Benny LWS: Tahun 2017 makin fokus ke kualitas anakan lovebird trah ngekek panjang

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Om Benny Luwes, pimpinan Luwes BC Solo, merupakan sosok yang ulet. Ini telah dibuktikan dari keberhasilannya dalam memiliki dan mengelola salah satu supermarket terkenal di Solo. Di sela-sela kesibukan berbisnis, Om Benny memanfaatkan waktu luangnya dengan beternak lovebird, serta bersama rekan-rekan Luwes BC mengiktui berbagai perlombaan.

“Pada dasarnya, bermain dan beternak lovebird itu hanyalah hobi. Setiap manusia butuh penyaluran hobi, dan saya jatuh cinta sama lovebird. Tetapi kalau hobi juga dapat menghasilkan uang, mengapa tidak?,” ujar Om Benny.

Yang penting adalah manajemen waktu: bisa membagi waktu secara bijak dan tepat. Selain itu, para penghobi harus selalu belajar dan terus belajar mengenai objek yang disukainya, dalam hal ini tentu burung lovebird.

Breeding lovebird Benny LWS Solo
Om Benny LWS bersama koleksi trofi hasil prestasi gaco-gaco lovebirdnya, yang kemudian dijadikan materi indukan di kandang ternak.

Prinsip-prinsip dasar itulah yang selalu dipegang Om Benny, termasuk dalam mengembangkan usaha penangkaran lovebird di bawah bendera Benny LWS. Seperti diketahui, Benny LWS termasuk salah satu breeder papan atas, bukan hanya di Solo Raya, tetapi juga di Blok Tengah.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Saat ini penangkaran lovebird Benny LWS memiliki 35 pasangan induk produktif. Kandang dibangun pada lantai tiga bangunan tokonya. Untuk mengelola penangkaran ini, Om Benny hanya dibantu satu orang perawat saja. Artinya, Om Benny tetap turun tangan langsung.

“Setiap jam tujuh pagi, saya sudah tiba di toko untuk mengurus burung di lantai tiga atau paling atas. Setelah jam sepuluh, saya ganti mengurus toko hingga jam empat sore,” jelas Om Benny.

Seluruh anakan lovebird terdokumentasi lengkap

Seluruh induk yang ada di kandang penangkaran merupakan hasil seleksi ketat, baik jantan maupun betina. Karena Benny LWS memang hanya mencetak trah ngekek panjang, dengan bibit, bobot, dan bebet yang bisa dipertanggungjawabkan.

Karena itu, Om Benny tahu persis  semua anakan yang dihasilkan. Semua itu terdokumentasi secara baik dan lengkap melalui ring kode dan akta lahir supaya valid. Jadi, tatkala ditanya para kolega yang membeli anakan lovebird, Om Benny dapat menjelaskannya secara gamblang dan detail, termasuk silsilahnya, sehingga pembeli pun lega dan puas.

Breeding lovebird Benny LWS Solo
Om Benny LWS menunjukkan akta lahir anakan lovebird.

Kalau menilik ke belakang, sebenarnya Om Benny harus melalui jalan berliku untuk dapat menggapai kesuksesan seperti sekarang, terutama dalam ternak burung berkicau. Sebelum menekuni breeding lovebird, dia lebih dulu beternak kenari yorkshire dan blackthroat.

“Sempat beberapa kali panen, namun hasilnya kurang memuaskan. Selain itu, banyak rintangan dan problem yang harus dilalui. Tapi pengalaman itu sangat berharga dan menjadi modal ketika beralih ke penangkaran lovebird,” tutur Om Benny.

Benar saja! Begitu beralih ke lovebird, Om Benny sudah tak canggung lagi. Dari waktu ke waktu, Om Benny makin piawai dalam mengorbitkan lovebird sehingga bisa menjuarai lomba. Saat ini sudah tak terhitung jumlah lovebird hasil ternak Benny LWS yang moncer di lapangan, baik di tangan pemain-pemain Luwes BC maupun rekan-rekan kicaumania lainnya.

