8 Jenis tanaman herbal yang baik untuk kenari dan lovebird

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Tanaman herbal memiliki manfaat yang baik untuk stamina dan kesehatan tubuh. Selain biasa digunakan manusia, beberapa jenis tanaman herbal juga dapat diberikan kepada burung piaraan. Berikut ini delapan jenis tanaman herbal untuk kenari dan lovebird.

tanaman herbal untuk kenari dan lovebird
Delapan jenis tanaman herbal untuk kenari dan lovebird.

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah akrab dengan tanaman herbal. Manfaat tanaman ini pun tak hanya bisa dinikmati manusia, tetapi juga untuk beberapa jenis burung piaraan.

Namun tidak semua jenis tanaman herbal bisa diberikan kepada burung. Hanya ada beberapa jenis saja yang cukup aman dikonsumsi dan bermanfaat untuk meningkatkan stamina serta menjaga kondisi burung sepanjang hari.

Apa sajakah itu? Berikut ini delapan jenis tanaman herbal untuk kenari dan lovebird:

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

1 . Daun mengkudu

Daun mengkudu
Daun mengkudu bisa diberikan pada kenari dan lovebird.

Tanaman mengkudu sudah sangat popular di kalangan kicaumania. Selain buahnya, daun dari tanaman ini juga kerap dimanfaatkan sebagai pakan tambahan untuk burung kenari dan lovebird.

Berikut ini beberapa manfaat daun mengkudu untuk burung kicauan:

  • Membantu memulihkan suara serak.
  • Membantu menjaga stamina.
  • Memberi rasa tenang dan nyaman (anti-stres).
  • Megatasi burung yang mengalami kegemukan / obesitas.
  • Memiliki sifat antialergi.

Daun mengkudu yang digunakan para kicaumania harus muda, utuh / mentah, dan digantang di dalam sangkar. Tapi sebelum diberikan, daun harus sudah dibersihkan dari kotoran yang menempel.

2. Daun kemangi

Daun kemanggi
Daun kemangi

Daun kemangi (Ocimum citriodorum) dikenal sebagai lalapan atau salah satu bahan masakan. Ternyata daun yang memiliki aroma sangat khas ini juga banyak dimanfaatkan kicaumania untuk burung piaraannya.

Manfaat daun kemangi yang sudah dibuktikan para kicaumania antara lain:

  • Mengatasi burung yang over birahi (OB).
  • Menyembuhkan burung yang masuk angin.
  • Mengatasi induk kenari dan lovebird yang kurang produktif.

Selain dijadikan pakan, daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat, terutama untuk mengatasi aneka masalah pada kaki burung. Kaki burung yang bengkak akibat gigitan serangga, bumble foot, dan bubulan dapat diobati dengan menempelkan daun kemangi yang telah dilumatkan.

Untuk informasi lengkap mengenai kandungan gizi daun kemangi dan cara pemberiannya untuk burung, silakan buka kembali referensinya di sini.

3. Daun ginseng jawa

Daun ginseng jawa
Daun ginseng jawa untuk kenari dan lovebird.

Ginseng jawa atau dikenal juga dengan nama kolesom jawa sering digunakan rekan-rekan kicaumania untuk kenari dan lovebird. Mereka meyakini, burung kenari dan lovebird yang rutin menyantap daun ginseng jawa akan memiliki stamina prima / fit sehingga membuatnya lebih rajin berbunyi.

Penggunaan daun ginseng jawa untuk kenari dan lovebird sudah lama dilakukan para kicaumania di berbagai daerah. Meski belum ada penelitian ilmiah mengenai kemanfaatannya, banyak kicaumania meyakini betul tanaman ini ampuh dalam meningkatkan daya tahan dan stamina burung.

4. Daun randa tapak

Daun dandelion / randa tapak
Daun randa tapak / dandelion.

Randa tapak / dandelion adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di lingkungan sekitar kita. Tanaman yang masih berkerabat dengan bunga matahari ini juga memiliki manfaat yang bagus untuk burung piaraan.

Di mancanegara, daun dandelion sering digunakan untuk pakan tambahan burung pemakan bijian seperti kenari dan lovebird. Mereka percaya, burung yang rutin mengonsumsi daun randa tapak akan menjadi lebih aktif dan rajin bunyi. Info selengkapnya bisa disimak dalam tulisan di sini.

