Breeding murai batu MD Cepu BF andalkan penjodohan dan pengasuhan alami

Pasukan MD Cepu kerap menghiasai media cetak maupun media online perburungan, lantaran gaco-gaconya sering menjuarai berbagai lomba. Awal tahun 2017, MD (Morodadi) Cepu mulai berkiprah dalam penangkaran murai batu, dengan mendirikan MD Cepu BF.

Om Adi Minju
Om Adi Minju (kiri), owner MD Cepu BF dan Pasukan MD SF, saat serah terima burung kepada pembelinya.

MD (Morodadi) Cepu merupakan klub burung milik Om Adi Minju. Dia memberi kepercayaan kepada Om Huda Jibril untuk mengawal Pasukan MD Cepu setiap mengikuti lomba.

MD Cepu acapkali menjuarai lomba, terutama untuk kenis burung murai batu. Gaco andalannya yang sarat prestasi antara lain murai batu Mick Jagger dan John Legend.

Kedua burung tersebut termasuk langganan juara dalam even-even di seputaran Blora, Bojonegoro, dan Tuban. Bahkan murai batu John Legend masuk tiga besar dalam even nasional Piala Raja 2017.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Murai batu John Legend
Murai batu John Legend andalan Pasukan MD Cepu

Awal tahun 2017, Om Adi Minju memutuskan untuk mendirikan usaha penangkaran murai batu yang diberi nama MD Cepu BF. Alasannya, prospek breeding murai batu sangat cerah, apalagi murai batu ring makin mendapat tempat di kalangan kicaumania, pelomba, dan event organizer (EO).

Meski baru seumur jagung, MD Cepu BF sangat serius mengembangkan penangkaran murai batunya. Bahkan induk murai batu yang dimilikinya terbilang banyak, yakni 40 pasangan. Sebagian besar induk jantan merupakan eks jawara lomba.

MD Cepu BF
Suasana di dalam kandang ternak murai batu MD Cepu BF.

Bahkan, semua induk termasuk murai batu medan, dengan panjang ekor minimal 21 cm untuk murai jantan dan 18 cm untuk murai betina.

“Dalam hal penjodohan, saya mengikuti saran Om Huda, yaitu menggunakan sistem monogami saja. Seekor pejantan didampingi seekor betina. Cara ini akan lebih memudahkan dalam mengontrol hasil breeding,” ujar Om Adi.

ternak murai batu
MD Cepu BF terapkan perkawinan model monogami.

MD Cepu BF andalkan penjodohan dan pengasuhan alami

Memang, dibutuhkan kesabaran tersendiri dalam menjodohkan murai batu jantan dan betina. Meski ada campur tangan manusia, dia tetap ingin supaya proses penjodohan berjalan alami sesuai dengan kemauan burung.

Pada tahap awal penjodohan, beberapa induk betina dan jantan didekatkan. Setelah ada rasa saling suka, barulah dimasukkan ke kandang breeding berukuran 1 x 2 m2 (tinggi 3 meter).

cara ternak burung murai batu
Dinding depan kandang dari kawat ram.

Setiap pasangan induk murai batu diberi pakan utama berupa voer SKM yang biasa dijual di pasaran. Adapun pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa jangkrik, kroto, dan cacing tanah. Porsinya juga disesuaikan dengan kebutuhan burung.

breeding murai batu
Bak mandi dibuat besar agar pasangan induk bisa mandi sepuasnya.

Konsep alami juga diterapkan MD Cepu BF dalam pembesaran anakan. Sejak menetas hingga belajar mandiri, anakan murai batu tetap dalam pengasuhan induknya. Namun jika induk kurang fit, barulah perawat akan membantu meloloh menggunakan spet.

penangkaran murai batu
Anakan murai batu dalam fase lolohan.

Agar pasangan induk murai batu merasa nyaman dan proses perkembangbiakan berjalan lancar, MD Cepu BF menempatkan kandang pada lokasi yang jauh dari jalan besar. Kandang dibersihkan setiap pagi dan sore hari.

Untuk pemasaran, MD Cepu BF mengandalkan kios burung yang beralamat di Jalan Diponegoro No 33 Cepu, Kabupaten Blora. Om Huda Jibril ikut membantu pemasaran ke berbagai kota di Pulau Jawa dan Kalimantan.

sampel trotolan MD Cepu BF

sampel trotolan MD Cepu BF
Beberapa trotolan murai batu hasil breeding MD Cepu BF.

ring MD Cepu BF

Om Huda Jibril
Om Huda Jibril (kanan) dan Om Reza Ghundul dipercaya mengurus ternak murai batu.

Harga trotolan jantan murai batu ring MD Cepu BF dibanderol mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 8 juta per ekor. Untuk trotolan betina, harganya mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Omzet penjualan rata-rata Rp 30 juta / bulan. (neolithikum)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.