Branjangan Jupiter benar-benar super: Kondisi mabung pun tetap double winner

Om Tony Music termasuk kicaumania sejati. Dia tak hanya aktif di lapangan, tetapi sukses pula sebagai breeder sekaligus pengorbit lovebird trah unggulan. Om Tony Music juga bukan hanya menguasai lovebird, melainkan berbagai jenis burung lainnya, termasuk branjangan.

Branjangan Jupiter
Branjangan Jupiter andalan Om Tony Music.

Bahkan nama Om Tony Music sudah identik dengan branjangan jawara. Pasalnya dia cukup konsisten main di kelas ini, dan kerap moncer bersama branjangan Jupiter.

Belum lama ini, Jupiter mencetak double winner dalam lomba burung berkicau Prabu Cup 2 di Tangerang, Minggu (12/3). Dalam Piala Oplet di Tangerang, 19 Februari 2017, Jupiter juga dua kali meraih juara pertama.

Hebatnya, prestasi Jupiter di gelaran Prabu Cup 2 (12/3) di Tangerang Banten kemarin, kondisi burung dalam keadaan mabung alias rontok bulu.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Awalnya, Om Tony memiliki lima ekor branjangan, tiga di antaranya sering berprestasi, yaitu Jupiter, Pluto, dan Neptune. Sayangnya, dua burung yang disebut terakhir sudah mati kerena memang sudah tua.

Kini Om Tony mengandalkan pada branjangan Jupiter dan Bumi Langit. Dalam Prabu Cup 2, branjangan Bumi Langit juga masuk tiga besar. Kalau Jupiter memang termasuk simpanan lawas, dan kerap moncer dalam even-even akbar.

Om Tony Music
Om Tony Music bersama branjangan Jupiter dan Bumi Langit.

Branjangan Jupiter pernah menjadi juara ketiga dalam even nasional Presiden Cup III, serta juara kedua Presiden Cup IV di Jakarta, 2 Oktober 2016.

Keunggulan Jupiter antara lain volumenya tembus, dengan suara kristal, materi lagunya bervariasi dan enak didengar saat membawakan isian suara jangkrik, walet, burung gereja tarung, diselingi suara ciblek, lovebird, dan isian lainnya.

“Semua lagu dibawakannya sambil ngeper buka sayap saat ketemu lawan-lawan di lapangan. Durasi kerjanya juga maksimal. Begitu kerodong dibuka, masuk lapangan, digantang, hingga diturunkan dari gantangan, branjangan Jupiter selalu gacor,” ujar Om Tony Music.

Mental bertarung Jupiter juga sudah teruji. Bahkan ketika mencetak double winner dalam Prabu Cup 2, burung ini sebenarnya dalam kondisi kurang maksimal, karena memasuki masa mabung (rontok bulu).

“Iya, saat turun di lapangan, banyak bulu sayapnya yang jatuh. Tetapi burung tetap fight di lapangan, tak mau kalah dari musuh-musuhnya,” tambah Om Tony.

Perawatan branjangan Jupiter

Bagaimana kiat Om Tony dalam mengkondisikan branjangan Jupiter sehingga bisa stabil di lapangan? Menurutnya, perawatan keseharian Jupiter tidak jauh berbeda dari branjangan-branjangan koleksinya yang lain.

Pakan utama berupa canary seed, didukung extra fooding (EF) berupa jangkrik ukuran kecil dan sedikit kroto. Porsi jangkrik sebanyak 4 ekor pada pagi hari, dan 4 ekor lagi pada sore hari.

Om Tony Music dan branjangan Jupiter
Om Tony Music bersama branjangan Jupiter.

Setiap pagi, kerodong sangkarnya dibuka, kemudian burung dianginkan sebentar. Setelah itu mandi semprot, terutama jika birahinya meningkat. Habis itu dijemur hingga siang pukul 12.00, tergantung kondisi cuaca. “Sengaja saya jemur lama, biar staminanya tetap kuat,” jelasnya.

Selain branjangan, Om Tony Music juga sukses menangkar lovebird trah juara dan lovebird warna eksotik. Bahkan beberapa produknya kerap moncer di lapangan, baik di tangan para pemain lainnya maupun saat masih di tangan Om Tony. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.