Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

45 Comments

  1. malam… saya member new. saya mau tanya tentang seputar burung serta perawatan ya… saya sudah login ke kicau mania tapi cara ngepost ya tidak bisa.. terima kasih

  2. bagaimana cara melatih kacer rumahan agar menjadi kacer fighter.dana apa makan tambhanaya biar mental fighternya kluar.sedangkan burung saya sudah lumayan aga tua?

  3. mnta pencerahan nya om
    saya punya lb balibu kira2 umur -+3bln..burungnya receh..
    tp kalau ditempel sma lb lain ngruji atau gelisah dan g mau bunyi om..terapi apa yg co2k om.dan untu ef harian yg bagus apa om

  4. Selamat siang om.. saya pemula belajar menjodohkan muari. Dan sudah korban satu betina akibat di di hajar sama si jantan.
    Dan saya ganti lagi betinanya alhamdulillah tidak berkelahi.
    sampai 3 hari saya gabungkan blm terliah kawin.
    Tapi murai betina sudah angkut bahan sarang terus dan dibawa ke kotak yang saya sediakan.
    Yang saya ingin tanyakan apakah murai betina yang sudah angkut sarang sudah mengalaminperkawinan.?
    Pertanyaan selanjut nya. Pemberian birdmature apakah boleh diberikan kepada jantan dan betina?
    Terimakasih

  5. Om mau nanya, kan saya punya burung nuri kepala hitam 3 ekor. Yg satu betina trus sisanya jantan. Nah trus saya mau menjodohkan tapi tau burungnya udah jodoh apa enggaknya gimana yaa om?

  6. Saya mau tanya om kicau, saya baru beli bird vit cair exp 2020. Bird vit saya teteskan ke jangkrik untuk kacer saya tapi setelah jangkrik di mkan, Di muntahkan lagi jangkriknya. Kira2 knp itu om ? Besoknya saya gak kasih bird vit aman aja

    • Burung yang belum terbiasa mengkonsumsi birdvit perlu dilatih dulu dengan cara pemberian dosis terendah dan larutan birdvit diteteskan ke air minum burung.

    • Umumnya mutasi cucak hijau trotol ke bulu dewasa prosesnya kurang lebih selama enam bulan dan warna hitam pada dagu akan full di usia sekitar 1 tahun.

  7. Selamat malam om kicau….
    Mau tanya ni kenapa ya ijo terotol saya udah hampir 1 tahun sama saya tapi sampai sekarang blm full nopeng? Padahal dari beli udah sisa sedikit aja kuning nya tapi sampai sekarang segitu gitu aja perasaan. Kira kira normal aja kah kah atau ada penyebab nya om?

  8. maaf om saya mau tanya .saya pemula mau belajar ternak lb ,kenapa ya telur burung lb saya kok tidak pernah jadi , padahal indukan umur sdh mapan semua ,mohon saran dan masukkannya ,terima kasih

    • Volume suara tidak bisa ditanmbah Om, sudah bawaan. Yang bisa dilakukan adalah perawatan dan pemberian makan yang baik agar burung bisa mengeluarkan bunyi maksimalnya, yaitu dalam kondisi sehat fisik maupun mentalnya.

  9. Maaf om saya mohon solusi tentang seputar LB.
    Saya punya lb jantan mapan sudah siap untuk kawin, tetapi ketika saya jodohkan dia hanya manggut mangut dan mutar mutar disekitar betina padahal betinanya sudah siap untuk dikawini.
    Penasaran saya. Coba kasih glodok tapi tetap jantan ga mau naik sampe betinanya bertelur dan hasilnya zonk.
    Penasaran saya coba gantikan pasangan sampe 3 x ganti , tetapi hasilnya masih sama sijantan hanya manggut manggut dan berputar putar desekitar pasangannya.
    Jadi gimana menurut suhu menangani jantan yang sudah mapan dan berjodoh serta siap kawin tetapi tidak mau naikin betinya.
    Catatan:
    Jantannya tdk ada minus dan tdk gestang.
    Makasih om dan saya tunggu solusinya.
    Salam suksek buat om kicau

    • Sudah pasti jantan ya Om? Coba diterapi pakai TestoBird, Om. Dioles2 ke jagung (separuh atau seperempat tongkol saja disayat2 lalu dioles2i TestoBird) berikan.

  10. maap om, mohon pencerahannya.
    saya punya lovebird jantan satu sudah mapan bahkan sudah pengen kawin.
    kondisi burung sehat tdk ada minusan dan tdk juga gestang.
    masalahnya adalah saya jodohkan lb tersebut sampai berjodoh , tetapi lb jantan saya tdk mau naik untuk mengawini,hanya muter muter disekitar betina sambil terus manggut manggut.
    saya seminngu kemudian saya siapkan glodok dan akhirnya betinanya bertelur tapi hasilnya zonk.
    kemudian saya coba ganti pasangannya dengan betina lain sampai 3 kali tetapi hasilnya seperti semula.
    jantan saya sama sekali tdk mau naik untuk kawin, hanya muter muter dan manggut manggut.
    untuk itu saya harap om kicau berkenan memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah pada lb jantan saya.
    makasih om
    salam sukses selalu

  11. numpang Tanya om, saya lagi belajar ternak MB. Setelah di ambil dari sarang dan di loloh awal kondisi baik-baik saja. tiba di usia 15 hari ko tiba” ngga mau makan dan trus mati. padahal udah bias nangkring dan terbang-terbang.. mohon dibantu, kira-kira karena apa y om?? terimakasih untuk jawabannya

    • Anak burung memang rentan sekali kena sakit. Karena itu harus dipastikan kebersihan inkubatornya (jangan sampai lembab karena bisa menyebabkan tumbuhnya jamur penyebab burung sakit pernafasan), kecukupan vitamin dan gizinya agar daya tahan tubuh kuat dan dijaga suhu ruangannya agar tidak terlalu dingin. Itu antara lain pencegahan yang bisa dilakukan.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.