Video dan audio tarian unik burung blue manakin ketika mencari jodoh

Cari Artikel Berdasar Kategori

PERHATIAN: Jika Anda mengalami kesulitan dalam mendownload file MP3 dari blog ini, mohon disampaikan pada artikel apa file MP3 yang tidak bisa di-download tersebut. Terima kasih.

Menjelang musim kawin, burung jantan biasanya saling bersaing: berebut burung betina serta wilayah berbiaknya. Tentu tidak semua spesies burung berperilaku seperti itu. Misalnya burung blue manakin. Burung dengan tubuh berwarna kebiruan dan mahkota merah ini memiliki cara unik dalam mencari pasangannya.

Blue manakin Foto: Dubi Shapiro, ibc.lynxeds.com
Burung blue manakin (Chiroxipa caudata) | Foto: Dubi Shapiro (ibc.lynxeds.com)

Blue manakin (Chiroxipa caudata) adalah spesies burung berukuran kecil dari keluarga Pipridae yang banyak dijumpai di wilayah Amerika Selatan, terutama Argentina, Brazil, dan Paraguay. Penampilan dan ukuran tubuhnya tidak jauh berbeda dari spesies burung sikatan di Indonesia.

Blue manakin jantan memiliki tubuh berwarna biru terang. Bagian sayap, ekor dan kepala berwarna hitam, dengan mahkota berwarna merah. Burung betina secara keseluruhan mempunyai tubuh berwarna hijau kusam.

Di Amerika Selatan, blue manakin bukanlah jenis burung yang umum dipelihara. Habitat aslinya adalah hutan-hutan tropis dan subtropis yang berada di dataran rendah dan pebukitan.

Namun keunikan perilakunya, terutama saat mencari pasangan menjelang musim kawin, membuat penasaran para pecinta burung di seluruh dunia.

Pada musim kawin, beberapa ekor blue manakin jantan akan berkumpul dalam satu kelompok. Mereka menunggu kedatangan burung-burung betina.

Setelah yang ditunggu-tunggu muncu, para pejantan akan melakukan tariannya sambil berkicau secara bergantian. Burung jantan yang dominan akan mendapatkan perhatian dari burung betina dan berhak menjadi pasangan hidup.

Burung jantan akan melakukan tarian uniknya secara bergantian untuk memikat si betina
Burung jantan melakukan tarian uniknya secara bergantian untuk memikat si betina.

Setelah burung betina menentukan pililhan, pejantan yang lain akan kembali melakukan tariannya sebagai bentuk dukungan. Setelah itu, kelompok burung jantan yang tersisa akan kembali mencari burung betina lain yang tertarik dengan tarian-tarian uniknya.

Untuk menambah wawasan kita, yuk tonton video tarian unik blue manakin ketika mencari jodoh berikut ini:

Selain memiliki perilaku unik saat mencari jodoh, blue manakin juga mempunyai suara kicauan yang cukup lantang. Berikut ini salah satu contoh suara kicauan blue manakin yang bisa Anda manfaatkan untuk masteran .

Suara kicauan burung blue manakin | DOWNLOAD

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).
loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.