Seperti manusia, burung gagak pun menyimpan peralatannya jika tak digunakan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Para ilmuwan dari Universitas St Andrews menemukan fakta unik mengenai burung gagak. Sama seperti manusia, burung gagak pun akan menyimpan peralatannya jika tak digunakan. Burung gagak memang dikenal cerdas, bahkan mampu menggunakan beberapa peralatan untuk mendapatkan pakan. Namun kecerdasan gagak melebihi apa yang dibayangkan para peneliti, karena burung ini bisa menyimpan peralatannya di tempat tertentu jika tidak digunakan.

Burung gagak kaledonia yang terkenal dengan kecerdasannya memanfaatkan peralatan untuk mencari makan
Burung gagak kaledonia menggunakan peralatan untuk mencari pakan.

Hasil penelitian yang dterbitkan Proceeding of the Royal Society B bulan ini merupakan satu-satunya riset yang mempelajari bagaimana hewan bisa menyimpan peralatannya agar tidak hilang.

Gagak kaledonia /new caledonia crows merupakan jenis burung gagak yang terkenal karena mampu memanfaatkan batang tongkat untuk mengeluarkan serangga dari sebuah lubang atau tempat persembunyianya. Gagak memegang tongkat itu dengan cara mengigit menggunakan paruhnya, lalu akan menyimpannya untuk memakan hasilnya.

“Kami sangat tertarik memperhatikan gagak tersebut yang dengan hati-hati meletakkan peralatannya di bawah kakinya sebelum kembali menggunakannya,” kata Barbara Klump, pimpinan tim peneliti.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Dalam riset yang menggunakan burung gagak tangkapan liar itu, para ilmuwan menemukan fakta bahwa burung ini tampak berhati-hati mencari peralatan yang akan digunakannya untuk mencari pakan di atas tanah.

“Hal ini menjelaskan bahwa makin tinggi burung itu berada, makin sulit untuk mendapatkan kembali peralatannnya. Faktanya, gagak liar sering mudah emosi ketika secara tak sengaja menjatuhkan peralatannya,” jelas Klump.

Manusia sering menggunakan peralatan yang berbeda setiap harinya, dan bisa menyimpannya dengan sangat baik untuk digunakan lagi sewaktu-waktu. Begitu juga burung gagak. Mereka terkadang menyimpan alat-alat mereka itu dalam sebuah lubang di pohon atau di antara ranting dan dedaunan.

Burung gagak menggunakan ranting sebagai alat untuk mendapatkan makanan
Burung gagak menggunakan ranting sebagai alat untuk mendapatkan pakan.

Burung gagak juga punya daya ingat cukup baik, terutama mengenai tempat menyimpan alat-alatnya. Jadi, dalam hal ini mereka tidak menggunakan peralatan baru untuk mencari pakan, melainkan menggunakan peralatan yang telah disimpannya.

Gagak kaledonia banyak ditemukan di kepulauan yang berada di New Caledonia, Pasifik Selatan. Spesies ini dikenal mampu memanfaatkan beragam peralatan yang akan digunakannya untuk mencari pakan.

Beberapa spesies hewan lainnya juga sering memanfaatkan benda atau peralatan untuk mendapatkan pakan, tetapi hanya sedikit saja yang mampu menyimpan dan menggunakannya kembali. Bahkan ada juga yang selalu membawa benda-benda tersebut.

Jadi, ini adalah penelitian pertama yang mengamati perilaku hewan (terutama burung) saat mencari pakan dengan menggunakan benda-benda di sekitarnya, dan benda itu akan disimpannya untuk digunakan lagi sewaktu-waktu.

Berikut ini video dari penelitian tersebut:

Silakan baca juga kehebatan burung gagak dalam tautan di bawah ini:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.