Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

49 Comments

  1. Maaf om mau tanya.
    Cendet saya akhir2 ini kok sering mengeluarkan darah segar dan berceceran dimana mana,padahal saya cek seluruh tubuh ga ada yg luka,anus juga bersih.
    Itu kenapa ya om?
    Makasih jawabannya,salam kicau

    • Apabila sudah dipastikan tidak ada luka di tubuh burung, kemungkinan besar cendet memakan cicak atau sejenisnya yang masuk kedalam sangkarnya om.

  2. Terimakasih infonya,maaf om tanya lgi,sy punya murai selama 3 mggu rontok bulu halusnya dan selama itu jg sy full krodong hanya dibuka sehabis subuh untuk diembunkan,namun sdh 3 hr ini berhenti rontoknya,yg jdi pertanyaan kenapa bulu sayap dan ekor gak rontok jg?,dan bagaimana perawatan terbaiknya selanjutnya?

    • Bisa jadi burung hanya mengalami sulam bulu atau nyulam, tapi jika dalam beberapa hari kedepan ada bulu besar yang rontok lanjutkan perawatan mabungnya.

  3. OM saya punya LB umur udah setahun lebih,,pernah bertelur dua kali tapi gagal cangkang telur seperti plastik/lembek..kira kira masalahnya apa om..?makasih

  4. Maaf om apakah benar murai batu tidak jadi dimasukan dalam katagori dilindungi,dan adakah penerangan secara tertulis dari pihak terkait mengenai hal tsb,terimakasih sebelumnya.

  5. om mau tanya
    1. di kepala murai tumbuh bulu bulu putih sebesar jarum itu apa tanda mb sedang mabung?
    2. trus bulu sayap ada beberapa yg patah
    3. untuk mempercepat proses mabung gmn ya?

    makasih

  6. Assalaamu’alaikum om. saya mau tanya tentang izin yg harus di kantongi oleh pihak penyelenggara lomba kicau burung, Perizinan minimal ke mana saja, supaya legalitasnya kuat…. terimakasih…!

    • Hingga saat ini kami belum pernah mendapatkan informasi tersebut om, Sebaiknya pilih calon indukan yang berukuran postur sama untuk mempermudah proses penjodohan dan produksi burung.

  7. salam. izin bertanya dan meminta tips.
    saya punya murai batu, jika digantung diluar rumah, burung menjadi tidak tenang/lompat2 dan seakan2 mau keluar dari kandang melalui jeruji.
    dan burung tenang saat berada didalam rumah serta burung tidak takut pada manusia.
    kondisi rumah saya di pinggir jalan.
    mohon tips nya agar burung tidak takut digantung diluar rumah.
    terima kasih

    • burung belum benar – benar mapan atau belum terbiasa ditempat keramaian, dilatih secara bertahap dengan cara jangan langsung digantang pas dipinggir jalan namun gantang di teras rumah yang agak jauh dari keramaian jalan, setelah burung mulai tenang bertahap posisi pengantangan dimajukan hingga burung terbiasa gantang dipinggir jalan raya.

  8. Salam om kicau. Saya mau tanya om. Burung cendet saya suka mbalon, miyik, galak dan suka mematuk bulu ekornya. Cara mengatasinya gimana om? Terima kasih

  9. Om kicau serta jajaran nya.. Saya mau tnya nih, saya punya burung tpi tidak tau jenis ap ny saya mau upload foto dan video nya gmn agar om kicau tau jenis burung ap

  10. Om belakangan ini beredar gosip tipe kacer panas dan dingin. Pertanyaan saya bagaimana cara mengetahui kedua tipe tersebut….dan bagaimana setingannya…

    Makasih

    • Secara umum Kacer tipe panas merupakan kacer yang mudah emosi, jadi saat ketemu musuh atau hanya mendengar suaranya saja burung langsung tarung dengan sambil mengeluarkan isiannya. Sedangkan kacer tipe dingin merupakan burung yang terlambat panas maka perlu perawatan khusus seperti pemberian EF berupa ulat hongkong atau EF lain untuk menaikkan emosinya. Pola rawatan akan kami buatkan artikel tersendiri ya om.

    • coba periksa bagian kakinya apakah ada luka atau bengkak hingga membatasi gerak burung, jika tidak ditemukan gejala tersebut bisa coba ganti ukuran pangkringan berdiameter lebih besar.

  11. Burung di rumah cucak ijo sakit batuk2 dan diletakkan di dapur, yg saya tanyakan apa bisa virusnya menular ke manusia? Mengingat drmh msh ada anak kecil.

  12. malam om..
    1. bagaimana perawatan harian dan makanan pada saat murai mabung?
    2. MB mabung di kerodong tp tetap bunyi apakah berpengaruh di proses mabungnya?

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.