Burung tangkar kambing: Mirip kacer & pintar bersiul

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burung tangkar kambing / black magpie (Platysmurus leucopterus) memiliki habitat di Thailand, Myanmar, Malaysia, Singapura, Brunei, dan Indonesia. Di negeri kita, spesies ini hanya dapat dijumpai di Sumatera (ras leucopterus) dan Kalimantan (ras aterrimus). Ras di Kalimantan memiliki tubuh full hitam legam.  Adapun ras di Sumatera memiliki setrip putih pada bulu sayapnya. Sekilas mirip burung kacer, sehingga burung tangkar kambing disebut juga black magpie, dan dikenal sebagai burung yang pandai bersiul.

Tangkar kambing atau black magpir
Burung tangkar kambing / black magpie (Platysmurus leucopterus)

Tetapi ada beberapa karakteristik yang membuat berbeda dari kacer, yaitu memiliki jambul hitam yang tumbuh dari area di dekat lubang hidungnya. Ciri fisik ini menyerupai burung srigunting, apalagi paruhnya juga sama-sama legamnya.

Hanya saja ekor burung tangkar kambing lebih tebal dan lebih lebar daripada srigunting, yang umumnya memiliki  ekor bercabang atau memiliki antena.

Nama tangkar kambing ini mengingatkan kita pada burung tangkar ongklet, yaitu nama asli dari burung cililin / crested jay (Platylophus galericulatus), dan tangkar centrong / racket-tailed treepie (Crypsirina temia). Ketiga spesies ini termasuk dalam keluarga Corvidae, meski semuanya berbeda genus / marga.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Tangkar kambing merupakan burung pemakan serangga yang menghuni hutan tropis dan subtropis, hutan cemara, dan hutan bakau. Burung ini hanya memiliki dua ras / subspesies, yaitu :

  1. Platysmurus leucopterus leucopterus : Habitat di wilayah selatan Myanmar dan Thailang, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Kepulauan Riau, dan Pulau Bangka.
  2. Platysmurus leucopterus aterrimus : Merupakan burung endemik di Kalimantan.

Tangkar kambing ras leucopterus (Sumatera) memiliki jambul yang lebih pendek, serta setrip putih pada bulu sayapnya. Penampilannya mirip burung kacer namun dengan ukuran tubuh lebih besar.

Adapun ras aterrimus (Kalimantan) memiliki jambul lebih panjang, dan seluruh bulu tubuhnya hitam legam.

Tangkar kambing atau black magpie
Tangkar kambing ras Sumatera (kiri) dan ras Kalimantan.

Tangkar kambing termasuk burung arboreal, yang berarti lebih sering berada di pepohonan, memetik dedaunan, dan memakan serangga. Terkadang mereka juga memakan mamalia kecil dan reptil.

Burung ini sangat cerewet, dan mudah beradaptasi / cepat jinak. Suara kicauannya terdiri atas suara siulan yang berdengung dan suara menderik. Meski begitu, tangkar kambing memiliki kemampuan meniru suara, terutama jika suara tersebut bernada siulan.

Berikut ini suara kicauan burung tangkar kambing :

DOWNLOAD

Meski statusnya Hampir Terancam (NT) berdasarkan IUCN Red List, dalam praktiknya burung ini masih sering diperjualbelikan di sejumlah pasar burung, terutama ras Sumatera. Jadi, bagi yang sudah mengetahuinya, mohon jangan pernah membeli burung ini di pasar manapun, atau melalui media apapun.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.