Menilik materi indukan Benny LWS

Sebagian kolega dekatnya sudah tahu materi indukan yang ada di kandang Benny LWS. Tentu banyak juga yang belum mengetahuinya. Nah, berikut ini beberapa indukan paling favorit atau banyak dicari / dibuking kalangan lovebird mania:

  • Luwes
  • Sekar Mayang
Breeding lovebird Benny LWS Solo
Om Benny LWS bersama lovebird Sekar Mayang.
  • Sarmi
  • Dahlia
  • Sekartaji
  • Rondo Royal
Lovebird Rondo Royal
Lovebird Rondo Royal
  • Seroja
  • Denox
  • Sulastri
  • Sekar Ayoe
Lovebird Sekar Ayoe
Lovebird Sekar Ayoe

Tentu saja induk-induk lainnya tetap memiliki kualitas hebat, karena merupakan hasil seleksi ketat berdasarkan track record prestasinya selama di lapangan, serta durasi ngekek panjangnya.

Hal ini bisa dibuktikan dari sejumlah lovebird hasil breeding Benny LWS yang moncer di tangan para pembeli, baik di Pulau Jawa maupun luar Jawa.

Breeding lovebird Benny LWS Solo
Piyikan yang masih diloloh pun sudah dipesan pembeli.

Om Benny juga selalu mempertahankan tren penjurian terkini sebagai dasar dalam menghasilkan anakan lovebird berkualitas. “Misalnya punya suara (ngekek) yang panjang, rajin bunyi, mempunyai mental bertempur yang bagus, dan keutuhan fisiknya,” jelasnya.

Breeding lovebird Benny LWS Solo
Om Benny usai menyeleksi anakan lovebird yang punya bakat ngekek panjang.

Karena itulah, memasuki tahun 2017, Benny LWS makin fokus dalam menghasilkan anakan lovebird trah ngekek panjang, plus beberapa kriteria pendukung lainnya seperti rajin bunyi dan punya mental tempur yang bagus.

Breeding lovebird Benny LWS Solo
Anakan lovebird trah ngekek panjang hasil breeding Benny LWS.

Kalau rekan-rekan breeder yang lain sepakat dengan kriteria seperti ini, tentu tak akan terjadi lagi kasus penurunan harga lovebird seperti yang terjadi awal tahun 2016.

“Waktu itu saya tak mau ikut-ikutan menurunkan harga. Saya yakin, kalau memang berkualitas, para penghobi sejati tidak pernah mempersoalkan harga. Akhirnya terbukti, masih banyak lovebird mania yang membeli di tempat saya,” kata Om Benny.

Breeding lovebird Benny LWS Solo
Anakan terlihat bongsor, sebagian sudah dipesan pembeli.

Setiap bulan, Benny LWS rata-rata bisa memanen sekitar 20-30 ekor anakan. Anakan yang menetas tetap dalam perawatan induknya sampai berumur dua minggu. Setelah itu dipanen, dan dipindah ke kandang pembesaran untuk diloloh perawat. Dengan cara begitu, induk akan kembali berproduksi.

Breeding lovebird Benny LWS Solo
Om Eko Japrak (kiri), perawat LWS, bersama Om Darmawan alias Pak Itheng.

Harga seekor anakan lovebird dengan umur 1,5 – 2 bulan dibanderol mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 juta, tergantung kualitas induk dan kondisi burung itu sendiri. Jika Anda ingin meminang anakan lovebird trah ngekek panjang, silakan kontak langsung Om Benny Luwes.

Breeding lovebird Benny LWS Solo
Om Eko memandikan, menjemur, serta mengumbar anakan lovebird untuk menguatkan fisiknya.
Breeding lovebird Benny LWS Solo
Anakan lovebird umur 1,5-2 bulan usai dimandikan.

Artikel terkait :

logo terbaru menghadapi tahun 2017

Om Benny Luwes / Benny LWS

(Breeder lovebird trah ngekek panjang. Alamat dan nomer kontak lengkap lihat di sini).

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.