Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

51 Comments

    • Istirahatkan dulu dan periksa apakah ada cedera diarea yang terkenan jebakan tikus. Selama masa istirahatkan berikan EF selang seling seperti telur puyuh serta sayuran segar untuk memulihkan kondisinya.

  1. om saya punya burung muray niat saya ingin membuat burung muray sy lebih gacor, saya membeli vit testoteron dan memberikan nya ke burung muray saya, saya memberikannya 3x 1 minggu dengan metode menyuntikkannya pada jangkrik dan memberikan jangkrik pada muray itu saya lakukan selama tiga minggu, tapi bukan burung tambah gacor..burung saya sekarang macet ga bunyi, ssaya pancing dengan suara burung asli maupun mp3 burung sama sekali tidak bunyi..saya pancing dengan suara murai cewe sesekali dia bunyi…..apa yg harus saya lakukan om..mohon pencerahan

    • Sementara hentikan pemakaian TBB selama 2 – 3 minggu dan selanjutnya lakukan terapi ulang pemberian TBB dengan cara sebagai berikut :
      Pemberian TestoBirdBooster (TTB) dengan cara dilarutkan dalam air minum burung. Untuk ukuran seekor burung, masukkan setara sekepala (pentol) korek api tepung TBB ke dalam 30-50 cc air (wadah air minum ukuran normal). Pemberian TBB bisa juga dilakukan berbarengan dengan pakan. Untuk seekor burung, campurkan setara setengah pentol korek atau sekepala (pentol) koreki api tepung TBB dengan sesendok teh kroto, atau taburkan ke atas buah, dan berikan ke burung. TBB itu bisa juga diletakkan di sendok kecil, tetesi 1-2 tetes air dan oles-oleskan ke jangkrik atau serangga lain lalu diberikan ke burung.

      Berikan ke burung selema 3 hari berturut-turut setelah itu sepekan 1-2 kali. Jika performa burung sudah baik, maka untuk menjaga kondisi semengat dan mental tempur serta sifat dominan burung, berikan rutin sepekan sekali. Larutan air TBB sebaiknya tidak digunakan setelah dicampur lebih dari 4 jam. Larutan TBB jangan terkena sinar matahari secara langsung.

  2. Mau tanya om kicau saya mau inseminasi buatan (IB) pada burung kacer ketika saya ambil sperma kacer jantan tanpa kendala pas saya suntikan di kloakanya betina juga gk ada masalah tp yang saya tanyakan kalo yg betina habis sata suntik kok mesti berak ya om . Apa mungkin suntikan yg saya berikan si betina itu bisa di buahi . MOHON PENCERAHANNYA OM

  3. Om mau tanya lovebird sy di awal ngekek enak om tpi di pertengahan suka didis om dan didis ya lama smpe akhr pertandingan sy coba di pendaftaran ke 2 sama om awal narik nanti pertengahan didis itu knpa ya. Mhon solusiya mkasih om
    Salam dari kicau mania Cirebon

      • Permisi om. Saya sangat butuh solusi dari om kicau. Saya punya burung mb bakalan hutan om dari temen saya. Dari pemilik pertma udh ngepur dan bunyi pas di pemilik ke2 burung jd setres dan gk mw bunyi terus saya beli Cuma kondisinya suasah makan di kasih kroto atw jangkrik klo udh di patuk. Selalu mengelengkan kepala sampai berjatuhan kroto yang di makanya kluar lg dari paruh nya tpi di makan lg. Sama posisi burung dalam keada.n nyulam seminggu paling banyak bulu yang jatuh dua helai itu pun bulu kecil. Mohon solusinya om saya sangat membutuhkan nya. Timakasih. Salam kicau.

        • Bisa dilatih ulang makan voer om dan berikan kroto yang segar serta bersih supaya burung mau makan. Selama proses nyulam sebaiknya burung banyak diistirahatkan ditempat yang tenang supaya proses sulam bulunya berjalan lancar, jangan lupa berikan multivitamin seperti birdvit untuk menjaga kondisi burung tetap sehat.

