Tanya dan komentar lanjutan dari Q-A Penangkaran LB (2), Gangguan:
Kalo bole urun ide… kalo di tempat saya…. spy tempat makan extra fooding ga digauli semut, saya memakai tempat makan dari plastik yg lonjong. Lalu saya tempelkan/lem sedemikan rupa pada nampan plastic, kemudian setelah itu nampan kita isi air jadi sekalian bisa dipake padusan ama burungnya. (Dolphinrd)

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Jawab:
Ide bagus juga itu. Hanya saja, menurut saya, itu berisiko airnya yang kotor (karena pasti kena kotoran burung) keminum burung atau malah (seperti Anda bilang) untuk mandi. Besar pula kemungkinan pakan terciprat air. Ini bahaya karena dalam kondisi lembab, hanya dalam waktu semalam saja wadah pakan/pakan sudah ditumbuhi jamur.
Trims. (Duto)

Tanya:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Saya mau tanya lagi, mengenai kelembaban kotak sarang, apa boleh kita semprotkan dengan air (kotak luarnya). Salam (Lucky)

Jawab:
Nggak perlu. Dengan Anda menyediakan air di wadah yang cukup bagi LB untuk mandi, maka dia akan mandi dengan sendirinya kalau secara naluriah dia merasakan udara kurang lembab. Atau kalau Anda sediakan daun kangkung, maka dia akan memasukkan daun kangkung basah ke dalam kalau merasa kurang lembab.
Artinya, kelembaban nggak perlu kita rekayasa karena mengukur kelembaban ideal bagi penetasan LB juga sulit (beda dengan kelembaban dalam kotak mesin penetas telor).
Demikian. (Duto)

LIST TULISAN PENANGKARAN:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

-7.550085110.743895