Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

49 Comments

  1. Selamat siang om sy mau tanya kenapa kacer saya nggak mau bunyi dan malah bengong waktu saya bawa latber, sedangkan di rumah rajin bunyi dan gacor, terima kasih

  2. Om..
    Saat penjodohan sanger, kok jantan kayak gak nafsu sma betina, jantan cuma diam dan gak respon, saat berjauhan jantan gacor tpi pas di deketin diam tak bersuara.
    Itu knpa ya om?

    • Teteskan sebanyak 3-4 tetes ke jagung muda yang sebelumnya sudah disayat melintang supaya larutan bird mature bisa terserap, berikan selama 5 – 10 hari.

  3. Om mau tanya, saya punya lovebird, bulu dadanya selalu rontok tidak tumbuh2. kalau bulu sayap dan yang lainnya tidak. Mohon solusinya. Terima kasih.

  4. tanya om,,burung lb saya di untul/koloni tp galak sama tgn klo ngasih pakan dll,,tp sama untulan nya akur,itu birahi atau terlalu jinak,,dan apakah stabil kalo ikut kontes..trima kasih

    • Ada beberapa induvidu lovebird yang bersifat posesif terhadap pasangannya sehingga saat ada hal yang dirasa menganggu akan diserang om. Untuk mengetahui stabil atau tidak, bisa coba diikutkan latberan dan dilihat hasilnya.

  5. om kicau..saya punya MB sudah bisa makan voer hanya kurang rajin bunyi,
    kemudian sy beri TBB pagi dan sore selama 3 hr berturut-turut, voer saya kurangi porsinya dan sy ganti dengan EF ulat.
    sampai hari ke 4 kenapa koq masih belum bisa rajin kicaunya?
    apakah pemberikan TBBnya kurang atau gmn?
    mohon solusi

    • TBB bukan produk yang bersifat doping dan hasilnya bisa langsung instan om, tergantung level hormon testeron alami burung jika level hormon tersebut masih diambang batas standard penggunaan TBB akan memberikan hasil lebih cepat. Jadi tetap lanjutkan pemberian TBB sesuai aturan pakainya dan lakukan pola rawatan yang konsisten supaya burung bisa kembali gacor.

  6. Assalamuallaikum wr wb.
    Mau tanya nihh om kicau mania. Saya punya burung ķenari tiap hari keliatanya murung trus… kaki nya pucat. Klo di kandang ga mw jalan/males jln di tangkringan.. kya ketakutan gtu.?
    Kasi solusi dan cara pengobatanya dong om kicau mania.
    Makasih

  7. Mau tanya om kicau, muray batu medan saya susah skli utk mandi di keramba, brbagai cara sdh saya lakukan sesuai anjuran2 cara spy muray mau mndi di keramba tp tetap sj gak mau, burung sdh mau masuk keramba tp cuma diam tp kadang skli2 bunyi. gmn cara nya om spy muray saya mau mndi di keramba

    • coba atur jadwal mandinya 2 atau 3 hari sekali, jika sudah masuk kekeramba supaya mb mau mandi bisa dipancing semprot embun tipis dari atas.

  8. selamat pagi om .
    saya mau bertanya ,mb saya sedang proses dorong ekor ,settingan rawatan saya kasih jangkrik p.5 s.5 keroto 3x seminggu .
    yang saya mau tanyakan ,pada saat dokor ,mb saya masih mencabuti bulu sayapnya ,tetapi tidak sampai ujung pangkalnya ( patah ditengah ),apakah ini gara2 settingan rawatanya apa karna apa om ?cara mengatasinyagimana om ?
    mohon pencerahannya om .terimakasih

    • beberapa individu burung memang sering memuntahkan sisa makanan, menandakan pakan yang dikonsumsi tidak bisa dicerna dengan baik oleh burung.

  9. saya mau menayankan tentang Lomba Murai Batu,
    1. kenapa Murai Batu Borneo seperti dianak tirikan (padahal sesama MURAI BATU) ?!
    2. apa kriteria lomba MURAI BATU itu pada jenis burung saja,bukan isian/variasi atau tentang kicau panjang murai batu !!!!.
    3.apakah benar Murai Batu BORNEO merusak murai batu lainnya !!!.

    Berarti apabila memang MURAI BATU BORNEO tidak boleh ikut lomba dengan MURAI BATU lainnya.
    Apakah sama seperti misalnya LOVEBIRD ( hijau,ungu,putih dll) secara otomatis dibedakan ?!!!
    atau tentang burung lainnya juga sama..
    semoga para pecinta burung dan bukan saya saja,akan diberikan penjelsan atau jawaban dari redaksi.
    terima kasih telah memberikan ruang untuk pertanyaan… salam pecinta burung

    • Tidak ada penganak tirian di gantangan untuk kelas murai batu namun ada beberapa EO yang menyediakan kelas tersendiri khusus murai batu borneo ataupun murai batu blacktail. Di beberapa lomba ada murai batu borneo yang juga mendapatkan gelar juara om jika memang dinilai layak oleh tim juri, karena point utama penilain terletak pada variasi lagu, durasi kerja, dan gaya.

    • Tidak masalah om, meskipun indukan sedang mengerami tetap butuh mandi untuk menyegarkan tubuhnya serta menjaga kondisi suhu tubuh tetap stabil.

  10. pagi om, om kenapa kacer saya males bunyi, apah kacer saya risih dengan LB saya yang aktif dan gacor, atau karna lingkungan saya yang terlalu ramai, tiap hari saya jemur dari jam 8 sampai jam 11 , beri jangkrik 3 UH 3 ,masih gak mau bunyi, apa ada yang salah dengan cara perawatan saya, untuk burung sendiri sangat aktif, mohon om saran nya, makasih,

  11. 1. Beberapa kali beli Birdvit sering menggumpal meski aroma tetap khas dan tidak berjamur. Bila diberikan apakah tdk berefek negatif ?
    2. Bagaimana mengatasi AK yang kalau ngerol buka paruh tetapi g ada bunyi? Padahal kalau ngriwik suara terdengar keras.
    3. Kecuali AK, burung yg lain jadi gacor setelah diberi TBB. Apakah pemberian TBB dihentijkan dulu OM ? Terimakasih,

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.