Om Zul, tentara yang sukses menangkar murai

Begitu cintanya pada dunia hobi burung, sejumlah tentara dan polisi mengisi waktu senggang di luar dinas dengan ikut berlomba, bahkan ada juga yang menangkar burung kicauan. Salah satunya adalah Zulkarnaen Harahap, yang kini dinas di Komando Distrik Militer (Kodim) Kota Jambi. Di tempat inilah Om Zul menangkar murai batu, kacer, dan cucak hijau. “Saya ingin memotivasi teman-teman. Daripada mengerjakan yang aneh-aneh di luar dinas, lebih baik breeding burung,” kata Om Zul melalui email ke redaksi omkicau.com.

latihan militer
Om Zul dkk saat latihan militer

Nama Om Zul cukup dikenal di kalangan kicaumania Bandung dan sekitarnya. Pasalnya, saat berdinas di Batalyon Armed 4 Kodam III / Siliwangi, dia juga sering ikut lomba untuk mengisi waktu senggang di luar dinas.

Di kalangan kicaumania, namanya lebih dikenal sebagai Zul Armed, dengan gaco andalan waktu itu cucak hijau bernama Rambo. “Rambo beberapa kali juara lomba burung di Bandung, khususnya pada tahun 2009,” kata Om Zul.

Bukan hanya berlomba. Saat itu, Om Zul dan keluarga yang tinggal di Cimahi, juga sudah menangkar murai batu dan kacer. Menurut dia, breeding burung merupakan kegiatan positif, dapat membantu menambah penghasilan keluarga, serta mengendurkan saraf usai berlatih atau menjalankan tugas-tugas kemiliteran yang tidak ringan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pindah ke Jambi, kembali breeding

tentara sukses menangkar burung
Om Zul bersama putrinya di depan kandang penangkaran murai batu.

Ketika pindah tugas dari Yon Armed 4 Kodam III / Siliwangi ke Kodim Kota Jambi, tahun lalu, Om Zul selalu teringat dengan penangkarannya di Cimahi. Itu sebabnya, di tempat yang baru, dia kembali menangkar murai batu dan kacer, serta cucak hijau.

Di Jambi, Om Zul sudah punya gaco cucak hijau yang baru, yaitu King Kopral, yang beberapa kali juga pernah menjuarai even lokal. Jambi memang dikenal sebagai kota dengan aktivitas latber dan lomba burung cukup padat. Tak heran jika banyak burung papan atas nasional yang berasal dari Jambi.

cucak hijau jawara
Cucak hijau King Kopral
Cucak hijau King Kopral
Om Zul menggotong King Kopral usai berlomba.

Menurut Om Zul, King Kopral tidak rewel dalam perawatannya. Artinya, perawatannya standar atau sama seperti yang dilakukan ijomania lainnya. Setiap mengikuti lomba, King Kopral biasanya juara 1 atau juara 2. “Sayangnya, karena dinas, saya tidak bisa membawa burung ini dalam lomba-lomba di Pulau Jawa,” ujarnya.

Untuk penangkaran murai batu, dia menggunakan sistem poligami kawin angkat. “Kalau induk betina sudah mengeram selama seminggu, maka induk jantan segera dipindah ke kandang betina yang lain. Alhamdulillah berhasil. Sistem ini bisa menghemat tempat, juga hemat pejantan,” ujarnya.

penangkaran murai batu
Kandang penangkaran murai batu
penangkaran murai batu
Indukan murai batu mandi bareng.
penangkaran murai batu
Anakan murai batu yang baru menetas.
anakan murai batu
Anakan murai batu belajar bertengger.
Penangkaran kacer
Kandang penangkaran burung kacer.
penangkaran kacer
Kotak sarang terbuat dari bekas kardus.
Kandang penangkaran Zulkarnaen Harahap
Zulkarraen Harahap: Breeding bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Bagi yang mau mampir, atau belajar bareng soal penangkaran burung, Om Zul membuka pintu silaturahmi bagi semua kicaumania di Indonesia.  Sebelumnya mohon kontak dulu, karena Om Zul harus mengutamakan dinas. Sepanjang di luar dinas, dia siap menerima kunjungan siapapun.

Wah, sukses ya Om. Selamat bertugas dan teruskan hobi positifnya.

Semoga menginspirasi kita bersama.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

Komentar ditutup.