Solusi alternatif mengatasi lovebird yang gemar ngeruji dengan sekat pembatas atap sangkar

Kebiasaan lovebird yang suka merambat pada jeruji sangkarnya, atau kerap disebut ngeruji, kerap membuat jengkel pemiliknya. Apalagi jika perilaku tersebut muncul pada saat burung sedang dilombakan, kecuali di kelas aksi bebas. Meski berbagai cara telah dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruknya, belum tentu perilaku buruk itu bisa dihilangkan. Kalau begitu, Anda bisa mencoba solusi alternatif mengatasi lovebird yang gemar ngeruji berikut ini.

Solusi alternatif atasi lovebird yang gemar ngeruji
Solusi alternatif untuk mengatasi lovebird yang gemar ngeruji.

Seperti pernah dijelaskan dalam beberapa artikel sebelumnya, banyak faktor yang menyebabkan lovebird berbunyi sambil ngeruji. Misalnya belum cukup umur/belum mapan, masalah birahi, faktor kebiasaan atau karakter lovebird itu sendiri.

Lovebird yang gemar ngeruji sebenarnya merupakan permasalahan yang sangat umum. Pasalnya, sebagian besar burung paruh bengkok (parrot) memang suka berjalan dengan cara merambat menggunakan kedua cakarnya serta paruhnya. Adapun jenis burung kicauan yang lain umumnya berjalan dengan cara melompat-lompat.

Meski demikian, banyak pemain lovebird yang ingin momongannya tampil sempurna, terutama ketika dilombakan. Burung yang berbunyi sambil ngeruji tentu akan mengurangi penampilannya, kecuali pada kelas aksi bebas di mana lovebird ngeruji maupu turun ke dasar sangkar tetap akan dinilai, sepanjang burung tetap rajin bunyi.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Untuk mencegah kondisi ini terus berulang, banyak kicaumania yang mengakalinya dengan berbagai cara. Biasanya, perilaku ngeruji yang muncul saat lovebird dilombakan berkaitan dengan kondisi birahinya yang belum stabil.

Untuk menstabilkan birahinya, diperlukan sedikit perubahan dalam pola perawatan hariannya. Beberapa tindakan yang umum dilakukan para pemain lovebird untuk mengurangi birahi momongannya antara lain:

  • Memandikan burung pada malam hari / mandi malam.
  • Mengurangi pemberian pakan yang bisa memicu birahinya, seperti kangkung, jagung, kuaci, dan biji-bijian lain selain milet putih.
  • Mengurangi durasi penjemuran.

Informasi lengkap mengenai metode dan cara perawatan untuk mengatasi lovebird yang sering ngeruji dapat dilihat kembali dalam dua tulisan berikut ini:

Nah, jika cara-cara tersebut tidak membuat lovebird menghentikan kebiasaan ngerujinya, Anda bisa mencoba solusi alternatif berikut ini. Intinya, kita perlu perlu membatasi ruang gerak lovebird dalam sangkarnya.

Membatasi ruang gerak bisa dilakukan dengan memberikan pembatas / sekat pada bagian atap sangkar. Sekat akan berfungsi sebagai plafon yang bisa menghalangi gerakan lovebird saat ngeruji. Akibatnya, lovebird akan merasa tak nyaman dan lebih memilih tetap berada di tenggeran.

Pembatas untuk atap sangkar dapat dibuat sendiri dari bahan-bahan seperti plastik, fiber, atau akrilik / mika. Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda cukup membuat pola lingkaran sesuai dengan diameter sangkarnya. Setelah dipotong, sekat dapat dipasang dengan menggunakan tali ties atau cable ties.

Atap plafon untuk sangkar burung
Contoh pembatas sangkar yang digunakan | Foto: Bukalapak / Toko Sanjaya

Tetapi jika tidak mau repot, Anda juga bisa membelinya dalam bentuk jadi, karena banyak ditawarkan di berbagai forum jual-beli online.

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.