Tips memodifikasi kandang umbaran agar berayun otomatis

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sesuai dengan namanya, kandang umbaran (polier) didesain khusus sebagai tempat bagi burung piaraan agar dapat bergerak lebih leluasa, termasuk terbang meski dalam kapasitas terbatas. Selain bisa menguatkan stamina burung, kandang umbaran juga diyakini bisa melatih pernafasan burung piaraannya. Saat ini banyak yang memodifikasi kandang umbaran agar berayun otomatis, tanpa repot-repot mengusir burung untuk pindah tenggeran. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Memodifikasi kandang umbaran burung
Memodifikasi kandang umbaran burung agar bisa berayun otomatis.

Biasanya kandang umbaran digunakan sebagai tempat latihan terbang untuk burung kicauan yang selama ini hanya bergerak terbatas di dalam sangkar harian. Hal ini dilakukan beberapa hari sekali untuk tujuan kebugaran, sekaligus melatih otot-otot sayapnya, serta bisa menghilangkan stres dan sebagai sarana bermain bagi burung.

Di dalam kandang umbaran biasanya terdapat dua buah tenggeran yang ditempatkan terpisah pada masing-masing ujung kandang. Kicaumania akan membiarkan burung melakukan berbagai aktivitasnya di dalam kandang umbaran, termasuk terbang. Kalau burung kurang aktif bergerak, para kicaumania sering menggunakan peralatan lain seperti sapu lidi agar burung segera berpindah tenggeran.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Namun mengusir burung agar lebih aktif bergerak dalam kandang umbaran tentu memerlukan banyak waktu dan tenaga, apalagi jika kicaumania terlalu sibuk dengan aktivitas pekerjaan. Agar proses pelatihannya bisa berlangsung tanpa campur tangan pemilik, aneka cara dilakukan mulai dari penggunaan tenggeran berayun sampai pemanfaatan bola-bola plastik yang berwarna warni.

Saat ini, tren kandang umbaran sepertinya mulai beralih dari manual ke semi-otomatis, sehingga burung bisa makin aktif bergerak tanpa perlu disuruh / diusir. Cara yang dilakukan adalah memodifikasi kandang umbaran yang sudah ada.

Namun perlu diperhatikan, yang bisa dimodifikasi adalah kandang umbaran yang tidak memiliki kaki-kaki maupun yang permanen. Jadi yang dapat dimodifikasi adalah kandang umbaran model gantung, baik yang berbentuk bulat maupun kotak persegi.

Sebelum memodifikasi kandang umbaran, Anda membutuhkan tiang penyangga yang terbuat dari kayu kaso atau bahan material lainnya. Tiang ini nantinya akan digunakan sebagai poros atau untuk mengangkat kandang umbaran agar seimbang.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pada bagian ujung tiang penyangga ditancapkan sebuah paku / baut berukuran panjang. Baut / paku nantinya akan dikaitkan pada lubang-lubang kawat yang berada tepat di tengah kandang umbaran. Hal ini bertujuan agar kandang bisa bergerak bebas naik turun seperti ayunan.

Salah satu model tiang penyangga yang bisa dibuat
Salah satu model tiang penyangga yang bisa dibuat.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Setelah kandang umbaran menempel pada tiang penyangga, Anda bisa memasukkan beberapa bola plastik warna warni. Bola-bola itulah yang nantinya akan mengusir burung untuk berpindah tenggeran sehingga kandang umbaran akan bergerak naik-turun.

Burung yang berpindah ke tenggeran lain akan memiringkan kandang umbaran sehingga bola-bola tersebut bergulir ke arah tempat burung tersebut bertengger. Hal ini akan terus berulang-ulang sampai proses pelatihan berakhir, yaitu ketika burung dipindahkan ke dalam sangkar hariannya.

Tertarik membuatnya? Untuk referensi, silakan simak video kicaumania kreatif yang sudah berhasil memodifikasi kandang umbaran mereka sendiri menjadi kandang umbaran model baru.

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.