Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

47 Comments

  1. Edisi tanya om kicau,ini kenapa ya pleci saya suaranya kaya peluit sandal anak”? Kadang kadang juga ngerik” gitu suaranya kaya mobil waktu di nyalain,sama gimana caranya ngobatinnya?

  2. Permisi om mau tanya, hal ini baru saya alami pertama kali. Kenapa ya kacer saya setiap liat lawan langsung mbagong. Tetapi dengar bunyi berani melawan. Sebelumnya burung sering di ketemukan sama kacer yg masih bahan. Sampai saat ini masih bagong kalo ktmu kacer lain. Burung jinak, kalo di dekatin buka sayap, apakah itu termasuk OB tingkat tinggi. Adakah penanganan khusus yg dapat saya terapkan untk memperbaiki keadaannya. Terimakasih salam kicau kalbar

  3. om saya mau tanya bagaimana perawatan AM agar cepat ngeplong dan teler, karena selama ini saya sudah melakukan banyak cara agar burung AM saya ini bisa ngeplong dan teler mohon pencerahannya

  4. Malam om. Kalo murai betina dari kandang ternak tiba2 lumpuh karena apa yah ? Saya sdh berikan bird pro dan bird vit selama 5 hari tapi tidak ada perkembangan. Makan burung banyak. Thx

    • Tetap lanjutkan pengobatan menggunakan birdpro, turunkan posisi tangkringan hingga 2 – 3 cm dari dasarsangkar serta berikan lampu penghangat di sangkarnya om.

  5. Saya Kicau Mania dari Cilegon, yang baru saja mau membeli burung dari salah satu penangkar dari Medan…. minggu ini hari senin tanggal 13 agustus 2018.

    Kontak penangkar saya dapatkan dari face book atas nama pribadi,
    Yang bersangkutan sudah mengirimkan data pribadi dan photo2 hasil ternakan dan video… banyak lagi data yang saya terima termasuk photo keluarga.

    Alhamdulillah transaksi tidak jadi karena yang bersangkutan menolak saya ajak video call (VC) untuk membuktikan bahwa identitas diri dan photo2 yang dikirimkan sesuai dengan orang yang saya ajak bicara.

    Dengan berbagai alasan dia menolak untuk VC….. burung dengan suara dan tembakan luar biasa hanya dijual Rp. 2 juta termasuk sangkar bulat besar dan ongkos pengiriman.

    Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat dan kicaumania lebih berhati hati dalam membeli burung via online.

    Salam kicau mania

    • Terima kasih atas informasi dan sharingnya om, sebaiknya waspadai jika ada penjual yang menawarkan harga tidak wajar dari harga pasaran dan lebih baik lakukan transaksi secara tatap muka dengan penjualnya.

    • Struktur organ tubuh burung dengan manusia berbeda om, jadi tidak bisa asal mengaplikasi obat manusia untuk burung jika tidak didampingi oleh ahlinya.

    • TBB bukan doping om, jadi hasilnya tidak instan membuat burung langsung rajin bunyi. Berikan TBB ke burung selema 3 hari berturut-turut setelah itu sepekan 1-2 kali. Jika performa burung sudah baik, maka untuk menjaga kondisi semengat dan mental tempur serta sifat dominan burung, berikan rutin sepekan sekali.

  6. Salam om kicau..
    Mau tanya.. kira2 bagus mana ya kita beri makan murai batu dengan voer instan serangga murni tanpa perlu extra fooding atau voer biasa tp rutin diberi extra fooding pagi sore ?
    Mohon pencerahannya…

    • Disesuaikan kebutuhan burungnya saja om, ada beberapa individu burung yang menggunakan voer instan menjadi cenderung lebih galak dan agresif namun adapula kondisi burung tetap stabil. umumnya pemilik murai batu memilih voer biasa supaya burung tetap bisa mengonsumsi EF hewani yang segar untuk memenuhi kebutuhan protein serta zat lainnya.

  7. maaf om saya bingung merpati saya pertama kawin normal jantan atas betina bawah nah habis itu kawin lg gantian betina di atas jantan dibawah, apakah itu normal ?

  8. Assalamualikum om saya punya mb harian bongkar isian dan termasuk cerdas lah mb nya tempel masteran sehari jadi om setelan harian uk satu cepuk pagi ketemu pagi sehari jk pagi 4.sore 2 dan pas mau saya trek sama punya kawan2 pagi udah mkan jk 4 satu jam sblm saya trek saya kasih jk 3 kroto 1.sendok teh ples uh 5 yg di makan uh dan jk kroto di makan tp 1.sendok teh sebelum saya trek udah tak mandiin dulu tujuan ngurangi birahi tp penampilan tetep galak om karna tipe murai saya fighter harian bongkar isian los juga tembakan2.kasaran slain usian materi lapangan apa setelan itu kebanyakan om itu yg saya tanyakan nah klu kebanyakan sebaiknya di stel brpa om sebelum di lombakan

    • Bisa dicoba dengan setelan harian dulu, jika dinilai burung kurang maksimal bisa ditambahkan porsi kroto dan jangkriknya dari porsi terendah.

  9. mohon bantu saya pemula beli kacer prestasi…kondisi bisa turun tangkringan kaya gasing..setelah itu membagong..kenapa ya suara keras fariasi….trims

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.