Video dan audio kenari isian nightingale dan cara pemasterannya

Cari Artikel Berdasar Kategori

PERHATIAN: Jika Anda mengalami kesulitan dalam mendownload file MP3 dari blog ini, mohon disampaikan pada artikel apa file MP3 yang tidak bisa di-download tersebut. Terima kasih.

Anda suka kucing? Cek saja...

Sukakucing.com - Blog Referensi Para Pecinta Kucing

Suara kicauan kenari yang mengalun merdu menjadikannya sebagai salah satu burung favorit di Indonesia maupun mancanegara. Tapi tahukah Anda, kenari juga memiliki kecerdasan dalam meniru beragam suara burung lainnya. Bahkan kicauan nightingale yang memiliki tembakan-tembakan aduhai pun bisa ditirunya. Berikut ini video dan audio kenari isian nightingale dan cara pemasterannya.

Kenari dengan isian nightingale cukup diminati kicaumania
Kenari dengan isian nightingale sangat diminati kicaumania.

Tren kenari isian di Indonesia tampaknya masih didominasi suara-suara ngerol khas blackthroat dan mozambik. Sebagian kicaumania masih kurang tertarik memaster kenarinya dengan suara-suara tembakan, karena dianggap akan memiliki lagu / irama yang cenderung pendek-pendek.

Sebenarnya, memaster kenari dengan suara dan lagu yang tepat dapat membantu meningkatkan penampilannya, terutama ketika dilombakan maupun saat diternak atau dalam proses penjodohan. Selain itu, kenari yang pandai berkicau dengan lagu-lagu bervariasi akan menjadikannya lebih dominan di antara burung-burung lainnya.

Nightingale merupakan jenis burung kicauan yang umum ditemukan di Eropa serta sebagian wilayah barat Asia. Meski jarang dimiliki kicaumania di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, pamor nightingale cukup melambung lewat pemberitaan di berbagai situs online.

Burung ini memiliki kicauan yang lantang dan penuh suara-suara tembakan. Saking popularnya, nightingale sering disebut dalam beragam puisi dan lagu di Eropa.

Lihat pula Nightingale mampu menyanyikan 300 lagu cinta yang berbeda

Lalu apa hubungannya antara nightingale dan kenari? Meski berbeda spesies, kenari memiliki kemampuan berkicau seperti layaknya nightingale. Bagaimana caranya? Tentu saja melalui pemasteran. Kenari muda dapat dilatih secara rutin dengan suara-suara tembakan khas nightingale tersebut.

Selama ini, terdapat beberapa jenis kenari yang memiliki suara kicauan dengan lagu-lagu khas nightingale, misalnya kenari slavujar dan orpheus. Informasi lebih lengkap mengenai kedua jenis kenari ini dapat disimak kembali dalam artikel berikut ini:

Namun, bukan berarti kenari dari jenis lainnya tidak bisa meniru suara tembakan nightingale. Sebagian besar kenari jika dimaster sejak dini dan rutin akan mampu mengeluarkan suara hasil masterannya setelah dewasa. Kalau makin fokus pada suara masterannya (tidak mengganti-ganti suara masterannya), kenari akan memiliki suara full isian.

Berikut ini dua video burung kenari yang pandai berkicau dengan suara tembakan khas nightingale.

Download audionya di sini

Download audionya di sini

Apabila ingin memiliki kenari dengan lagu-lagu full isian nightingale seperti tayangan video di atas, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan pemasteran secara penuh terhadap kenari tersebut. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar proses pemasteran berjalan sempurna antara lain:

  • Kenari yang akan dilatih harus berumur muda, atau di bawah lima bulan. Meski demikian, bisa juga dilakukan terhadap kenari yang berumur lebih dari lima bulan, namun membutuhkan suasana serta kondisi lingkungan yang memadai (tenang dan jauh dari gangguan).
  • Suara masteran yang diputarkan adalah suara tembakan nightingale yang rutin diputarkan tanpa diganti-ganti dengan suara masteran dari jenis burung lainnya.
  • Pemasteran sebaiknya dilakukan dalam ruangan / kamar khusus. Selama pemasteran, kenari jangan pernah digantang bersama kenari dewasa maupun jenis burung ocehan lainnya.
  • Yang terpenting dari itu semua adalah kesabaran dalam melakukan pemasteran.

Untuk membantu Anda dalam melakukan pemasteran terhadap kenari dengan suara-suara tembakan nightingale, berikut ini beberapa artikel lama omkicau yang berisi aneka suara masteran dari jenis burung yang dijuluki “sikatan londo” tersebut.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.