Q-A Penangkaran LB (7), LB tidur bareng

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Tanya:
Dari 2 pasang yg saya punya 2 ekor jantan klep, hijau ma 2 ekor betina ijo non klep, dach dicoba disangkarkan rame2 (4 ekor satu kandang),..tapi kok ga ada yg boboan malem berdua. Trs kalo siangnya malah kejar2 sambil jeritan (yg jerit2 biasanya yg jantan).
Mohon pencerahannya, gimana tanda2 pasangan itu mulai berjodoh. Cumbuan seperti apa?
Apakah karena hanya ada 4 ekor, saling ego masing2, bisakah sy coba hanya 1 jantan aja di kandang penjodohan itu dgn lebih dari 2 betina (misal akan saya belikan lg 1~2 ekor).
Trs kalo sudah terlihat ada tanda2 mulai berjodoh, apakah langsung pindahkan ke sangkar perkawinan? Trs setelah dipindahan, Berapa lama proses penjodohan u/ mlanjutkan perkawinan dan bertelur?
Di tunggu responnya. (Syaiful)

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Jawab:
LB yang kejar2an dipastikan tidak jodoh. Untuk penjodohan dengan stok burung terbatas, letakkan masing-masing jantan betina di sangkar2 terpisah dan didekatkan. Kalau mereka sudah selalu berdekatan (perlu waktu sampai 3-7 hari) maka kemungkinan mereka berjodoh. Tetapi sesungguhnya, penjodohan harus dilakukan kalau masing2 sudah memasuki masa birahi (bunyi terus dan menunjukkan perilaku birahi: jantan berusaha mengawini benda2 didekatnya, sedangkan betina merunduk sembari membuka sayap dengan ekor naik-turun). Kalau jantan-betina sama2 birahi, biasanya (hanya dalam waktu sehari) bisa langsung jodoh. Kalau belum birahi (birahi nggak bersamaan) maka penjodohan sulit dilakukan. Yang nggak birahi biasanya dikejar2 dan bisa stres kalau terus2an.
Untuk penjodohan di kandang besar, membutuhkan materi (jantan-betina) yang banyak, paling tidak sampai 5 ekor jantan 5 betina. Kalau sudah berdekatan terus-menerus, mereka biasanya masuk ke sangkar kotak/glodok bareng2. Bisa saja diternak di situ, bisa juga dipindahkan bareng2 ke kandang penangkaran yang kecil.
Kalau sudah jodoh, dua pekan kemudian biasanya sudah nelor/ngeram. Masa ngeram 21 hari. Dan anakan (diberi makan indukannya) baru keluar kotak setelah sekitar sebulan.
Jika anak sudah keluar, ambil dan pindahkan ke sangkar tersendiri. Kalau anak sudah diambil, biasanya 10 hari kemudian si betina sudah nelor lagi dan ngeram.
Demikian. (Duto)

Tanya:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Thanks ya Om, tapi PR sy masee mikirin bisa ga ya 1 jantan dengan 3 ekor betina dlm satu sangkar? Jamin berjodoh ga? Trs pakan u/ LB pendongkrak birahi selain jagung apa lagi?(Syaiful)

Jawab:
Kalau sangkar besar model untuk sangkar koloni, bisa saja di antara betina itu yang berjodoh dengan jantan. Kalau jantan pas birahi, dia bisa segera menemukan pasangan. Kalau jantan belum birahi dan ada satu betina atau bahkan ketiga2nya birahi, maka jantan bakal dikejar2 dan stres/drop (sulit/lama sekali memulihkannya). Bisa juga betina yang birahi justru ngejar2 betina lain yang nggak birahi, dan yang dikejar2 drop.
Pokoknya, njodohkan model begitu cenderung gagal, atau kalau ada yang jodoh maka yang lain jadi korban (drop). Apalagi mengharapkan LB jantan punya 3 pasangan sekaligus, itu nggak akan terjadi. LB bukan kayak kenari sebagai tipe burung yang suka poligami hihihihihi.
Pakan yang bikin birahi saya nggak tahu persis. Hanya saja, LB saya selama ini saya beri pakan tambahan rutin jagung dan daun kangkung. Sesekali saya beri tauge. Dan di pakan rutin, meski sedikit, saya beri kacang hijau. Di buku yang pernah saya baca, bisa juga LB diberi ulat hongkong (protein untuk meningkatkan birahi) yang sudah dimatikan (dimasukkan air sebentar). Tetapi saya pernah coba, LB-nya nggak mau. (Duto)

LIST TULISAN PENANGKARAN:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

  1. mas mau nanya nic, perbedaan love bird jantan dan betina itu ciri2nya seperti apa?
    kebetulan saya baru ingin mencoba nangkar love bird..

  2. om mo nanya ni… soal LB dirumah, dah satu minggu ini aku menangkarkan satu pasang LB, kalo malem si udah tidur bareng tapi ga mau masuk ke dalam kowokan(rumah LB). kenapa ya om
    ? padahal kandang penankaran udah besar om… soal pakan sudah saya berikan jagung,tulang sotong dan biji"an. mohon solusinya…

    makasih…

    Jawab:
    Pertanyaan Om dan jawabannya saya pindah ke halaman Curhat Mohon dicek sana.

  3. om mo nanya ni… soal LB dirumah, dah satu minggu ini aku menangkarkan satu pasang LB, kalo malem si udah tidur bareng tapi ga mau masuk ke dalam kowokan(rumah LB). kenapa ya om
    ? padahal kandang penankaran udah besar om… soal pakan sudah saya berikan jagung,tulang sotong dan biji”an. mohon solusinya…
    makasih…

    Jawab:
    LB mau nggowok adalah ketika sudah mau bertelor dan/atau ketika sedang mengerami. Kadang jantan betina di dalam bareng, kadang dia di luar. Jadi enggak apa2 berarti LBnya memang belum matang secara seksual.
    Cuma perlu dicek juga, jangan2 di dalam gowok, ada bau tertentu yang terasa asing untuk LB. Papan bekas yang pernah dicat kemudian dihaluskan misalnya, biasanya disingkiri sama LB. Coba dicek ulang saja. Kalau nggak ada yang mencurigakan, berari memang LBnya yang belum “matang”.
    Komposisi pakan sudah bagus itu.

Komentar ditutup.