Suara kicauan merdu burung blue grosbeak

Beberapa waktu lalu, Om Kicau pernah menulis artikel mengenai burung kardinal merah / northern cardinal (Cardinalis cardinalis) yang memiliki kicauan merdu dan memukau siapapun yang mendengarnya. Tak heran jika harganya lumayan menguras isi dompet Anda. Kali ini, Om Kicau akan menulis artikel tentang saudaranya kardinal merah, yaitu burung blue grosbeak (Passerina caerulea) yang juga memiliki suara merdu. Meski berbeda genus / marga, keduanya masih satu keluarga: Cardinalidae.

blue grosbeak
Blue grosbeak, anggota keluarga Cardinalidae, bersuara merdu.

—-

Penampilan blue grosbeak memang mirip kardinal merah. Perbedaan hanya warna hitam di bagian topeng lebih sempit dan tipis.

Selain itu, warna tubuhnya dominan biru, paruh keperakan, dan sayap bergaris-garis cokelat. Bandingkan dengan burung kardinal merah yang didominasi warna merah, dengan topeng yang lebih melebar.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Blue grosbeak termasuk burung migran yang berhabitat di sebagian besar wilayah selatan Amerika Serikat dan wilayah utara Meksiko. Pada bulan April, mereka biasanya melakukan migrasi ke selatan, menuju negara-negara di Amerika Tengah.

blue grosbeak
Bagian dada dan perut juga didominasi warna biru.

—-

Sama seperti kardinal merah, sexing blue grosbeak juga relatif mudah dilakukan, karena burung jantan dan betina dewasa memiliki perbedaan yang signifikan baik ukuran tubuh dan warna bulu.

Burung jantan memiliki tubuh berwarna biru, dengan paruh tebal, sayap bergaris kecokelatan, dan sering menggerakan ekornya. Adapun burung betina berukuran tubuh lebih kecil, dan warna tubuh kecokelatan. Silakan cermati gambar di bawah ini:

Sepasang burung kardinal biru ( blue grosbeak ) , burung betina berada dipaling bawah
Burung blue grosbeak jantan (atas) dan betina.

—-

Pakan utama berupa serangga dan biji-bijian. Saat musim panas, mereka akan memakan serangga dalam jumlah cukup banyak, seperti kumbang, belalang, ulat, jangkrik, dan laba-laba. Terkadang mereka juga suka siput. Adapun biji-bijian lebih sering dikonsumsi pada saat musim dingin.

Perilaku berkembang biak

Sarang kardinal biru ( blue grosbeak )
Sarang burung blue grosbeak.

Blue grossbeak mulai berkembang biak pada akhir musim panas.  Saat itu, burung jantan akansering berkicau untuk mempertahankan wilayah bersarangnya.

Sarang dibangun dari ranting, rumput atau jerami kering, daun, kulit pohon dan sebagainya, dalam bentuk cup atau mangkuk terbuka.

Induk betina bisa bertelur sebanyak 2-5 butir, berwarna putih kebiruan. Pengeraman telur hanya dilakukan induk betina saja selama 11 – 12 hari. Burung jantan akan menjaga dan memberi pakan kepada pasangannya yang sedang mengeram.

Penasaran dengan video dan suara kicauannya? Berikut ini beberapa video dan suara kicauan yang bervariasi dari burung blue grosbeak, untuk menambah pengetahuan kita mengenai dunia perburungan atau dapat juga digunakan sebagai masteran bagi burung kicauan Anda di rumah.

Video burung blue grosbeak

—-

Suara burung blue grosbeak

  • Suara kardinal biru atau Blue grosbeak versi 1
  • Suara kardinal biru atau blue grosbeak versi 2
  • Suara panggilan kardinal biru atau blue grosbeak

—-

Download  Suara Burung Blue Grosbeak

—-

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.