Kenari Orange Juice dan tips perawatan setelan kenceng

Kenari Orange Juice termasuk jenis AF. Gaco andalan Om Putra Iyud (3 People) ini termasuk kenari tipe setelan kenceng / petarung (fighter), dan salah satu kenari jawara di Jogja. Berbagai even pernah dimenanginya, mulai dari skala latberan, latpres, hingga lomba tingkat nasional. Kenari Orange Juice pernah menjuarai even nasional Piala Candi Borobudur di Magelang, 21 Mei lalu.

kenari Orange Juice
Orange Juice ternasuk kenari tipe setelan kenceng.

Saat itu, kenari Orange Juice menjuarai Kelas Kalitan Ebod Vit. Pekan sebelumnya, ketika berlaga dalam Latpres Krajan di Godean, Sleman (14/6), kenari Orange Juice sukses mencetak kemenangan hattrick.

Menurut Om Iyud, kenari Orange Juice mampu bermain dalam segala kondisi, baik di gantangan tengah maupun pinggir, baik siang maupun malam hari, baik dalam cuaca cerah maupun mendung / hujan.

Ciri khasnya sama seperti gaya kenari mewah lainnya, yaitu ngawet. dan mempunyai volume tembus. “Saya lebih sering menggantangnya di pinggir agar bisa terpantau jelas oleh juri,” tutur Om Iyud.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Gaya ngawet memang sedang ngetren, di mana kenari bunyi dalam posisi badan tegap. Kedua kaki mencengkeram tangkringan dengan kuat, dan ekornya turun / condong ke depan. Jika dilihat sepintas, posturnya terlihat seperti setengah lingkaran atau mengawet / mengapit tangkringan.

kenari Orange Juice
Orange Juice: Main di gantangan tengah dan pinggir tetap oke.

Keunikan lainnya dari kenari Orange Juice adalah tidak perlu dicas dengan burung sejenis jelang lomba. Bahkan Om Iyud selalu menjauhkannya dari kenari-kenari lainnya sebelum naik gantang. Di rumah, gaco ini juga tak pernah menggunakan kandang umbaran.

Orang Juice merupakan kenari tipikal setelan kenceng alias petarung (fighter). Karena itu, burung tidak perlu dicas. Kalau dicas, Om Iyud justru khawatir gaconya malah rusak.

Om Iyud
Om Iyud ketika moncer bersama kenari Orange Juice.

Perawatan kenari Orange Juice

Bagaimana cara merawat kenari tipikal setelan kenceng seperti Orange Juice? Berikut ini tips singkat dari Om Iyud.

  • Pakan utama tetap biji-bijian.
  • Extra fooding (EF) terdiri atas sawi, jagung, dan apel yang diberikan rutin setiap hari.
  • Jadwal mandi cukup dua hari sekali, agar kenari tak kaget dengan air. Burung dipancing dulu dengan disemprot halus. Kalau sudah tenang, kenari akan mandi sendiri.
  • Penjemuran dilakukan setiap pagi mulai pukul 07.00, dengan durasi 2-3 jam. Makin sering dijemur, kinerja burung makin bagus.
  • Kebersihan kandang harus selalu dijaga, agar burung merasa nyaman dan selalu sehat.
  • Dua hari sebelum lomba (H-2), burung diberi telur puyuh, untuk mendongkrak staminanya.
  • Selain telur puyuh, Orange Juice juga diberi kroto, yang bagus pula untuk stamina kenari.
kenari Orange Juice
3 People SF bersama Orange Juice ketika menjuarai Piala Candi Borobudur.

Menurut Om Iyud, melatih mental kenari sangat diperlukan, khususnya bagi pemain pemula maupun pemain yang mempunyai kenari dengan setelan kenceng.

Jika ingin melatih kenari agar menjadi petarung, kita dapat menempelkannya atau dicas dengan kenari yang sudah mapan. Selain itu, burung harus sering dibawa ke lapangan.

kenari Orange Juice
Om Iyud saat menggantang Orang Juice di KM Cepoko Mulyo.

“Saat di lapangan, burung bisa dicoba pada beberapa posisi gantangan. Tujuannya agar kenari terbiasa dengan lingkungan perlombaan.

Meski baru dua tahun di tangan Om Iyud, kenari Orange Juice sudah sering berprestasi. Tak heran jika banyak rekan pemain yang berminat meminangnya.

Sampai saat ini, Om Iyud belum berniat melepas jagoannya itu. Bahkan kenari Orange Juice mulai disiapkan menghadapi even nasional Piala Raja di Candi Prambanan, 24 September mendatang.

“Tahun lalu, Orange Juice hanya masuk sepuluh besar di Piala Raja. Obsesi saya, kali ini bisa masuk tiga besar. Setelah itu, mungkin saya siap melepasnya, asal harganya cocok,” tandas Om Iyud. (Galuh Candra)

 
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.