5. Daun dewa

Daun dewa
Daun dewa.

Masyarakat Indonesia sejak dulu meyakini bahwa daun dewa sangat ampuh untuk mengobati aneka macam penyakit yang diderita manusia. Rupanya, daun dewa juga juga bisa dijadikan pakan tambahan untuk burung.

Berikut ini beberapa manfaat daun dewa untuk burung:

  • Memaksimalkan volume suara.
  • Meningkatkan stamina dan membuatnya lebih aktif berkicau.
  • Anti-peradangan dan anti-stres.
  • Membuat bulu lebih mengkilap, licin, dan halus.
  • Mengatasi burung yang kurus / dada nyilet.
  • Membuat tubuh burung lebih padat / berisi.

Bahkan daun dewa tidak hanya bisa digunakan kenari dan lovebird. Beberapa jenis burung seperti merpati, derkuku, dan perkutut pun sudah merasakan khasiatnya.

6. Daun binahong

Daun binahong
Daun binahong.

Daun binahong merupakan tanaman herbal yang kini banyak dicari kicaumania, terutama penggemar kenari dan lovebird. Daun yang bernama latin Anredera cordifolia (ten) Steenis ini dipercaya dapat mengatasi masalah kenari dewasa yang hanya bersuara ngeriwik saja.

Lihat juga Aneka manfaat daun binahong untuk lovebird

Daun binahong memiliki kandungan saponin, polifenol, alkaloid, minyak atsiri, dan asam oleanolik. Karena itu pula, daun ini cukup dikenal di kalangan masyarakat Indonesia sebagai tanaman obat- yang ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Bagi kicaumania, daun binahong umumnya diberikan dengan cara direbus dan diambil airnya. Air rebusan itulah yang kemudian diberikan sebagai pengganti air minum burung selama masa terapi. Cara lainnya, daun binahong mentah digantung di dalam sangkar.

7. Daun peterseli

Daun peterseli
Daun peterseli dapat diberikan pada burung dalam jumlah kecil.

Peterseli / parsley merupakan tanaman herbal yang kerap dijadikan penghias menu makanan, atau sebagai bumbu masakan. Tanaman ini merupakan keluarga dekat wortel dan seledri.

Di mancanegara, daun peterseli sering diberikan kepada kenari, lovebird, dan parkit. Kendati sangat disukai burung-burung tersebut. pemberiannya jangan terlalu berlebihan.

Banyak yang menganggap daun peterseli mengandung racun, sehingga tidak baik untuk burung. Namun racun yang terkandung di dalamnya berada dalam dosis sangat kecil, sehingga cara pemberiannya pun harus diperhatikan.

Daun peterseli memiliki manfaat yang baik untuk stamina dan produktivitas burung, sehingga banyak diguakan para peternak. Namun, sekali lagi, porsi pemberiannya jangan berlebihan.

Selain itu, pastikan kalau burung tidak mengalami kekurangan mineral. Sebab daun ini mengandung zat yang dapat mengikat kalsium.

Manfaat lainnya adalah bisa membantu pengobatan kaki burung. Caranya, lumatkan daun peterseli, lalu ditempelkan ke bagian yang bengkak / sakit.

8. Daun krokot

Daun krokot
Daun krokot untuk kenari dan lovebird.

Krokot juga termasuk tanaman herbal yang banyak dicari para kicaumania, terutama penggemar kenari. Tanaman liar ini diyakini bisa membuat burung bertambah rajin berbunyi.

Tetapi akhir-akhir ini, krokot makin cukup sulit didapatkan. Agar kicaumania bisa mudah mendapatkannya, disarankan menanamnya dalam pot. Perawatannya pun relatif mudah.

Daun krokot dapat diberikan kepada burung melalui berbagai cara. Misalnya diberikan dalam bentuk utuh / mentah, atau bisa juga diolah menjadi tepung agar bisa dicampurkan dengan pakan lainnya. Detail selengkapnya bisa dilihat dalam artikel: Mengolah daun krokot menjadi tepung untuk burung kicauan.

Itulah delapan jenis tanaman herbal untuk kenari dan lovebird. Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.