Cara merawat kenari spanish timbrado plus pemasterannya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cara merawat kenari spanish timbrado plus pemasterannya –Kenari spanish timbrado dikenal sebagai kenari penyanyi, karena suaranya yang mengalun panjang dan merdu. Meski demikian, ada juga penangkar yang mencoba mengembangkannya sebagai kenari warna. Perawatan spanish timbrado membutuhkan lebih banyak perhatian, terutama untuk membuatnya lebih rajin bunyi dengan alunan lagu-lagunya yang panjang.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Cara merawat kenari spanish timbrado
Spanish timbrado, kenari asal Spanyol yang memiliki suara mengalun panjang dan merdu.

Sejarah kenari spanish timbrado berawal pada tahun 1940 – 1950. Varietas kenari ini merupakan hasil silangan dari kenari liar dan kenari penyanyi dari Spanyol. Nama spanish timbrado diambil dari sebuah alat musik khas Spanyol, yaitu castenet, yang memiliki suara yang berirama, kencang, dan cepat, mirip suara kicauan burung tersebut.

Cara merawat kenari spanish timbrado, baik hasil ternakan lokal maupun ring impor, pada dasarnya tidak mudah. Ada tingkat kesulitan tersendiri. Selama ini keluhan yang kerap muncul adalah burung kurang rajin berkicau, serta cenderung bersuara pendek atau putus-putus, sehingga tidak sesuai dengan namanya yang cantik.

Cara merawat kenari spanish timbrado

cara merawat kenari spanish timbrado
Cara merawat burung kenari spanish timbrado.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Untuk merawat kenari spanish timbrado, dibutuhkan konsistensi atau perawatan harian yang rutin dan teratur. Hal ini sangat penting, agar burung lebih aktif, lincah, dan rajin bunyi. Berikut ini perawatan harian yang bisa diterapkan untuk kenari spanish timbrado:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Keluarkan kenari pada pagi hari untuk diembunkan.
  • Setelah matahari terbit, keluarkan tempat pakan dan air minumnya. Selanjutnya, mandikan burung dengan cara memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya.
  • Bersihkan sangkar dari kotoran, lalu ganti pakan dan air minumnya dengan yang baru /segar.
  • Secara berkala, 2-3 hari sekali, air minum dicampur dengan multivitamin seperti BirdVit untuk menjaga agar kondisinya selalu fit dan tidak mudah terserang agen penyakit (bakteri, virus, jamur, parasit, dll).
  • Jemur kenari seperlunya saja, atau dengan durasi penjemuran tidak lebih dari 2 jam.
  • Setelah dijemur, kenari dipindahkan ke tempat teduh. Berikan pakan tambahan (EF) berupa buah dan sayuran yang bervariasi setiap harinya. Buah dan sayuran tersebut bisa terdiri atas potongan apel, daun sawi putih / hijau, jagung muda, dan oyong.
  • Setiap beberapa hari sekali, kenari dapat diberikan telur puyuh rebus maupun egg food.
  • Selama diangin-anginkan di tempat teduh, kenari dapat dimaster.
  • Menjelang malam, sangkarnya dikerodong penuh, sehingga burung bisa beristirahat total sampai esok harinya.

Pemasteran kenari spanish timbrado: Pilih ori atau variasi

Seperti jenis kenari lainnya, spanish timbrado mempunyai kemampuan meniru aneka suara kicauan burung lainnya. Karena itu, pemasteran dengan suara yang tepat bisa menentukan karakter suara kenari tersebut: apakah menjadi burung yang tampil mewah dengan suara aslinya yang panjang, atau memiliki suara variasi isian tetapi suaranya asli lebih pendek.

Jika menginginkan spanish timbrado lebih rajin bunyi dengan suaranya yang mengalun panjang, pemasteran dapat dilakukan dengan menggunakan suara rekaman dari kenari sejenis maupun jenis lainnya seperti american singer atau slavujar  yang terkenal dengan suara kicauannya yang ngerol dan penuh tembakan.

Itulah tips singkat mengenai cara merawat kenari spanish timbrado plus pemasterannya agar lebih rajin bunyi dan bersuara panjang.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.