Memaksimalkan suara kenari agar lebih kencang dan panjang melalui BirdShout (BST)

Kenari bersuara kencang dan panjang menjadi idaman para kicaumania. Namun tak semua kenari punya kemampuan seperti itu. Untuk memaksimalkan penampilannya, kenari harus dilatih terlebih dulu. Sebagai panduan untuk pemula, berikut ini cara memaksimalkan suara kenari agar lebih kencang dan panjang melalui BirdShout (BST)..

Memaksimalkan suara kenari
Cara memaksimalkan suara kenari agar lebih kencang dan panjang.

Beberapa kicaumania kerap galau ketika burung piaraannya, termasuk kenari, mempunyai suara yang pelan / kurang maksimal, bahkan tak kunjung bunyi. Untuk burung yang baru dibeli, memang membutuhkan sedikit waktu agar bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya sebelum mau berkicau dengan lantang.

Namun jika kenari tersebut merupakan burung rawatan lama, maka perlu dicari tahu penyebabnya. Ya, ada beberapa penyebab mengapa kenari rawatan lama tak juga bersuara kencang dan panjang, bahkan cenderung bersuara pelan, atau tak bersuara sama sekali. Beberapa penyebab utamanya antara lain:

  • Burung masih muda sehingga membutuhkan waktu untuk melatih vokalnya agar mampu bersuara kencang dan panjang.
  • Kenari yang semula rajin bunyi akan menurun kualitas suaranya ketika selalu berdekatan dengan burung betina maupun kenari jantan lain yang rajin bunyi.
  • Kondisi burung sedang menurun, karena memasuki masa mabung / sedang ganti bulu.
  • Kenari mengalami infeksi pada saluran pernafasan, baik akibat radang maupun parasit seperti tungau kantung udara / tungau KU.
  • Burung sedang sakit sehingga tidak mampu bersuara maksimal atau tidak mau berbunyi.

Memaksimalkan suara kenari agar lebih kencang dan panjang bisa dilakukan dengan melakukan pelatihan rutin. Tapi perlu diperhatikan, burung yang akan dilatih harus berada dalam kondisi fit / tidak sakit.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Karena itu, jika kenari Anda memiliki salah satu kondisi yang disebutkan di atas, sebaiknya pulihkan dahulu kondisinya sebelum dilatih. Berikut ini beberapa cara memaksimalkan suara kenari agar lebih kencang dan panjang:

1. Melatih kenari muda

Untuk memaksimalkan kenari muda, burung bisa ditempelkan pada kenari yang sudah mapan atau sudah rajin bunyi. Kenari muda memiliki kecenderungan meniru, sehingga bisa meniru gaya dan suara burung yang menjadi tutornya.

2. Pengumbaran

Pengumbaran bisa dilakukan dengan menggunakan kandang umbaran atau sangkar harian yang mempunyai ukuran cukup luas / besar.

Kalau kenari dilatih dalam kandang umbaran, maka dua tenggeran diletakkan dalam jarak berjauhan. Pengumbaran bisa dilakukan ketika burung selesai dimandikan atau saat penjemuran. Durasi latihan bisa disesuaikan dengan durasi penjemuran, misalnya 2 – 3 jam / hari.

Jika menggunakan sangkar harian berukuran besar / luas, maka tempatkan beberapa tenggeran di dalam sangkarnya. Posisikan juga cepuk pakan, cepuk minum, serta pakan tambahannya pada posisi saling berjauhan, sehingga burung akan lebih aktif bergerak. Penggunaan sangkar luas bisa dilakukan setiap hari selama masa terapi yang dibutuhkan.

3. Pemasteran

Pemasteran merupakan tindakan yang paling efektif untuk menjadikan kenari mempunyai suara lebih kencang dan panjang. Lakukan pemasteran dengan suara yang tepat, sehingga hasilnya akan lebih memuaskan.

Ada beberapa tipe suara masteran yang bisa digunakan, misalnya suara ngekek lovebird, ngebren ciblek, atau suara kenari yang ngerol panjang. Tentu pemasteran ini hanya dilakukan jika Anda memang ingin mencetak kenari isian.

4. Memberi daun dan sayuran hijau

Agar kenari memiliki suara kencang dan panjang, pemberian pakan tambahan harus selalu diperhatikan. Selain pakan bijian, kenari perlu mendapat extra fooding (EF) seperti daun mengkudu muda yang diyakini para kicaumania mampu membuat suara burung lebih kencang. Selain daun mengkudu muda, beberapa kicaumania lebih senang memberikan daun krokot untuk kenari piaraannya.

EF lain yang harus tersedia adalah sayuran seperti jagung muda, wortel rebus, dan daun sawi. Adapun EF hewani yang bagus untuk kenari antara lain telur puyuh rebus yang telah diaduk dengan telur semut / kroto berbentuk kapsul.

5. Finishing: Tambahkan BirdShout (BST)

Cara memaksimalkan suara kenari agar lebih kencang dan panjang bisa disempurnakan dengan pemberian suplemen BirdShout (BTS).

Produk ini bisa diberikan setelah kenari diumbar dan dijemur, dengan cara dilarutkan dalam air minumnya. Lakukan terapi ini sampai kenari benar-benar memiliki lagu yang lebih kencang dan panjang daripada sebelumnya.

Itulah beberapa cara memaksimalkan suara kenari agar lebih kencang dan panjang, dengan finisihing pemberian BST. Melalui pola perawatan secara teratur, maka dalam waktu tidak terlalu lama, burung kenari akan memiliki suara yang lebih lantang kerimbang biasanya. Selamat mencoba!

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.