Suara burung cucak keling atau perling kumbang, tajam menyakitkan telinga

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Penah melihat burung berwarna hitam legam berkilau kehijau-hijauan bermata merah dengan suara melengking menyakitkan telinga? Bisa saja yang Anda lihat adalah burung cucak keling atau perling kumbang atau Aplonis panayensis.

Perling kumbang

Foto perling kumbang di Kampus USU difoto oleh Giyanto

Burung ini juga sering disebut camperling, keling (Jawa), brling, kembang (Sumatera), geuri, kalolojang (Sunda), lilin, perling (Melayu). Menambahan kata cucak di depan nama keling adalah hal salah kaprah karena burung ini bukan keluarga cucak-cucakan.

Dengan body berukuran sedang (20 cm), burung perling remaja berwarna kuning tua, bercoret hitam pada bagian bawah, bercoretan coklat dan hitam pada bagian atas. Dengan iris mata merah, paruh dan kaki burung perling berwarna hitam.

Tempat hidup dan kebiasaan

Burung cucak keling mudah dijumpai di beberapa tempat secara terpencar pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 1200 mdpl. Hidup dalam kelompok yang ribut; beristirahat, makan dan bersarang bersama. Memakan buah-buahan (pepaya, pisang, mangga, buah ara) juga memakan nektar, serangga, laba-laba dan siput di pepohonan dan semak-semak. Sering mengunjungi daerah terbuka di dekat hutan (termasuk perkebunan kelapa), juga desa dan kota.

Bersarang di lubang pohon, tajuk palem dan pada rumpun paku epifit yang menempel pada percabangan pohon. Pada sarang yang berbentuk lubang, hanya sedikit menggunakan material sarang; sarang biasa tersusun dari rerumputan dan sampah (misal kertas). Berbiak sepanjang tahun, puncak perbiakan bulan Maret-Juni. Jumlah telur 3, berwarna biru dengan bercak coklat gelap.

Suara burung cucak keling atau perling kumbang

Deringan suara khas “ciuw” dan”tcirr“, suara burung cucak keling terdengar menyakitkan telinga jika kita berada di dekatnya.

Nggak percaya? Coba dengan suara burung cucak keling dalam format MP3 di bawah ini:

Nah apakah Anda pengin mendownload suara burung ini? Silakan saja untuk mengklik gambar di bawah ini.

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

41 Comments on Suara burung cucak keling atau perling kumbang, tajam menyakitkan telinga

  1. erwin cahyo dwanto // 03/04/2014 pukul 12:06 pukul 12:06 //

    saya punya cucak keling.. bunyinya kalau ada suara motor atau mobil dan kalau hujan turun.. dan siang hari saja.. sdh mbeset mbeset dan ada telernya… apakah memang ini ciri khas nya cucak keling bunyinya seperti yang saya sampaikan diatas.. terimaksh

    Suka

  2. efendi yulianto // 23/11/2013 pukul 09:08 pukul 09:08 //

    apakah merawat cucak keling hasil tangkapan akan mudah berbunyi ?? trims

    Suka

  3. mau nanya om duto
    kalo perling kumbang bisa dimaster ama suara apa ? Soalnya yang aku punya ke maSter ama suara yg jualam ice cream

    Suka

  4. om perling yang di rumah kemarin udah ngeriwik kasar kok udah sehari ini ga bunyi lagi ya?perawatan nya susah seperti anis merah dan kacer ga sih??atau mudah seperti pleci??mohon pencerahan nya??

    Suka

    • aku pernah punya, perawatannya gak ribet dan sangat mudah bro,
      punyaku dulu cuman dikasih voer, tapi rajin banget berkicaunya, mungkin punya mas bro memang belum saatnya ^^

      Suka

  5. Om cara membedakan cucak keling jantan dengan betina bagaimana om?? saya di rumah punya cucak keling dada dan leher msh totol-totol hitam putih, suara jga masih cret cret aja itu jantan apa betina om?? Thx

    Suka

    • redaksiomkicau // 25/04/2013 pukul 20:36 pukul 20:36 //

      jantan berwarna hitam mengkilap om saat sudah dewasa.

      Suka

1 2

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 159.600 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: