Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

49 Comments

  1. Om duto yg terhormat, sy mau tanya. Sy pny am, umur +-8bulan. Kondisi harian riwik, ngeplong, teler. Yg mau sy tanyakan, knp volume waktu teler koq tipis, lebih tipis dibanding am yg lain. Apa karena faktor umur yg msh muda atau ada faktor lain. Volume saat ngeplongpun jg msh terdengar kurang los/blm maksimal. Itu sj yg sy tanyakan, adakah solusi/perawatan khusus biar volume saat teler bisa maksimal. Mksh, salam om kicau…

  2. om mau nanya dirumah punya TL pelihara dari lepas loloh umr 8bln dah berani tarung gaya stlh itu jarang diajak main,skalinya main sama burung sejenis malah anteng kadang mbalon tp kalo dirumah harian gacor sama burung non sejenis malah berani tarung tp kalo dah keluar rumah ketemu banyak burung diem lagi lama2 mbalon lagi,itu gimana ya om solusinya, apakah pake TBB bisa efektif

  3. Permisi om kicau. Saya lg ngurusin piyikan lovebird ni usia 2 minggu. Pas diloloh dia g lgs nelen kaya biasanya. Di diemin di mulut aja trus dia berdecit gtu. Knp ya?

  4. Malam omkicau….mau tanya:
    1. Testibirdbooster(TBB) aturan pemakaian nya gmn?
    2. saya punya anis kembang umur 2-3 bulan, sekarang masih makan voer basah dicampur kroto, misal TBB diberikan pada anakan anis kembang umur 2 -3 bulan apa boleh? dan apa ada efek sampingnya

    makasih sebelumnya

    • 1. Cara Pemberian TestoBirdBooster (TTB) dengan cara dilarutkan dalam air minum burung. Untuk ukuran seekor burung, masukkan setara sekepala (pentol) korek api tepung TBB ke dalam 30-50 cc air (wadah air minum ukuran normal). Pemberian TBB bisa juga dilakukan berbarengan dengan pakan. Untuk seekor burung, campurkan setara setengah pentol korek atau sekepala (pentol) koreki api tepung TBB dengan sesendok teh kroto, atau taburkan ke atas buah, dan berikan ke burung. TBB itu bisa juga diletakkan di sendok kecil, tetesi 1-2 tetes air dan oles-oleskan ke jangkrik atau serangga lain lalu diberikan ke burung.

      Berikan ke burung selema 3 hari berturut-turut setelah itu sepekan 1-2 kali. Jika performa burung sudah baik, maka untuk menjaga kondisi semengat dan mental tempur serta sifat dominan burung, berikan rutin sepekan sekali. Larutan air TBB sebaiknya tidak digunakan setelah dicampur lebih dari 4 jam. Larutan TBB jangan terkena sinar matahari secara langsung.

      2. Tidak masalah om, fungsinya untuk memacu hormon testeron alami burung muda tersebut sehingga burung menjadi lebih cepat bunyi.

  5. Om saya punya kacer umur 1,5 bulan. Jk 5 p/s sanggupnya kacer cuma 5 kadang sampai 6. Kroto tiap hari karna lagi proses ngajarin makan voer. Cacing 2 tiap pagi. Masalah yg saya hadapi, kacer sedikit kurus dan ngembangin bulu tapi tetap lincah. Klau saya tambahin pisang kepok kira2 bagus gak om buat gemukin.?

  6. sore om kicau..
    saya punya Murai batu kalimantan muda hutan,kemudian saya beri metabolis selama 3 hari bisa bunyi setelah sy hentikan pemberian metabolis ternyata MB nya juga gak rajin kicaunya
    yang saya tanyakan :
    1. bagaimana cara agar MB sy bisa rajin kicau lagi?
    2. apakah ada formula khusus agar bisa meningkat kicauan nya?
    terima kasih

  7. Mlm om kicau…saya mau tanya,knp cucak ijo saya sering ngejar ngjar ekor sendiri sama kdang di patokin ndri ekor nya..sedangkan ekor lagi dokor omm..coba solusi nya om biar ijo saya ga gigit ekor/ngejar ngejar ekor sndiri…trimksih om kicau..

  8. misi om mau tanya, saya punya burung beo di bola matanya seperti ada selaput putih yg menutupi. Itu kena penyakit apa ya? dan bagaimana cara mengobatinya? Terima kasih.

