Kapan saatnya memotong kuku burung piaraan?

Kapan saatnya memotong kuku burung piaraan? –Sebagian kicaumania menganggap, memotong kuku burung adalah pekerjaan yang meresahkan. Mereka umumnya takut kalau momongannya menjadi stres, lantas macet bunyi, terutama setelah burung ditangkap tangan untuk dipotong kukunya. Sebagai panduan, berikut ini waktu yang tepat untuk memotong kuku burung piaraan.

memotong kuku burung
Menentukan waktu yang tepat untuk memotong kuku burung piaraan.

Memotong kuku burung yang terlalu panjang merupakan salah satu bentuk perawatan yang penting untuk menjaga kesehatan dan kondisi burung tersebut.

Anda tak perlu risau atau takut kalau burung menjadi stres dan macet bunyi setelah dipegang dan dipotong kukunya. Kondisi ini biasanya hanya berlangsung beberapa menit saja. Setelah itu, burung kembali beraktivitas normal seperti biasa.

Namun sebelum melakukannya, sebaiknya perlu diketahui beberapa tanda serta waktu yang tepat untuk memotong kuku burung. Jangan sampai kuku yang masih pendek ikut dipotong, karena bisa menyebabkan pendarahan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berikut ini beberapa tanda dan waktu yang tepat untuk memotong kuku burung kicauan:

1. Mengamati kuku

Kuku burung yang panjang mudah diamati dengan mata telanjang. Hal ini bisa menjadi salah satu tanda paling jelas bahwa burung membutuhkan pemangkasan kuku, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Burung selalu mengangkat sebelah kakinya

Mengangkat salah satu kaki saat bertengger tak hanya dilakukan burung yang sedang sakit atau mengalami bengkak di kakinya. Terkadang, hal ini juga dilakukan burung dengan kuku kaki terlalu panjang. Kuku yang terlalu panjang akan membuatnya tidak nyaman bertengger, sehingga selalu mengangkat salah satu kakinya.

3. Burung lebih senang berada di dasar sangkar

Ketika kukunya terlalu panjangm beberapa jenis burung, merasa lebih nyaman ketika berada di dasar sangkar. Apalagi jika lantai sangkar dilapisi karpet atau kertas penampung kotoran. Hal ini disebabkan burung kurang nyaman ketika bertengger, lantaran kukunya sudah terlalu panjang.

4. Terdapat luka gores

Salah satu periaku yang umum dilakukan burung adalah menggaruk tubuhnya yang gatal dengan menggunakan jari-jari kakinya. Rasa gatal biasanya muncul akibat peradangan, infeksi jamur, dan gigitan kutu.

Nah, jika kuku burung terlalu panjang, garukan tersebut bisa menimbulkan luka gores pada kulitnya. Karena itu, ketika menemukan luka goresan di bagian tubuh dan kulitnya, segera cek kondisi kukunya. Jik memang sudah panjang, tidak alasan untuk tidak memotongnya.

5. Terasa sakit ketika dipegang

Burung yang jinak biasanya sering dimainkan dengan tangan oleh pemiliknya. Namun jika muncul rasa sakit ketika memegang atau menaruh burung untuk bertengger di tangan atau bahu Anda, berarti kuku-kukunya sudah terlalu panjang dan membutuhkan pemangkasan segera.

6. Gerakan terhambat, sering tersangkut jeruji sangkar

Kuku yang terlalu panjang juga akan menyebabkan gerakan burung terhambat ketika beraktivas di dalam sangkarnya. Sering juga ditemukan burung yang tergantung karena kukunya tersangkut di sela-sela jeruji sangkar.

Hal ini tak bisa dibiarkan, karena ada potensi kuku burung mudah copot sehingga bisa memengaruhi penampilannya. Untuk mengatasinya, segera lakukan pemotongan kuku-kukunya yang panjang tersebut.

7. Ketika burung hendak diternak

Kendala yang kerap dihadapi peternak burung adalah induk betina tak kunjung bertelur, kendati terlihat sudah kawin. Salah satu hal penyebabnya adalah proses perkawinan tidak berlangsung sempurna, akibat kuku burung jantan yang terlalu panjang.

Kuku burung jantan yang terlalu panjang bisa menyakiti betina saat proses perkawinan. Karena proses perkawinan / kopulasi tidak sempurna, pembuahan pun terancam gagal, sehingga telur infertil (gabuk).

Karena itu, sebelum memulai beternak burung kicauan, sebaiknya periksa dulu kuku-kukunya. Kalau terlihat panjang, segera lakukan pemotongan agar proses penangkaran bisa berjalan lancar.

Itulah beberapa tanda dan waktu yang tepat untuk memotong kuku burung piaraan. Proses pemotongan kuku burung sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Panduannya bisa dilihat pada artikel Tips aman memotong kuku burung.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.