Bulu patah pada burung saat mabung

Bulu burung Anda patah ketika masa mabung? Semoga tidak pernah. Kalau pernah berarti nasib Anda sama dengan nasib Om  Noeroel yang bertanya di postingan Murai batu ngebatman, bagaimana solusinya?. Tanya jawab tersebut seperti ini:

1.Halo Om Duto salam kenal. mau nanya om, murai medan saya ketika lagi mabung dan pas lagi tumbuh bulu ekornya kira2 10 cm terus putus. Kenapa ya, apa karena dijemur?
2. Murai saya mabung kering gimana solusinya biar cepat mabungnya, boleh gak di mandiin?

Jawab saya:

1. Wah, kalau putusnya bukan karena dijemur. Pasti karena dia nglabrak dan ekor ketekuk jeruji sangkar, atau faktor lain di luar jemur.
Untuk burung yang sedang mabung, terutama pas tumbuh bulu, sebaiknya memang jangan dijemur. Paling diangin-anginkan di sinar matahari pagi sekitar 10 menit. Kalau bulu muda dijemur, dia akan mudah patah karena kandungan kapur (kalsium)-nya belum banyak tapi langsung mengering sehingga gampang patah.
Lagi pula, bulu mabung yang kejemur lama, biasanya lalu macet tumbuh bulunya. Sebab, lapisan lilin di bagian pangkal bulu jadi mengering dan sulit ditembus/dipecah oleh batang bulu yang sedang tumbuh.

2. Boleh saja dimandikan kalau proses moulting (ganti bulu) sudah pada proses tumbuh bulu. Hal itu untuk menjaga agar bulu yang sedang tumbuh mudah menembus lapisan kulit (lihat penjelasan di atas).
Tetapi kalau sebagian besar bulu lama belum rontok, sebaiknya jangan dimandikan dulu karena akan memperlambat proses rontok, atau bahkan rontoknya “setengah matang”. Kalau kondisi ini yang terjadi, maka biasanya burung jadi macet bunyi atau bunyi tetapi tidak maksimal.

Pertanyaan Om Noeroel berikutnya adalah:

1. Om kalo bulu ekor yang udah putus, dan selaput lilinnya kering, solusinya gimana? Apa harus dikorek (kata orang) . Vitamin apa Om yang bagus buat mb mabung,

2. Boleh tidak om pakai ulat hongkong biar cepet mabungnya, biasanya berapa lama mabung murai om, kalau buat MB yg serak gimana solusinya. Saya baru pemula, paling suka sama burung, maklum ya om. Makasih banyak.

Jawaban saya:

Kalo bulu ekor yang udah putus, dan selaput lilinnya kering, solusinya: pegangi burung dan masukkan bagian ekor ke air hangat sekitar 2-3 menit.
Setelah itu, pencet2 pelan, kalau kelihatan ada hitam2 sisa ekor, maka ambil saja dan gunakan pinset untuk alat bantu. Jangan dikorek2 sebab bisa berdarah. Kalau berdarah, darahnya bisa menutup lagi lubang yang sudah dibuka.

Nggak ada vitamin khusus yang saya rekomendasikan. Yang penting kecukupan pakan dan extra foodingnya (kroto terutama).

Ulat hongkong bisa juga tetapi jangan kebanyakan. 5 ekor masing2 untuk pagi sore.
MB biasanya moulting (dari mulai rontok sampai pulih lagi) sekitar 2 bulan.
Kalau buat MB yg serak solusinya bisa gunakan air yang dicampur perasan kencur (jangan kental2).
Juga Anda bisa masukkan kata kunci “perah” di boks pencarian. Klik go, maka akan Anda temukan salah satu metode untuk membuat suara burung menjadi jernih.

TULISAN TERKAIT:

  • Mengapa metionin dan sistin perlu diberikan selama burung molting?
  • Menangani AK mabung
  • Agar Anis merah bunyi sehabis mabung
  • Agar branjangan cepat bunyi setelah mabung
  • Kacer susah mabung
  • Perawatan kacer mabung
  • A-Q Molting, mabung, ngurak, nyulam pada burung
  • Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

    PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

    diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

    Tentang iklan-iklan ini

    There are 13 comments

    1. asep

      Salam kenal om,maunanya nih om,kalo ekor mb putus terus selaput lilin nya kering,tapi dibiarin sampe mb nya mabung,ekor nya yang putus numbuh lagi ga om.?…

    2. danto

      Om nanya lagi nieh.jalakputih saya ekornya rontok 2 helai, apa di bilang mabung?
      untuk jalak kira2 nyulam apa mabung Om?
      apa bila mabung boleh di erapi yg Om sarankan?
      Terimakasih Om.

      Jawab:
      Tunggu saja, apa ada bulu2 kecil menyusul. Kalau itu, ya berarti mabung dan bisa diterapi mabung total.

    3. lazamania

      om mau share nih. pentet saya ga pernah sy kroto, pada terapi mabung total sy tembak kroto terus, jika nanti setelah selesai terapi, sy ga maen kroto gimana ya om? apa ada pengaruhnya?
      master apa yah yang bagus agar PT bisa punya tembakan dengan speed rapat?
      sementara ini sy master dengan CJ dan KN.

      Jawab:
      Mengembalikan setting seperti semula (tanpa kroto) ya dilakukan secara bertahap. Pengurangan jumlah kroto jangan langsung/tiba-tiba tetapi dikurangi sedikit demi sedikit.
      Tambah masteran suara jangkrik. Beli jangkrik pilih yang jantan; besarkan sebagai masteran.

    4. yozieA

      pagi buto om..nanya om..pemberian kroto pd mb kondisi mabung apakah harus full tiap hari? pemberian keeeroto baeknya pas mb kondisi rontok atawa pas numbuhin bulu om atawa kedua..dua..duaaaaanya om?

      Jawab:

      Ya tetap diberi kroto selama mabung Om.

    5. Aulia

      Om sy punya kacer gk tau knp kacer sy slalu mengerutkan lherny (sperti kepala kura2). Tmen sy bilang klo kcer sy ngebagong! Kalau memang kondisi sperti itu ngbagong lantas bgemane s0lusinye. Nuhun nya om.

      Jawab:
      Hayo..sudah baca yang ini belum?

    6. Aulia

      Solusi yg d tawrkan mantap & pas sa2ran, om Duto jd kayak sniper he..he..

      Jawab:
      Waduh….nggak kuat nih kepala Om dapat pujian..nanti sobek topiya…

    Komentar ditutup.