Lovebird Pilot hattrick, tiga burung double winner di Road to Piala Ronggolawe Bangko

Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1436 H dan Piala Ronggolawe, Samudera Bird Shop bekerjasama dengan Ronggolawe Cabang Bangko mengadakan lomba burung berkicau Road to Piala Ronggolawe. Even yang digelar di belakang kantor Bank Mandiri Bangko, Minggu (14/6), ini berjalan lancar.

Ini merupakan even kedua Road to Piala Ronggolawe di Provinsi Jambi. Even perdana digelar di Kota Jambi, 7 Juni lalu, bertajuk Troopz Indo Cup I yang juga berlangsung meriah dan sukses.

Kontes ini dikuti para kicaumania dari berbagai daerah seperti Kerinci, Linggau, Sarolangun, Bungo, Kota Jambi, tuan rumah Bangko, dan lain-lain. Mereka memanfaatkan even ini untuk mempererat tali silahturahmi, sekaligus saling memaafkan sebagaimana tradisi menjelang Ramadhan.

Sejak awal, Om Heri Sampoerna selaku pembawa acara (MC) mengingatkan bahwa panitia melarang tegas para peserta untuk masuk ke dalam lapangan. Para peserta pun menyadari dan mematuhinya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

MC Om Heri Sampoerna
Om Heri Sampoerna (MC) ingatkan peserta agar tak masuk lapangan.

Alhasil, di dalam lapangan hanya terlihat juri-juri yang menilai, beberapa personel panitia, dan tentu saja burung-burung yang berlomba. Suasananya sangat nyaman. Peserta dan penonton pun terlihat antusias.

Pada sesi terakhir, panitia memberi kesempatan kepada para peserta agar lebih santai. Ya, mereka diizinkan untuk masuk ke dalam lapangan.

Lovebird Pilot menjadi satu-satunya burung yang mampu meraih kemenangan hattrick. Gaco koleksi Om Said BH (Jambi Team) ini menjuarai Kelas Ebod Vit, Ebod Joss, dan Umum.

Lovebird Pilot
Lovebird Pilot meraih kemenangan hattrick.

Om Said merasa puas melihat kinerja lovebird Pilot. Burung ini memang salah satu langganan juara di Jambi. Kelas utama (Samudera Bird Shop) dimenangi lovebird Luna Maya besutan Mas Sabu, juga dari Jambi Team.

Om Said dan personel Jambi Team
Om Said (3 dari kiri) puas melihat kineja lovebird Pilot.
Om Iping dan Lovebird Oneng
Om Iping BBM Team: Lovebird Oneng juara 2 dan 3.

Tak hanya Pilot yang memukau. Tiga burung juga mengeluarkan penampilan terbaiknya dan meraih double winner. Ketiganya adalah kacer Wong Kubu, cucak hijau Ocit, dan kenari Raja Goyang.

Kacer Wong Kubu milik Om Deni (Bangko BC) juga termasuk langganan juara di Jambi, bahkan kerap bersaing dengan kacer Tikuz milik Om Said BH dan Senpi milik Om Andre Sutanto.

Tampil di semua (empat) kelas yang dilombakan, kacer Wong Kubu tampil stabil. Ini terbukti dengan prestasinya yang meraih dua kali juara 1 dan dua kali juara 2.

Om Deni dan kacer Wong Kubu
Om Deni (tengah): Kacer Wong Kubu dua kali juara 1 dan dua kali juara 2.

Wong Kubu menjuarai kelas utama Samudera Bird Shop. Juara kedua diraih kacer Bronjol milik Mas Slamet Polongan (Jambi Team) yang juga tampil menawan. Kacer Bintang milik Om Si’on (Bungo BC) berada di posisi ketiga.

Gelar kedua Wong Kubu diraihnya di Kelas Ebod Vit, mengungguli Bintang yang menjadi juara kedua. Wong Kubu nyaris mencetak kemenangan hattrick. Sayangnya harus puas di posisi kedua pada Kelas Ebos Joss. Kelas ini dimenangi kacer Tikuz milik Om Said. Juara 3 ketiga diraih kacer Bronjol.

Kacer Bronjol sukses menjuarai Kelas Umum. Kali ini Wong Kubu berada di urutan kedua, sementara Bintang di posisi ketiga.

