22 juta burung mati setiap tahun karena tabrak jendela rumah

Tidak tanggung-tanggung, jumlah burung yang mati di Kanada mencapai 22 juta ekor / tahun dengan satu sebab: menabrak kaca jendela rumah, gedung bertingkat, dan bangunan lainnya. Suara keras ketika burung menabrak kaca seolah menjadi pemandangan biasa di Kanada.

bekas tabrakan burung di jendela
Bekas tabrakan burung di jendela.

Menurut catatan Wildlife Research, ada sekitar 300 ribu rumah tinggal dalam satu wilayah yang berbahaya bagi burung saat mencari jalan pintas, dengan jumlah tabarakan mencapai 180 ribu /  tahun.

Fenomena ini terjadi di hampir semua rumah tinggal di Kanada, di mana burung menabrak kaca rumah terjadi dalam frekuensi tinggi, sehingga jumlah total kemarian burung akibat kasus ini mencapai 22 juta ekor per tahun.

Faktor utama yang mempengaruhi tingginya frekuensi burung menabrak kaca rumah adalah jarak antara pohon dan kebiasaan masyarakat setempat memberi makan burungnya. Mereka sengaja menyimpan wadah pakan (feeders) di luar, untuk memberi makan burung-burung liar. Jadi mereka memelihara burung liar sebagai burung kelangenan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Banyak burung yang mati menabrak kaca, karena tidak bisa membedakan antara jalan dan jendela.

Mestinya, feeder diletakkan tidak terlalu dekat dengan jendela rumah. Tetapi warga Kanada umumnya menaruh feeder dengan jarak hanya 3 – 4 meter dari jendela rumah, agar mereka bisa menyaksikan aksi burung saat makan dan bernyanyi. Akibatnya, usai makan, burung langsung terbang dengan kecepatan tinggi, sehingga tidak mengetahui kalau pantulan gambar dari kaca jendela adalah jalan menuju kematiannya.

Feeder yg terlalu dekat dengan jendela menjadi biang kematian burung.

Burung yang terbang cepat seperti pipit dan gelatik batu, serta burung agresif seperti robin cenderung menabrak kaca jendela jika terlalu dekat dengan sumber makanan di dalam feeder.

Penyebab lain adalah “terbang terlalu panik”. Ini terjadi jika burung kaget saat dikejutkan oleh binatang lain (misalnya kucing), atau berkelahi dengan sesama burung lantaran berebut makanan. Dalam kondisi panik, mereka terbang dengan cepat ke arah kaca jendela.

Meski sudah merenggut nyawa sekitar 22 juta burung, tampaknya upaya untuk mencegah hal ini belum membawa hasil. Kejadian yang sama akan terulang terus, sepanjang tahun.

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.