Burung-ara timor yang bersuara lantang: Download audionya untuk masteran

Burung-ara timor / timor figbird (Sphecotheres viridis) termasuk salah satu anggota keluarga Oriolidae. Kendati wilayah persebarannya terbatas di kawasan timur Indonesia, burung bersuara lantang ini terkadang bisa ditemukan di sejumlah pasar burung di Pulau Jawa.

burung-ara timor
Burung-ara timor / timor figbird (Sphecotheres viridis) | Foto: HBW

Burung-ara atau figbird merupakan kelompok burung dari genus Sphechotheres, dan masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan kepudang. Secara umum, ada tiga spesies burung-ara yang sebelumnya dianggap satu jenis, namun kini ditetapkan sebagai spesies terpisah. Pemisahan itu dilakukan setelah meneliti perbedaan ukuran, warna bulu, dan biogeografinya.

Ketiga spesies burung-ara tersebut adalah:

  1. Burung-ara hijau / green figbird (Sphecotheres vieilloti), tersebar di Papua dan Australia.
  2. Burung-ara wetar / wetar figbird (Sphecotheres hypoleucus), burung endemik Pulau Wetar, Nusa Tenggara Timur.
  3. Burung-ara timor / timor figbird (Sphecotheres viridis), burung endemik di Pulau Timor, Roti, dan Timor Leste.

Dibandingkan dengan jenis burung kepudang yang rata-rata adalah pemakan serangga atau insectivora, burung-ara lebih cenderung frugivora atau pemakan buah-buahan meskipun mereka juga menyukai serangga, nektar, dan biji-bijian. Selain itu, sifatnya pun lebih ramah dan tidak terlalu agresif saat bertemu dengan sesamanya maupun burung jenis lain.

Burung-ara timor mempunyai tubuh berukuran besar dengan panjang sekitar 26 cm. Burung jantan memiliki kepala berwarna hitam dengan kulit tanpa bulu di sekeliling mata yang berwarna merah jambu. Perut berwarna kuning dan bulu ekor terluar berwarna putih.

Burung betina mempunyai tubuh bagian atas kecokelatan, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna putih dengan coretan coklat. Kulit tanpa bulu di sekeliing matanya yang berwarna lebih keabu-abuan.

Perbedaan burung-ara timor betina dan jantan (kanan)
Perbedaan burung-ara timor betina dan jantan (kanan).

Seperti disebutkan, burung-ara timor hanya ditemukan di Pulau Timor dan Roti (NTT) dan Timor Leste. Mereka mendiami kawasan hutan primer dan hutan monsun sekunder yang tinggi, hutan tersisa, lahan budidaya berpohon banyak, dan hutan mangrove, hingga ketinggian 160 meter dari permukaan laut (dpl).

Banyak kicaumania menyebut burung ini dengan nama burung-ara timor mata merah, mengacu pada kulit warna kemerahan di sekeliling mata burung jantan. Suaranya memang dikenal cukup keras dan bervariasi.

Dari referensi beberapa sobat kicaumania, burung ini mampu meniru suara tembakan burung jenis lainnya. Selain itu, suaranya pun banyak dimanfaatkan sebagai suara masteran.

  • Suara kicauan lantang burung-ara timor variasi 1
  • Suara kicauan lantang burung-ara timor variasi 2

Unduh audionya di sini

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.