  4. Om saya punya murai baru lepas trotol dan dorong ekor 18Cm sudah 2 bulanan, cuma rajin ngeriwik, pagi kadang ngeplong, boleh ga saya kasih produk om “Testo bird booster? ” Mhn penjelasannya terimakasih.

  5. Om, saya punya kapas tembak asli medan, sy beli masih giras smpe skrg, dan blum bunyi sm skali, tp klo malem bunyi om, malah berisik bgt tembakan rapat nya, gmana ya om supaya bunyi di pagi smpe siang, mngingat sy taruh di dekat cucak ijo sy, alhasil malah cucak ijo sy yg berenti bunyi krna dekat bgt sm kapas tembak sy

  6. Om saya mau tanya
    Saya baru beli indukan murai dan abis mabung
    Waktu ndek sangkar rukun terkadang betinanya nyerang yang jantan
    Saat saya masukkan kandang ternak betinanya takut dengan yang jantan
    Karna terkadang yang jantan menyerang betinanya
    Terus yang jantan bunyinya cuma ngriwik Mohon solusinya

    • Indukan yang pasca mabung sebaiknya tidak langsung disatukan meskipun sebelumnya sudah jodoh. Sebaiknya jodohkan ulang hingga calon indukan tidak saling serang dan perhatikan kondisi birahinya, karena salah satu suksesnya perjodohan jika kondisi birahi kedua calon indukan sudah sama – sama stabil om.

  7. saya punya sepasang murai batu sudah beberapa bulan kok betinanya selalu enggan didekati jantan padahal sudah tidak berkelahi lagi. sampai sekarang ga mau produksi. apa solusinya ya om?

  8. Selamatvmalam om.. saya mauvtanya.. saya baru pemula menangkar murai batu,,sudah 3 bulan saya satukan indukan nya tapi tidak kunjung bertelur.. dan sekarang murai jantan nya seperti mau mabung..bulu ekor ny sudah rontok semua… apabyg harus saya lakukan ?? Apakah memindahkan indukan jantan untuk sementara ke sangkar harian ?? Mohon prnjelasan ny om

    • panjang ekor mb bordan tergantung dari panjang ekor indukannya, rata – rata bisa mencapai 17 cm. Supaya tidak tertipu om bisa langsung memantau indukannya di kandang penangkarnya.

  9. Om sya mau tanya..saya baru beli ciblek.. pas saya beli ciblek nya mabung.. trs sekarang bulu ekor udah tumbuh lagi helai..sekarang burung nya macet total.. minta panduan nya..

  10. nanya dong om:
    saya punya balibu untulan,dl rajin wlwpun di untul bety nya,skrng malah galak bgt dan ga kurang rajin,sering liat kawin jg ,penanganan galak gmn om,,galak nya sm tgn saya aja bukan sm untulan nya,,dan apakah itu birahi normal soal nya sring liat jantan nya naikin maksa,,wlw yg bety ga ngapal..trims om

  11. Om sy newbie baru pertama kali pelihara burung. Sy pelihara sun conure umur 1.5 bulan nah pas kasih lolohan makan malah pentilnye ketelen om ampek masuk kedalem gak bisa di keluarin. Trus besoknya saya kasih makan seperti biasa. Apa gak ada masalah ya om?

  12. Kan saya punya murai yg lepas trotol, tp saat ini sudah selesai dan masih proses dorong ekor .Pertanyaanya ,kenapa kok bulu ekor yg tumbuh tidak mekar sempurna ,lebih tepatnya seperti bertumpuk tidak beraturan, ujung malah menciut rusak. Terimakasih, mohon jawabanya om kicau

  13. Saya hbs beli kacer seller nya bilang baru mabung, bulunya kusam dan bulu halus d dada keluar2 tdk rapi, tp sdh hampir 2 minggu sangat sedikit bulu yg rontok kalau ada cuma satu dua itu tdk tiap hari. Kondisi burung sehat lincah rajin ngriwik dan ngeplong tiap hari.

    Pertanyaanya apakah kacer mmg kondisi mabung / d pengaruhi kondisi lain sehingga bulunya tidak rapi ??
    Trimakasih om.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.