  9. Om mau tanya nih, apakah murai betina yg lagi menjatuhkan bulu sayap(padagal baru selesai mabung, tp jatuh lagi) msg bisa di kawinkan? Soalnya sudah mbunderi sarang, mksh

  10. selamat pagi. Saya sedikit ingin bertanya kenapa ya kacer saya selalu mengosokan paruhnya ke tangkringan? hal itu di lakukan setiap saat
    sama satu lagi kacer saya selalu terlihat kelaparan dan tidak pernah kenyang, selalu saja minta di beri jangkrik, jadi saya bingung ketika ingin mulai seting lagi dari jangkrik rendah ini burung selalu kelaparan padahal purnya sudah cukup di kandangnya sama satu hal lagi om setiap di embunkan kacer saya bulunya selalu mengembang seperti kedinginan, dan begitu pun ketika ngeriwik. tapi setelah di jemur bulunya normal lagi apakah kacer sayaa termasuk tipe dingin om
    saat ini settingan jk P/S 6 pagi ngeplong sisanya ngeriwik dan bengong
    mohon solusinya om

    • ada beberapa kemungkinan om, burung terlalu jinak dan manja karena sering disuapi EF langsung dari tangan solusinya berikan EF langsung di cepuknya, atau bisa juga burung memang kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan dan cukup tambahkan menu variasi EF seperti kroto atau uler hongkong secukupnya. Cek juga voer yang dikonsumsi burung, karena ada beberapa individu kacer yang rewel dengan voer tertentu sehingga voer tidak dikonsumsi secara optimal.

  11. Om saya mau tanya ni. Saya punya 2 lb pasjo. Yg satu betina umur -+8 bulnan, dan yg 1 lg krg lbh 5 jalan 6 bln jengkel predksi cowo, yang saya ingin tnyanya. Kdua brung itu Besa tipe. Yg betina Tipe kering, dan yang predksi cwo tipe basah. Kduanya mnglmi OB. Gmna cra penanganya. Mksh om

    • kalau hanya mengumpal dan baunya masih tetap khas birdvit masih bisa digunakan, tapi kalau ada jamurnya pertanda tepung birdvit sudah tidak layak dikonsumsi.

  12. Om saya punya cucak ijo pada saat sblm naik gantangan / pada saat digantang dia ngga mau ngentrok n jambulnya ngga naik, jdi bagaimana setingannya agar cucak ijo saya mau ngentrok n jambul pada saat mau naik gantangan,,,,

  13. Min mau nanya min..saya nyoba netasin telur burung lovebird pake mesin tetas bikinan sendiri..sudah seminggu dan embrio sudah berkembang..pertanyaannya,mulai hari ke berapa saya harus berhenti memutar telur??dan apa cirinya telur tidak boleh diputar lagi?

  14. Om kicau dirumah ada kacer. Doi waktu dulu rajin bunyi terus kalau dideketin nggak takut. Tetapi setelah 3 bulan ini pas kita mau deketin dia, dia kayak gelisah suka naik turun dari Tengger nya, kayak burung bingung atau ketakutan biasanya dulu nggak gitu malah kalo kita ajak bersuara dia nyaut dan pintar.

    Kalo sekarang kadang bunyi kalau kita nggak ngelihat tapi kalau kita lihat ini enggak bunyi?

    Bagaimana yaya solusiya om kicau ?

  15. Pagi om.. Ingin bertanya terkait artikelnya om kicau tentang pemberian pakan anak cendet, apakah tidak masalah jika diberikan jangkrik sekenyangnya? Karena anak cendet saya sekali makan jangkrik mampu habisin 13 sd 15 ekor.. efeknya voernya jd gak tersentuh (Gak dimakan).. sementara jika saya kurangi porsi jangkriknya, dia malah miyik terus klo liat saya.. Gimana solusinya om?

    • Jika di full jangkrik tentunya voer tidak akan dimakan, jadi sesuaikan porsi jangkriknya supaya cendet tetap makan voer sebagai ransum pakan utama. Kurangi intensitas ketemu atau godain cendet supaya tidak mbayek atau miyik, EF langsung letakan cepuk pakannya.

  16. om kicau saya mau tanya nih kan saya lagi mainin burung dipegangkan ditangan kedua kakinya,nah sewaktu mau saya elus Elis siburung titiran ini malah ngeberontak mau terbang nah inikan posisi kakinya lagi saya pegang cuman kaya jadi kebalik gitu ngarahnya kebelakang sehabis dia ngeberontak dan udah dikasih gips sirih cuman ayah saya ngga tega liatnya karena kakinya gemetaran yaudah jadinya dilepas tapi bagian kakinya yg betis merah dan ada uratnya keliatan kaya warna ungu gelap dan paha nya juga merah dan kaya longgar gitu pas diliat sama kaki yg sebelahnya beda itu kenapa ya om kicau?patah tulang atau bengkak atau keseleo,saya harus gimanain ya

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.