Q-A Penangkaran LB (4), Telor Kopyor

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Tanya (lanjutan dari Q-A Penangkaran LB (3), lanjutan Gangguan):
Selamat siang dan salam kenal Mas Duto.
Saya mau tanya untuk membersihkan kandang dan pemberian makanannya apakah dilakukan setiap hari?
Selama ini saya juga berpikiran bahwa telurnya tidak boleh disentuh tangan, takut tidak mau dierami lagi. Jadi jarang sekali saya lihat.
Kenapa yah telur2 LB saya banyak yang kopyor? Sedangkan setiap hari saya berikan jagung dan kadang2 kecambah/tauge. Kangkung jarang sekali saya berikan, tapi setelah melihat foto dan cerita Mas Duto, sekarang saya berikan kangkung setiap hari.
Apakah perlu saya berikan tempat untuk mandi LB didalam kandang? Kalau saya baca cerita Mas Duto, sepertinya LB suka mandi yah. Salam.
(Lucky)

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Jawab:
Ya, setiap hari kandang dibersihkan. Air diganti. Pakan ditiupi agar bersih; kalau menipis ditambah. Kalau banyak kotoran LB, ganti yang baru.
Saya tidak tahu persis pengaruh kangkung pada kualitas telor. Kangkung saya berikan karena murah dan bisa rutin tersedia, dan lebih penting lagi, LB sangat suka kangkung.
Perlu sekali diberi wadah minum yang bisa digunakan LB untuk mandi. LB sangat suka mandi. Kalau pas ngeram, LB betina lebih suka mandi lagi. Itu untuk kelembaban dalam pengeraman.
Telor kopyor bisa saja terjadi karena kotak sarang terlalu kering dan pada saat yang sama LB nggak bisa menemukan air untuk mandi. Kalau Anda sediakan wadah air minum yang bisa untuk mandi, itu sangat dianjurkan. Juga kalau saya perhatikan, LB suka sekali mengangkut daun kangkung basah ke kotak sarang ketika dia nelor/ngeram. Ketika tangan saya masukkan ke kotak sarang, terasa sekali kotak itu hangat tetapi lembab. Bukan hangat kering. Dan secara teori memang benar, bahwa penetasan perlu kelembaban.
Mohon dicatat, pemberian kangkung daunnya saja. Sebab, batang kangkung yang biasanya diangkut LB ke kotak, jadi busuk, lain dengan daun yang biasanya mengering. (Duto)

LIST TULISAN PENANGKARAN:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.