Prestasi kacer Bronjol juga membuat bangga Mas Slamet Polongan. Pasalnya, Bronjol moncer di tiga kelas, dengan hasil juara 1, 2, dan 3. Hal ini juga menunjukkan kestabilan prestasinya selama ini, dan tetap berada di jalur juara.

Juara kacer Ebod Joss
Juara kacer Ebod Joss: Dari kiri, Om Said (juara 1), Mas Slamet Polongan (3), dan Om Deni Bangko (2).

Aksi memikat juga ditunjukkan cucak hijau Ocit. Burung milik Om Coy dari Bangko BC. Tiga sesi yang dimainkan nyaris disapubersih. Ocit menjuarai dua kelas, yaitu Kelas Ebod Vit dan Umum, serta juara 2 Kelas Jati Jajar yang dimenangi Unyil milik Om Benu (BBM Team).

Om Coi dan cucak hijau Ocit
Om Coi bersama cucak hijau Ocit.

Kenari Raja Goyang menjuarai dua dari tiga kelas yang dilombakan. Burung milik Om Rahmat (Jambi Team) ini tak terkalahkan di Kelas Ebod Vir dan Jati Jajar. Kenari Dahlia kepunyaan Om Rizal (Bangko BC) dua kali meraih juara 2.

Kenari Raja Goyang
Kenari Raja Goyang nyeri juara 1.

Persaingan seru terjadi di kelas murai batu yang terdiri atas empat sesi. Bahkan tak ada burung yang mampu menjuarai lebih dari satu kelas. Kelas Samudera Bird Shop dimenangi MB Sajam kepunyaan Om Ucok dari Jambi Team.

Murai batu Lorenzo milik Om Bujang (Bangko BC) sukses menjuarai Kelas Ebod Vit. Adapun Kelas Jati Jajar dan Umum masing-masing dimenangi murai batu BH milik Om Romel (Bangko BC) dan Merah Putij milik Om Sugeng (BBM Team).

Road to Piala Ronggolawe Bangko
Om Jhoni Rismal ST (kiri) memberikan trofi juara 1-3 murai batu Kelas Ebod Vit.

Tiga kelas kapas tembak juga dijuarai burung-burung yang berbeda. Pemulung milik Uda Robet dari Jambi Team menjuarai kelas utama. Kelas Ebod Vit dan Jati Jajar dijuarai kapas tembak Golen orbitan Om Hendri (Jambi Team) dan Wani Piro koleksi Om Andre Polhut (Bangko BC).

Panitia dan juri Road to Piala Ronggolawe Bangko
Panitia dan juri Road to Piala Ronggolawe di Bangko

Secara keseluruhan, Road to Piala Ronggolawe di Bangko berlangsung lancar dan tertib hingga akhir lomba. Pada pertengahan lomba sempat terjadi insiden kecil. Beberapa peserta merasa burungnya tak terpantau juri. Tetapi mereka bersikap dewasa dan bijak, meski memilih pulang lebih awal, sehingga tidak mengganggu jalannya lomba.

Bangko BC tampil sebagai juara umum bird club (BC). Dalam even ini, Bangko BC mengoleksi 9 gelar juara 1. Jambi Team 11 kali juara 1. Namun akumulasi poin Bangko BC paling tinggi, terutama karena banyak sekali koleksi juara 2 dan 3.

Ketua Pelaksana Om Warso (kiri) dan Ketua Panitia Om Jhoni Rismal ST
Ketua Pelaksana Om Warso (kiri) dan Ketua Panitia Om Jhoni Rismal ST

Ketua Panitia Lomba, Om Jhoni Rismal ST, mengucapkan terimakasih atas kehadiran para kicaumania dari berbagai daerah. Ucapan terimakasih juga disampaikannya kepada Ketua Ronggolawe Bangko, Om Bujang Nibung, dan pengurus lainnya yang mendukung acara ini.

“Semoga Ronggolawe Cabang Bangko tetap kompak. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada panitia, juri, serta seluruh pihak yang mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ungkap Om Jhoni Rismal.

Om Bujang Nibung
Om Bujang Nibung, ketua Ronggolawe Cabang Bangko.

Panitia menyadari, even ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, mewakili segenap panitia dan juri, dia mohon maaf apabila dalam penyelengaraan masih banyak kekurangan di sana-sini. (Kelana Lana)

Hasil Road to Piala Ronggolawe Bangko (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.