Lovebird Putri hattrick di Polongan BC, serindit Top Speed dan MB Kramat double winner

Tiga burung tampil prima dalam Lomba Burung Berkicau Launching Polongan BC di Lapangan Sakti Kotabaru, Jambi, Minggu (25/5) ini. Ketiga gaco itu adalah lovebird Putri milik Ferry Louw (Obit BC) yang meraih hattrick, serta serindit Top Speed milik Mr Said BH (Salju SF) dan murai batu Kramat milik Mr BB (AS BF) yang nyeri juara 1 alias double winner. Lomba berlangsung lancar, dalam cuaca cerah, dan tanpa komplain dari peserta.

Lovebird Putri
Lovebird Putri milik Ferry Louw mencetak hattrick di Polongan BC, Minggu (25/5).

Kelas lovebird yang terdiri atas tiga sesi berlangsung ramai. Sejumlah burung jawara Sumatera turun di sini, termasuk Putri milik Ferry Louw dan Venus milik  Aping yang  bahkan pernah menjuarai even nasional.

Di Kelas Mega Bintang, Putri tampil sebagai juara 1, diikuti Venus dan Putri Salju milik Mr Arun (Obit BC). Yang menarik adalah kemenangan Putri pada Kelas Bintang dan Kelas Umum, karena burung ini dua kali memaksa lovebird Buyung milik Agus Arizon (Bird Farm Team) di posisi runner-up.

Ini merupakan revans Putri terhadap Buyung dalam even Sarang Macan Team di Jambi, 18 Mei lalu. Saat itu Buyung bukan hanya meraih double winner, namun juga menjuarai Kelas Mega Bintang, mengalahkan Putri yang berada di urutan ketiga. Meski demikian, dalam even itu Putri mencuri satu gelar juara di Kelas Bintang.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lovebird Putri juara di Polongan BC
Ketua Panitia Rino Rimbawan (kiri) memberikan hadiah kepada Ferry Louw, pemilik LB Putri yang menjuarai Kelas Mega Bintang.

Di kelas murai batu, Seda kembali tampil ciamik dengan menjuarai Kelas Mega Bintang. Gaco koleksi Bujang Makalam ini memaksa Batosai milik Aong / Bani (Yakuza BC) dan Cantona milik Dedi (Broni SF) di urutan kedua dan ketiga.

MB Seda juara di Polongan BC
Penanggungjawab lomba, Gunawan (kiri), memberikan hadiah kepada Bujang Makalam, pemilik MB Seda juara Mega Bintang.

Namun duet Aong / Bani masih bisa tersenyum, karena koleksinya yang lain, yaitu murai batu Batang Ubi sukses menjuarai Kelas Bintang. Batang Ubi mengalahkan gaco-gaco mapan lainnya, termasuk Seda yang berada di urutan ketujuh.

Dua kelas lainnya dimenangi murai batu Kramat milik Mr BB dari AS BF, yaitu pada Kelas Umum dan Kelas Penasaran. Kramat juga mampu menembus empat besar di kelas utama, Mega Bintang.

Sama seperti Kramat, serindit Top Speed milik Mr Said BH juga sukses mengoleksi dua gelar juara 1. Top Speed selama ini memang merajai even-even di Sumatera, sehingga hasil nyeri di Polongan BC bukan hal mengherankan lagi.

Serindit juara Top Speed
Top Speed, serindit paling ngetop di Sumatera saat ini.

Kacer Bajing Ireng nampaknya benar-benar sudah kembali ke top form seperti tahun lalu. Beberapa pekan terakhir, kacer andalan Zoel Bakung (Bird Farm Team) ini terus menjuarai lomba. Pekan lalu, Bajing Ireng meraih double winner di Sarang Macan Team.

Dalam even di Polongan BC, jawara BnR Award 2013 ini juga menjuarai Kelas Mega Bintang. Juara 2 diraih Senpi, gaco lawas milik Andre Sutanto yang kini ditangani Mr BB dari AS BF. Kacer Topan milik Bambang (Skif SF) berada di urutan kedua.

Juara kacer di Polongan BC
Wakil Ketua Jambi Team, M Nazir (kiri) memberikan hadiah kepada para pemenang Kelas Kacer Mega Bintang.

Ketiga burung juga terlibat dalam persaingan seru di Kelas Bintang. Laga akhirnya dimenangi Topan, diikuti Bajing Ireng dan Senpi.

Topan juga tampil apik di Kelas Penasaran, meski harus puas menjadi runner-up. Kelas ini dimenangi Apollo milik Esco (Salju SF).

Ada pemandangan menarik saat seorang peserta menggantang kacernya paling awal di Kelas Umum. Begitu digantang, dan masih dalam kondisi sendirian, burung ini langsung mengeluarkan suara isian lovebird, cililin, dan kapas tembak dengan volume sangat keras, sehingga tembus ke pagar pembatas penonton.

Kacer ini terus berkicau ketika puluhan sangkar yang dihuni lawan-lawannya mulai digantang, ketika lomba dimulai, tatkala para juri memberi penilaian, bahkan ketika para juri merampungkan penilaian di kelas tersebut.

Aksi kacer itu mengundang decak kagum para peserta dan penonton. “Sungguh dahsyat,” kata salah seorang peserta. Burung itu pun akhirnya ditetapkan sebagai juara 1 Kelas Umum. Ya, itulah kacer bernama Ombak milik Asun dari Polongan BC.

kacer Ombak digantang paling awal
Digantang paling awal, kacer Ombak langsung bunyi hingga akhir lomba. Ombak pun juara 1 Kelas Umum.

Secara umum, lomba berjalan lancar dan tanpa komplain dari peserta. Namun, sebagian peserta tak bisa menghentikan kebiasaannya berteriak-teriak saat lomba berlangsung, he.. he..

Om Rino Rimbawan mewakili seluruh kru panitia dan juri mengucapkan terima kasih atas partisipasi para kicaumania di Jambi dan sekitarnya. “Mohon maaf kalau masih ada kekurangan,” ujarnya.

Dalam even ini, Mr Said BH dari Salju SF terpilih sebagai juara umum single figher (SF), adapun juara umum bird club (BC) diraih Bird Farm Team.

Mr Said BH - Salju SF
Mr Said BH (Salju SF) tampil sebagai juara umum single fighter.
Bird Farm Team Jambi
M Nazir memberikan hadiah kepada Bird Farm Team sebagai juara umum BC.

Para peserta berencana mengikuti Lomba Burung Berkicau Avanza Cup, yang akan digelar di Dealer Toyota Pal X, Jl Marsda Surya Dharma, Kenali Asam Bawah, Kota Jambi, Minggu tanggal 8 Juni 2014. (Kelana Lana)

Panitia dan juri Polongan BC.
Panitia dan juri Lomba Burung Berkicau Polongan BC.

Hasil Lomba Polongan BC (silakan klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.