Nama Bowo BF Bogor dicatut penipu lewat media online

Hmmm, banyak sekali gangguan yang dialami para penangkar burung kicauan di Indonesia. Tak hanya soal teknis penangkaran saja, tetapi yang paling menjengkelkan adalah kalau nama bird farm dicatut penipu lewat media online. Hal ini juga dialami Bowo BF Bogor milik Om Saidi.

breeding murai batu Bowo BF Bogor
Om Saidi di kandang breeding murai batu Bowo BF Bogor.

Seperti diketahui, Om Saidi merupakan pemilik Bowo BF yang bermarkas di Desa Pasir Ipis RT 02 / RW 08, Karang Asem Barat, Citeureup, Bogor. Ada dua jenis burung yang ditangkarnya, yakni murai batu dan cucakrowo.

Selama ini, dia tidak pernah memiliki website, termasuk untuk pemasaran murai dan cucakrowo hasil ternaknya. “Saya hanya update artikel melalui omkicau.com yang sudah menjadi referensi bagi para penangkar, pemain, dan penggemar burung kicauan di Indonesia,” ujar Om Saidi.

Namun tiba-tiba dia dikejutkan dengan adanya situs bowobf.blogspot.co.id yang jelas-jelas telah mencatut nama dirinya, nama dan alamat penangkarannya, serta mencomot hampir seluruh artikel mengenai Bowo BF yang pernah dimuat di omkicau.com.

Sebagai contoh, pada halaman depan langsung terpampang artikel berjudul “Tentang Saya Bowo Bird Farm”, yang mencomot utuh materi yang pernah dimuat omkicau. com. Berikut ini dua gambar, di mana bagian atas merupakan artikel di omkicau.com dan bagian bawah adalah materi copas di website sang penipu (bowobf.blogspot.co.id).

breeding murai batu Bowo BF Bogor
Salah satu artikel Bowo BF yang pernah tayang di omkicau.com (silakan cek di sini)
Bowo BF dicatut
Situs yang mencatut nama Bowo BF Bogor.

Yang membuat Om Saidi galau adalah sang penipu menggunakan media tersebut untuk menipu masyarakat, khususnya para penggemar murai batu yang awalnya benar-benar ingin memiliki burung dengan ring Bowo BF.

Untuk menarik perhatian calon korban, sang penipu memuat artikel lengkap cara perawatan  murai batu, spesifikasi murai batu yang dijualnya, daftar harga, hingga cara pengiriman burung. Bahkan untuk meyakinkan calon pembeli, ditampilkan pula foto Om Saidi dan kandang ternak yang semuanya dicomot dari omkicau.com.

Dalam artikel itu juga tertulis alamat lengkap Bowo BF, namun nomor kontak asli Om Saidi telah diganti dengan nomor hape yang bersangkutan. Adapun Pin BB Bowo BF tidak dicantumkan alias sudah dihilangkan dari artikel tersebut.

Selain itu, tertulis pula banderol harga anakan mulai Rp 1 juta / ekor untuk lolohan hingga Rp 2,65 juta / ekor untuk trotolan. Banderol harga ini jauh lebih murah daripada harga asli Bowo BF (Rp 3,5 juta – Rp 7,5 juta per ekor).

Bowo BF dicatut
Beberapa posting dari situs pencatut nama Bowo BF.

Sang penipu itu sengaja membuat harga jauh lebih murah, dengan tujuan untuk menarik minat calon korbannya. Aksi sang penipu sudah menimbulkan korban. Dalam dua bulan terakhir saja, sediktnya ada 10 orang yang mengadukan masalah ini kepada Om Saidi, bahkan lima orang di antaranya sudah terlanjur transfer ke rekening sang penipu.

Karena pengaduan itulah, Om Saidi akhirnya mengetahui kalau nama Bowo BF sudah dicatut dan disalahgunakan orang lain untuk melakukan penipuan. Sebab orang yang tertipu datang ke farm Bowo BF, dan bertemu langsung dengan Om Saidi.

breeding murai batu Bowo BF Bogor
Om Saidi sarankan calon pembeli agar datang langsung ke farm Bowo BF.

Alamat yang dicantumkan memang benar, namun nomor ponselnya jelas bukan milik Om Saidi. Selama ini, calon pembeli datang langsung ke kandang Bowo BF. Sebelum datang, mereka akan menelepon Om Saidi dulu.

“Melalui omkicau.com, saya ingin menegaskan bahwa Bowo BF tidak menjual secara online, pembayaran lewat transfer dan semacamnya. Jadi, untuk menghindari penipuan serupa, silakan datang langsung ke farm kami,” kata Om Saidi dengan raut muka sedih.

breeding murai batu Bowo BF Bogor
Salah satu kandang ternak murai batu Bowo BF, di mana induk mengasuh langsung anaknya.

Om Kicau sempat melacak nomor kontak sang penipu. Ketika dihubungi, si penerima telepon dengan pede mengaku sebagai pemilik Bowo BF, kemudian menawarkan transaksi dengan cara transfer ke salah satu bank. Dari suaranya, jelas kalau penerima telepon itu seorang pria.

“Dalam dua hari, burung dijamin akan tiba sesuai dengan pesanan. Kalau serius, Bapak pesan saja anakannya. Mau anakan umur berapa, harga paling murah 1,2 juta. Nanti pembayaran dikirim lewat rekening istri saya,” kata pria tersebut, yang suaranya jelas bukan suara Om Saidi.

breeding murai batu Bowo BF Bogor
Trotolan murai batu ditempatkan di kandang umbaran.

Jadi, untuk para kicaumania yang ingin memiliki murai batu ring Bowo BF, sebaiknya datang langsung ke lokasi. Dengan mendatangi langsung, pembeli bisa lebih nyaman dan bebas memilih anakan murai batu sesuai dengan selera, tanpa perlu takut tertipu. (d’one)

Beberapa artikel breeding murai batu Bowo BF Bogor yang pernah dimuat omkicau.com:

Om Saidi / Bowo BF

Kontak: Pin BB 24EFBE89 / 5BA614E6 | WA 0813 1750 5491

Farm: Desa Pasir Ipis RT 02 / RW 08 (samping pintu Tol Cibinong / Citeurep), Karang Asem Barat, Citeurep, Bogor.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.