Beberapa kali muncul pertanyaan mengenai anis merah (AM) yang ngecir  atau ngesir atau nglecir (mengepak-ngepakkan/menggetar-getarkan sayap, badan ditekuk membentuk huruf U, kepala mendongak dan berbunyi sirrrrrr).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kebanyakan hal yang ditanyakan adalah apakah itu tanda burung betina? Nah dalam kesempatan ini saya ingin mendandaskan lagi bahwa AM ngecir tidak ada kaitannya dengan apakah itu AM jantan atau betina.

Soal penyebab kenapa AM secara umum bisa ngecir, belum ada penjelasan ilmiah mengenai hal itu. Yang jelas, kalau masih anak, jantan atau betina AM sama-sama suka ngecir. Sama halnya dngan AM jantan dan betina yang masih muda, semuanya juga ngriwik.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Ketika sudah dewasa, AM jantan yang ngecir biasanya dalam kondisi mau mabung, masa mabung dan selama masa rekondisi. Yang jelas, intinya, burung tidak dalam kondisi fit secara mental dan/atau fisik.

Jadi, meski AM sudah teler-teler, tetapi kalau pas mabung dia bisa jadi suka ngecir dan banyak pengalaman menunjukkan hal itu.

Dengan demikian, perlu ditegaskan lagi bahwa masalah AM ngecir tidak ada kaitannya sama sekali dengan jenis kelamin.
Salam….

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

TULISAN TERKAIT

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

-7.550085110.743895