Akibat hujan, Latpres Randu Alas BC Adiwerna diundur Senin (4/7)

Latpres Randu Alas BC batal digelar di Jalan Seruni RT 08 / RW 01 Desa Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Senin (27/6) lalu. Padahal sudah banyak kicaumania yang datang ke lokasi lomba. Namun karena hujan yang turun sejak pukul 14.00, dan gantangan belum memiliki atap, panitia memutuskan untuk menunda latpres pada hari Senin 4 Juli 2016.

“Mohon maaf dan mohon dimaklumi,  situasi dan cuaca memang kurang menguntungkan. Sebagai gantinya, hari ini kita gelar Latber Medium Class saja,” kata Om Yanto Sate, ketua Randu Alas BC.

Kebijakan ini cukup melegakan para peserta yang sudah terlanjut datang dari berbagai daerah di Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Brebes.

Latpres Rancu Alas BC
Latpres Randu Alas BC ditunda akibat hujan. Sebagai gantinya digelar Latber Medium Class.

Latber dadakan digelar dalam kondisi gerimis belum reda. Akibatnya, para peserta menggantang burungnya dengan membiarkan kerodong tetap menempel di bagian atas sangkar, untuk menahan guyuran hujan.

Namun panitia hanya bisa membuka enam sesi saja, yakni lovebird (Mega Bintang dan Bintang), serta pleci, kacer, kenari, dan cucak hijau di Kelas Mega Bintang. “Peserta pun seadanya, yaitu mereka yang tetap ingin menggantang burungnya,” kata Om Ipung, pelaksana Latpres / Latber Randu Alas BC.

Dua kelas lovebird berlangsung seru dan dimenangi burung yang berbeda. Om Shoni (Tim BSF Tegal) menurunkan lovebird Go-ex Go-nyek yang sedang meroket performanya. Burung ini menjuarai Kelas Mega Bintang, unggul atas LB Vely besutan Om Comeng (Pesayangan) dan Soimah milik Om Wasis (Karpel BC Tarub).

“Go-Ex  Go-Nyek memang dalam kondisi terbaiknya. Dalam minggu ini selalu nangkring di posisi terhormat, mulai dari Bahari BC Tegal, Kalinyamat BC, dan sekarang Randu Alas BC,” kata Om Shoni.

Lovebird Go-Ex Go-Nyek
Lovebird Go-Ex Go-Nyek milik Om Shoni.

Kelas Bintang dimenangi lovebird Revallina koleksi Om Yudy (Kalipinang BF), mengungguli Dampar andalan Om Daffa Ananda (Tegal Family) yang membuntuti di peringkat kedua. Sehari sebelumnya, Revalinna meraih juara 1 dalam Latpres Weringin BC di Songgom.

Kenari Gran Max, gaco anyar Om Yayan (PPKT 073), tampil sebagai juara 1, disusul Goler besutan Om Agus (Aero PPKT). Sayangnya, kenari hanya bisa dimainkan sekali.

Om Yayan dan kenari Gran Max
Om Yayan moncer bersama kenari Gran Max.

Om Iyank, kicaumania asal Tembok Luwung, sukses bersama cucak ijo Matrix. Gaconya juga meraih juara 1, unggul atas atas Satelit kepunyaan Om Boye (Pesayangan).

Cucak hijau Matrix milik Om Iyank
Cucak hijau Matrix milik Om Iyank.

Pleci Naga Bonar milik Om Zuqi (X-Gawe 220 Volt Tegal) menjadi yang terbaik di kelasnya. Naga Bonar juga menang pada Ltpres Jumat Kliwonan di Karpel BC Tarub (24/6). Kelas Kacer dimenangi Sangkakala milik Om Ipunk (Tegal).

Juara 1 pleci
Juara 1 pleci kelas Mega Bintang.

Lovebird Ratu Elzatta raih BITC Edisi Juni 2016

Seusai latber dadakan, panitia Randu Alas BC yang diwakili Om Yanto Sate menyerahkan penghargaan Best in the Class (BITC) edisi Juni 2016 untuk kelas lovebird.

Penghargaan berupa uang pembinaan, piagam, dan trofi jumbo itu diberikan kepada Om Dhany, pemilik lovebird Ratu Elzatta yang memuncaki peroleh poin BITC edisi Juni (325 poin). Peringkat kedua dan ketiga diraih lovebird Suarez (250) milik Om Abie BB (Dayak SF Tegal) dan Kimcil (225) koleksi Nobita SF (Harjosari Kidul).

Lovebird Ratu Elzatta
Lovebird Ratu Elzatta raih gelar BITC edisi Juni 2016.
Om Dhany dan lovebird Ratu Elzatta
Om Dhany, pemilik lovebird Ratu Elzatta.

Usai penyerahan penghargaan, seluruh kru panitia dan tim juri melakukan buka puasa bersama di warung sate milik Om Yanto.

Panitia Randu Alas BC
Panitia Randu Alas BC dan juri buka puasa bersama.

“Alhamdulillah BITC edisi Juni untuk lovebird telah paripurna. Edisi selanjutnya (Juli 2016), pengitungan poin BITC diberlakukan untuk kelas cucak ijo. Kepada para ijomania, silakan bawa jagoan Anda dalam Latber Randu Alas BC setiap Senin sore mulai jam dua siang,” kata Om Yanto Sate.

Penghitungan poin BITC di Randu Alas BC sama seperti yang diberlakukan di Yudhistira BC Tegal. Setiap juara 1-4 di setiap kelas (Mega Bintang dan Bintang) mendapatkan poin masing-masing 100, 75, 50, dan 25. Poin akan diakumulasikan selama satu bulan penyelenggaraan latber / latpres atau maksimal lima kali latberan. (Julis Nur Hussein)

Hasil Latber Medium Class Randu Alas BC Adiwerna (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.