nasional Presiden Cup III di Lapangan Parkir Timur Senayan Jakarta, 22 Juni 2014. Saat itu Yupiter menjadi juara 3 di Kelas Perontok & Penumbuh Bulu, serta juara 3 pula di Kelas Vita Grow.

Branjangan Yupiter
Branjangan Yupiter stabil di jalur juara.

Sedikitnya ada empat alasan mengapa Om Tony Music menyukai branjangan, yakni:

  • Lagu-lagunya bagus, bervariasi, dengan volume kencang, dan enak didengar.
  • Kicauan branjangan juga bisa dinikmati di rumah.
  • Cocok dijadikan burung master atau isian untuk berbagai jenis burung kicauan yang lain.
  • Perawatannya relatif mudah.

Tips perawatan branjangan Yupiter

Yupiter kini menjadi andalan Om Tony Music di lapangan. Burung ini memiliki volume yang tembus, dengan lagu yang bervariasi (isian ciblek, lovebird, burung gereja tarung, dan isian lainnya).

“Setiap bertemu musuh-musuhnya, Yupiter akan mengeluarkan isian-isian terbaiknya sambil ngeper buka sayap,” jelas Om Tony Music.

Bagaimana kiat Om Tony Music dalam mengkondisikan gaconya ini sehingga bisa stabil terus di lapangan? Menurut dia, perawatan harian Yupiter tidak jauh berbeda dari perawatan gaco-gaconya yang lainnya.

“Saya selalu memberikan canary seed sebagai pakan utamanya, didukung EF (extra fooding) berupa jangkrik ukuran kecil, masing-masing empat ekor pada pagi dan sore harinya, serta sedikit ulat kandang. Siang hari saya beri kroto segar, tapi hanya dua hari sekali,” jelasnya,

Setiap pagi, habis buka krodong, burung dianginkan sebentar sebelum dijemur. Jika burung terlalu birahi, Om Tony biasanya akan memandikannya dengan cara disemprot.

Durasi penjemuran cukup lama, sejak pagi hingga siang hari sekitar pukul 12.00 (tergantung kondisi cuaca). Sore hari, apabila cuaca terasa panas, burung terkadang dijemur kembali.

Penjemuran burung branjangan
Branjangan Yupiter dijemur sejak pagi hingga pukul 12.00.

Menjelang petang, burung dikerodong dan diistirahatkan sampai keesokan harinya. Dengan perawatan sederhana seperti itulah, Yupiter tetap stabil di jalur juara.

Selain branjangan, Om Tony Music juga memiliki gaco-gaco hebat di kelas lainnya. Misalnya lovebird Super Music dan Golden Music hasil ternak sendiri (Music BF). Dulu dia juga punya cucak hijau Music yang pernah melegenda. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.